Sukses

Deretan Mobil Listrik yang Melantai di IIMS 2022

Otosia.com Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid resmi dibuka Kamis lalu, (31/3/2022). IIMS yang berlangsung 31 Maret - 10 April 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, menampilkan sejumlah mobil dan sepeda motor baru.

Beberapa agen pemegang merek, baik Jepang maupun Tiongkok menampilkan produk unggulan mereka, termasuk mobil ramah lingkungan atau kendaraan elektrifikasi berbasis Battery Electric Vehicle (BEV).

Sedikitnya ada 8 kendaraan listrik yang dipamerkan di IIMS 2022, baik dari pabrikan Jepang hingga Cina. Berikut daftarnya:

 (kpl/nzr)

1. Toyota Innova EV

Kijang Innova EV Concept

Booth Toyota memajang Kijang Innova EV Concept. Ini menjadi bagian dari komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik, dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik guna mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia.

Kehadiran Kijang Innova EV Concept juga akan menjadi bukti kuat keseriusan Toyota memasyarakatkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Hal ini sebagai bagian dari pendekatan multi patyhway Toyota, di mana hadirnya Kijang Innova EV Concept sebagai bagian dari studi berkelanjutan mengenai ekosistem elektrifikasi ini baik dalam hal kebutuhan pasar dan pengembangan mobil.

Meski masih belum diproduksi untuk tujuan komersial, Toyota Kijang Innova EV Concept ini telah melewati tahap quality and safety assurance pengecekan internal.

2. Toyota C+POD

Toyota C+POD disediakan khusus untuk kegiatan pariwisata

Mobil listrik ini pernah beberapa kali ditampilkan Toyota dalam berbagai kesempatan. Toyota bertujuan mempopulerisasi teknologi elektrifikasi di Indonesia. Toyota C+POD disediakan khusus untuk kegiatan pariwisata, lebih tepatnya sebagai salah satu moda transportasi di Nusa Dua, Bali.

Melalui proyek yang berlokasi di Nusa Dua, Bali ini, TAM menyedia sejumlah fasilitas kendaraan elektrifikasi yang bisa digunakan oleh wistawan, baik dari bandara ke hotel penginapan mereka dan sebaliknya. Wisatawan juga bisa menggunakannya untuk ke sejumlah destinasi wisata di lingkungan tempat penginapannya.

Sejak diluncurkan Maret 2021, hingga saat ini, sudah lebih dari 700 orang telah mencoba unit BEV Toyota di Nusa Dua, Bali. Toyota C+pod dikabarkan akan dijual untuk publik. Namun rencana ini masih sebatas untuk konsumen di Jepang.

3. Chery EQ1

Chery EQ1 dengan warna pink

Selain memperkenalkan OMODA 5, brand Chery yang Kembali meramaikan pasar otomotif Indonesia memboyong kendaraan listrik EQ1.

Chery EQ1 dilengkapi dengan mesin berenergi tinggi 55kW, waktu akselerasi 1-50km/ jam kurang dari 5 detik, kecepatan maksimum 120km/ jam, dan menjadi satu-satunya jenis kendaraan listrik yang dibangun dengan konstruksi aluminium.

Selain itu, EQ1 juga menerapkan teknologi mumpuni yang terdiri dari tiga komponen listrik, yaitu baterai, motor, dan e-management system, yang dilengkapi dengan konfigurasi keselamatan aktif dan pasif.

Walaupun hadir dengan teknologi terbaru, namun EQ1 dirancang user-centric, sehingga dapat menciptakan pengalaman baru bagi pengendaranya dan memperlihatkan orisinalitas.

4. Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5 dibuat di Indonesia

Kehadiran IONIQ 5 menjadi sebuah gebrakan baru dan langkah bersejarah di industri otomotif Tanah Air karena merupakan mobil listrik murni (BEV) pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

IONIQ 5 mengusung desain futuristik lengkap dengan material ramah lingkungan, serta menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform ini diklaim memiliki banyak keunggulan yang dirancang khusus untuk model kendaraan BEV.

Platform E-GMP memberikan berbagai manfaat termasuk peningkatan fleksibilitas, performa berkendara yang bertenaga, peningkatan jarak tempuh berkendara, penguatan fitur keselamatan, dan lebih banyak ruang interior yang dapat digunakan untuk penumpang dan bagasi.

Selain itu, E-GMP dirancang untuk mengoptimalkan performa melibas tikungan dan memaksimalkan stabilitas berkendara dalam kecepatan tinggi.

5. DFSK Seres SF5

DFSK Seres SF5

Tidak mau kalah dengan pabrikan Tiongkok lainnya, DFSK menampilkan Seres SF5. Mobil ini didukung dengan teknologi High Performance Dual Electric Motor dimana system penggerak yang dianut menggunakan teknologi all wheel drive.

SUV ini dilengkapi dengan 2 motor listrik berupa SEP200AC dengan tenaga 255 kW di depan dan HW150 dengan power 150 kW di Belakang. Catatan resmi pihak Research and Development (R&D) menunjukan akselerasi 0-100 kilometer per jam Seres SF5 hanya membutuhkan 4,7 detik, atau setara dengan sports car umumnya.

Kedua motor listrik yang ditawarkan ini didukung dengan baterai Li-ion berdaya 35 kWH. Pengemudi bisa memanfaatkan charging station dengan kemampuan fast charging untuk mengisi daya baterai 20% - 80% kurang dari 1 jam.

DFSK Seres SF5 dilengkapi dengan fitur unggulan Intelligent Extended Range Technology. Seres SF5 dilengkapi dengan mesin motor bakar yang berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang energi listrik baterai di saat kondisi energi listrik di baterai tersisa sekitar 20%. Berkat teknologi ini, Seres SF5 bisa melaju hingga 1.000 kilometer.

6. DFSK Gelora E

DFSK Gelora E hadir dalam tipe minibus dan blind van

Pernah ditampilkan di IIMS tahun lalu, DFSK Gelora E Kembali hadir di gelaran yang sama di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Mobil yang hadir dalam dua varian, minibus dan blind van ini memiliki teknologi fast charging yang membuat pengisian daya baterai kendaraan menjadi lebih singkat dan efisien

DFSK Gelora E menggunakan baterai berukuran 42 kWh dengan kemampuan jarak tempuh hingga 300 kilometer berdasarkan NEDC (New European Driving Cycle). Pengisian daya baterai hanya membutuhkan 80 menit dari 20% hingga 80% dengan menggunakan fast charging.

Selain itu, DFSK menyediakan charger untuk di rumah, namun disarankan memliki daya minimal 220V 16A.

7. Mitsubishi Minicab MIEV

Kendaraan niaga ringan Mitsubishi Minicab MiEV

Minicab MiEV menjadi salah satu display kendaraan yang hadir di ajang IIMS 2022 kali ini, sebagai unjuk teknologi Electric Vehicle (EV) dari Mitsubishi Motors. Minicab MiEV merupakan kendaraan niaga ringan yang sepenuhnya menggunakan listrik sebagai tenaga utamanya. Model yang telah terbukti keandalannya di Jepang sebagai kendaraan operasional perusahaan logistik, saat ini sedang dalam tahap studi di Indonesia.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) studi bersama dengan beberapa mitra perusahaan terkemuka seperti PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia.

Kolaborasi MMKSI dan mitra perusahaan terkemuka akan dilakukan dengan melaksanakan pilot study ujikelayakan dari kei-car class electric commercial vehicle di Indonesia dengan model Mitsubishi Minicab-MiEV. Kerjasama studi dan pemanfaatan Minicab-MiEV dengan mitra dilakukan atas kesamaan visi dan misi terhadap aktivitas operasional perusahaan yang mengarah pada kelestarian lingkungan tanpa emisi, terutama pada aktivitas logistik.

8. Wuling GSEV

Wuling GSEV

Melanjutkan perkenalan platform kendaran listriknya, Wuling kembali memboyong Global Small Electric Vehicle (GSEV) di IIMS 2022.

GSEV sendiri merupakan platform kendaraan listrik yang dikembangkan Wuling dengan mengusung bentuk dan ukuran compact namun menghadirkan kenyamanan kabin yang lega. Platform ini tersedia dalam dua pilihan konfigurasi bangku yakni 2-seater ataupun 4-seater.

Wuling GSEV diklaim juga cocok sebagai mobilitas sehari dengan berbagai pendukung kemudahan dalam pemakaiannya. Hal tersebut meliputi daya jelajah yang mumpuni serta dukungan pengisian baterai yang mudah

Yang menarik, pada IIMS tahun ini Wuling Motors memperlihatkan sketsa dari The Next Generation Wuling GSEV yang akan hadir di Indonesia. Sketsa yang ditampilkan merupakan langkah lanjutan dari komitmen Wuling dalam menghadirkan kendaraan elektrifikasi di pasar otomotif Indonesia.

Sejalan dengan tema "Experience The Next Innovation" di IIMS tahun ini, Wuling turut menggelar campaign Your Own GSEV yang merupakan kompetisi krea pada sketsa yang disediakan.

Loading