Sukses

Cara Mundur dengan Mobil Manual yang Baik dan Benar

Otosia.com Sejatinya mobil manual memang penggunaannya cukup rumit bagi pemula. Banyak hal yang perlu diperhatikan saat mengendarainya, seperti saat menginjak gas dan mengerem. Pasalnya jika Otolovers asal membawanya maka akan mencelakakan diri sendiri maupun orang lain.

Maka dari itu Otolovers harus mempelajarinya dengan benar-benar, terlebih saat mundur. Karena saat memarkirkan mobil dalam posisi mundur, harus menggunakan feeling yang tepat. Jika tidak maka kalian akan menabrak. 

Namun, kalian tak perlu khawatir, karena artikel di bawah ini akan mengulas beberapa tips untuk memundurkan pada mobil manual. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mundur pada mobil manual.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

  1. Perhatikan Pedal Kopling

Tahap pertama ketika memundurkan mobil manual adalah memperhatikan pedal kopling. Otolovers harus menginjak pedal kopling hingga mentok sembari ditahan. Proses ini dilakukan untuk masuk pada cara selanjutnya yaitu memindahkan gigi atau persneling. 

  1. Memindahkan Pada Gigi Mundur

Perlu diingat saat akan memundurkan mobil, kondisi persneling harus pada kondisi netral. Jika sudah menginjak kopling, arahkan persneling ke arah kanan lalu ke bawah agar berada pada posisi gigi mundur.

Next

  1. Merilis Pedal Kopling

Sesaat setelah pemindahan persneling menuju gigi mundur, dilanjutkan dengan merilis pedal kopling. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi di belakang mobil melalui kaca spion kiri, kanan, dan tengah saat melepaskan kopling. Hal ini bertujuan agar tak menabrak di area belakang. 

  1. Mundurkan Mobil

Nah, sekarang Otolovers dapat menginjak pedal gas secara perlahan-lahan untuk memundurkan mobil. Tetap perhatikan keadaan sekitar dan cek sudut pandang setir. Pastikan posisi mobil tidak terlalu dekat dengan mobil di belakang, kanan, atau kiri. Jika terlalu dekat, coba perbaiki posisi dengan memulai proses mundur dari langkah pertama. 

Demikian, cara mundur mobil manual yang dapat Otolovers terapkan ketika sedang belajar mobil. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Loading