Sukses

Cari MPV Premium Seken di Bawah Rp 300 Juta untuk Mudik? Ini Pilihannya

Otosia.com Kendaraan keluarga berjenis multi puspose vehicle atau MPV menjadi favorit masyarakat untuk dipakai mudik Lebaran. Tidak sebatas LMPV, banyak MPV premium yang yang digunakan untuk pulang kampung saat menjelang Lebaran.

MPV premium selain bisa menampung penumpang dan barang dalam jumlah banyak, juga mempunyai rasa berkendara yang nyaman.

Kendati demikian mobil MPV premium baru mempunyai banderolan harga yang mahal. Sebagai contoh adalah Nissan Serena yang dijual Rp 524,3 juta atau All New Toyota Voxy di angka Rp 562,7 juta.

Sebagai alternatif, mereka yang mengincar MPV mewah untuk berlebaran bisa berburu ke pasar mobil bekas. Selain tersedia beragam varian, harga mobil juga cenderung lebih bersahabat. Bahkan banyak model yang dijual di bawah Rp 300 juta.

Berikut pilihan MPV mewah seken yang bisa jadi alternatif kendaraan mudik:

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

1.     Toyota Nav1

Toyota Nav1 (Toyota)

Pertama adalah Toyota Nav1. Sebelum Voxy mengaspal di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) lebih dulu mengandalkan Nav1 di segmen boxy MPV.

Toyota Nav1 mempunyai paket fitur kenyamanan yang memadai seperti captain seat dan layar flip down di baris kedua, AC dual zonepower sliding doorsarmrest di setiap kursi dan semua kaca sudah auto up-down.

MPV ini dibenamkan mesin 1.800cc 3ZR-FE dengan semburan tenaga 158 hp dan torsi 196 Nm. Transmisi yang digunakan adalah CVT dan seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan.

Toyota Nav1 kerap dijual dengan harga di bawah Rp 200 juta untuk tahun produksi 2015 dan sebelumnya. Sedangkan Nav1 lansiran 2016 hingga 2017 biasa ditawarkan dengan angka Rp 200-230 jutaan.

Next

2.     Nissan Serena C26

Nissan Serena C26 Autech (Nissan)

Berikutnya adalah Nissan Serena C26. Mobil ini menjadi rival dekat Toyota Nav1 di masanya, lantaran Serena juga mengusung bentuk bodi yang boxy.

Mobil keluarga berbodi mengotak ini juga dilengkapi beragam fitur-fitur menarik, seperti kursi tengah baris kedua yang bisa dimaju mundurkan atau berfungsi sebagai armrest, speedometer dan AC digital, serta khusus tipe Autech, mendapatkan panoramic sunroof.

Nissan Cerena C26 disematkan mesin 2.000cc MR20 dengan semburan tenaga 146 PS dan torsi 206 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Di pasar mobil bekas, Nissan Serena C26 tahun produksi 2015 ke bawah bisa dipinang dengan harga di bawah Rp 200 juta. Namun mobil keluaran 2016 atau varian Highway Star Autech dijual pada kisaran Rp 200-250 jutaan.

Next

3.     Toyota Alphard Gen.2

Toyota Alphard generasi kedua (favcars.com)

Pilihan berikutnya adalah Toyota Alphard generasi kedua. Mobil yang kerap digunakan oleh pejabat Indonesia ini sudah bisa dipinang dengan harga di bawah Rp 300 juta. Lebih tepatnya sekitar Rp 260-290 jutaan.

Layaknya mobil premium, Alphard tergolong lengkap dari segi fitur kenyamanan. Sebagai contoh, setiap baris mendapatkan armest dengan kursi kapten baris kedua tersedia dengan senderan paha bawah. Bahkan ada sepasang sunroof di atapnya.

Mayoritas Toyota Alphard dibekali mesin yang sama seperti Camry, yakni 2.400cc 2AZ-FE dengan output 170 hp dan torsi 230 Nm. Selain mesin 3.500cc, seluruh Alphard menggunakan transmisi CVT.

 

Next

4.     Hyundai H-1

Hyundai H-1 Royale (Hyundai)

Lalu ada Hyundai H-1 yang cocok bagi para peminat Alphard, namun membutuhkan harga yang lebih terjangkau. MPV bongsor asal Korea Selatan ini menjadi satu-satunya pilihan dengan mesin bensin atau diesel.

Pilihan yang kedua dinilai lebih cocok untuk Hyundai H-1, mengingat ukuran bodinya yang besar. Mesin yang diboyong mempunyai kode A II berkapasitas 2.500cc turbo menghasilkan tenaga 170 PS dan torsi 392 Nm.

Hyundai menawarkan dua tipe Indonesia. Model XG mempunyai 9 kursi agar dapat menampung penumpang lebih banyak, sedangkan varian Royale hanya mempunyai 7 kursi dengan baris keduanya dipasangkan captain seat.

Harga Hyundai H-1 cukup bervariasi, mulai dari tahun produksi hingga mesinnya. Mayoritas H-1 bensin dijual pada harga sekitar Rp 170-270 jutaan, sedangkan H-1 bermesin diesel ditawarkan dengan banderol Rp 220-290 jutaan.

Next

5.     Nissan Elgrand Gen.2 pre-facelift

Nissan Elgrand generasi kedua sebelum facelift (Nissan)

Alternatif MPV bongsor premium berikutnya adalah Nissan Elgrand. Mobil ini dirancang khusus oleh Nissan sebagai flagship MPV yang menjadi kompetitor langsung Alphard.

Sama seperti rivalnya dari Toyota, Elgrand hadir dengan kumpulan paket fitur yang lengkap. Penumpang mobil ini akan terasa nyaman selama perjalanan berkat adanya kursi captain seat dengan ottoman di baris kedua dan panoramic sunroof untuk kemewahan dan menerangkan kabin.

Nissan Elgrand tersedia dengan pilihan mesin 2.500cc atau 3.500cc. Mesin yang pertama berkode QR25DE dengan output 175 hp dan torsi 244 Nm. Sedangkan opsi mesin lainnya mempunyai kode VQ35DE dengan konfigurasi V6. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 280 hp dan torsi 305 Nm. Kedua versi menggunakan transmisi CVT.

Harga Nissan Elgrand relatif masih cukup tinggi, di kisaran Rp 300 juta atau lebih. Namun beberapa penjual di berbagai situs marketplace mobil bekas menawarkan mobil yang sama dengan harga sekitar Rp 270-290 jutaan.

Next

6.     Toyota Estima

Toyota Estima (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Terakhir adalah Toyota Estima. Meski tidak dijual langsung oleh TAM, banyak importir umum sempat mejual mobil ini di Indonesia.

Pada dasarnya Toyota Estima adalah Toyota Alphard dengan bodi yang lebih membulat dan interior yang sedikit berbeda. Paling mencolok adalah kursi baris ketiga yang bisa ditutup rata dengan lantai untuk meningkatkan kepraktisan.

Lebih dari itu jok baris kedua berupa kursi kapten dengan tambahan fitur ottoman untuk bagian paha bawah dan ada sepasang sunroof di atap. Rasa berkendara, mesin dan kaki-kaki Toyota Estima sama seperti  kepunyaan Alphard.

Kendati demikian, populasi mobil ini lebih langka di pasar mobil bekas. Beberapa pemilik menawarkan harga yang bervariasi, kurang lebih sekitar Rp 200 jutaan.

 

Next

Loading