Sukses

85 Juta Orang Akan Mudik, Harus Jadi Kekhawatiran Bersama

Otosia.com Tertahannya masa mudik 2 tahun belakangan ini membuat animo pulang kampung membuncah. Dalam perhitungan Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik diperkirakan akan mencapai 85 juta orang.

Adapun lonjakan arus mudik diprediksi terjadi pada 28 April hingga 1 Mei 2022, sedangkan arus balik 6-9 Mei 2022.

"Mudik tahun ini berdasarkan Badang Litbang Kementerian Perhubungan, kami sudah 3 kali survei kurang lebih adalah 85 juta yang akan melakukan aktivitas mudik," ujar Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Suharto.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr)

Next

Angka sebesar ini disebutkannya tentu harus menjadi kewaspadaan bersama. Sebab, pengaturan akan sangat diperlukan agar segala sesuatunya berjalan lancar.

"Ini angka yang luar biasa ya. Harus antisipasi bersama-sama, harus menjadi kekhawatiran kita bersama. Harus sesuai dengan tagline pemerintah bahwa "mudik sehat, mudik aman," ujarnya.

Next

Sebab, menurutnya, hal lain yang juga mesti diantisipasi adalah berdasarkan data vaksinasi, konsumsi vaksin ke-3 masih terbilang rendah.

Tak hanya itu, pemerintah juga sudah mengantisipasi para pemudik bersepeda motor. Sebab, risiko kecelakaannya lebih besar dibanding dengan moda transportasi lain. Dari total kecelakaan tahun lalu sebanyak 23 ribu, sebesar 70% melibatkan sepeda motor.

Ia menuturkan bahwa jumlah pemudik sepeda motor diprediksi mencapai 16,9 juta orang dari total pemudik 85,5 juta orang. Angka itu naik 31,5% dari 2019.

Next

Adapun kendaraan pribadi, mobil 22,9 juta, lalu bus 14,1 juta, pesawat 8,9 juta, dan kereta api 7,6 juta. Pemerintah mendorong pesepeda motor mengikuti program mudik gratis menggunakan bus.

Adapun sepeda motor bisa diangkut menggunakan truk dan diambil di titik penjemputan. Dengan demikian, pemudik bisa memakai sepeda motor saat berada di kampung halaman.

Kemenhub disebutnya sudah mengerahkan 686 bus dengan kapasitas 20.580 penumpang dan 60 truk dengan kapasitas tampung 1.920 unit sepeda motor. Kemenhub juga menyediakan balik gratis dengan 180 unit bus dan 5.400 penumpang serta 32 truk dengan kapasitas tampung 960 unit motor.

Loading