Sukses

Di Rest Area Cuma Boleh 30 Menit, Kondisi Biologis Mudik Jadi Pertanyaan

Otosia.com Begitu besarya prediksi jumlah pemudik yang mencapai 85 juta orang membuat sejumlah aturan diterapkan agar hal ini bisa berjalan lancar.

Salah satunya adalah batasan untuk berada di rest area maksimal selama 30 menit. Sejumlah tanggapan menunjukkan bahwa lama waktu tersebut terhitung kurang cukup untuk beristirahat selama perjalanan mudik.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr)

Next

Adapun dalam perhitungan Aan Gandhi, pegiat keselamatan global Defensive Driving Centre (DDC), waktu 30 menit di rest area akan ideal jika pengemudi baru menempuh perjalanan sekitar 3 jam.

"Lama waktu 30 menit tergantung lama mengemudi. Kalau baru 2-3 jam, itu cukup untuk recovery. Akan tetapi kalau sudah di atas 4 jam, biologis tubuh kurang, recovery butuh 60 menit atau 1 jam," kata dia.

Next

Dalam perhitungan pihak Kementerian Perhubungan, bisa berada di rest area yang jumlahnya banyak di sepanjang tol Jakarta-Jawa Tengah masih ideal untuk perjalanan total 10 jam

"Misalnya Jakarta-Semarang 10 jam waktu yang cocok atau pas lah 30 menit. Rest area sepanjang Jakarta Semarang tidak hanya satu, banyak sekali," kata Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Suharto.

Next

Problem ketersediaan toilet dalam penggunaan rest area sudah diantisipasi. Jumlahnya disesuaikan dengan ukuran dari rest area.

"Sudah kami tambahkan toilet kami untuk rest area tipe A 50 unit dan tipe B 30 unit. Jadi jangan sampai masyarakat antre, lalu tanya kapan saya istirahat. Ini sudah diantisipasi," ujarnya.

Jika pengguna rest area melihat bahwa tempat sudah penuh, maka ia mengimbau agar bisa menggunakan rest area lain.

"Silakan bergerak ke rest area ke-2. Petugas juga tidak pakai stop watch lah yah, masih tolernsi jika lebih-lebih waktu sedikit," ujarnya.

Penulis: Nazarudin Ray

Loading