Sukses

Lebih Murah dari Bus, Segini Biaya Mudik dan Balik Pakai Bajaj

Otosia.com Bajaj tentu bukan sebuah kendaraan bermotor yang disarankan untuk bepergian jarak jauh. Apalagi jika digunakan untuk pulang kampung, lintas kota dan provinsi.

Namun bagi seorang pengemudi bajaj TVS bernama Utan, itu adalah alternatif yang murah. Ia mengomparasikannya dengan tiket bus. Dihitung-hitung, satu bajaj bisa lebih dari satu orang dan lebih murah.

"Harga tiket bus itu Rp 250.000 seorang," ujar Utan dengan sedikit logat "ngapak". Ia memang dari satu wilayah di Jawa Tengah dengan logat tersebut. Tujuannya adalah Brebes.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr)

Next

Ia sendiri biasanya berangkat bersama dengan bajaj lain. Satu bajaj pun tidak hanya diisi satu orang. Sudah barang tentu artinya bisa jauh lebih hemat.

"Yang berangkat 2 bajaj dan 5 orang. Jadi ada (bajaj) yang isi 2 orang, ada yang 3 orang," ia menjelaskan.

Berangkat dini hari dan sudah pasti tidak lewat tol, ia bertolak dini hari tepatnya menuju Losari.

"Berangkat jam 1 malam, sampainya hari Minggu jam 10 siang," kata dia lalu coba menakar uang bahan bakar yang ia dan teman-temannya habiskan untuk perjalanan mudik ini.

Next

Bajaj TVS-nya sendiri adalah kendaraan dalam kota dengan tangki layaknya sepeda motor. Satu bajaj, akan penuh 3 liter bahan bakar.

"Pakai bensin (kira-kira habis) 20 liter sampai Losari. Ya Rp 150.000-an, isi Pertalite," kata dia.

Rp 150.000 yang lebih murah dari tiket bus dan katanya lebih enak dari sepeda motor walau tidak secepat kendaraan roda dua tersebut. Setidaknya dengan bajaj masih bisa digeber hingga 80 km/jam.

Uang itu pun akan ia habiskan untuk satu kali jalan. Dengan total yang ada, katanya masih ada sisa bensin di bajaj-nya.

"Habisnya paling 250.000 pergi pulang. Masih ada sisa banyak (saat sampai)," ujarnya seraya menyebut kalau jajannya hemat. Berhenti hanya ngopi dan sebatang rokok, lalu lanjut lagi.

Loading