Sukses

Nasib Honda Mobilio di Tengah Gelombang Pasang Pasar SUV

Otosia.com Saat ini segmen mobil SUV sedang naik daun, bukan cuma di Indonesia tapi juga global. Tidak heran jika banyak pabrikan otomotif menyodorkan produk-produk SUV dengan styling agresif dan ground clearance yang tinggi.

Di antara beberapa merek yang bersaing, Honda menjadi salah satu brand yang fokus berjualan mobil SUV. Tercatat ada tiga mobil SUV dari Honda, yakni LSUV BR-V, MSUV HR-V dan SUV CR-V.

 

 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Next

Bahkan Honda mengungkapkan bahwa untuk segmen mobil keluarga 7 penumpang, merek itu lebih mengedepankan BR-V dibanding Mobilio. Namun demikian bukan berarti Mobilio bakal berhenti diproduksi.

"Untuk segmen mobil keluarga dengan kapasitas 7 penumpang, kami lebih fokus berjualan BR-V. Mobilio tetap jalan, permintaan masih ada," papar Yusak Billy, Business Innovation & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), di sela-sela acara media test drive Honda HR-V, Rabu (25/5/2022).

Next

LSUV hingga Premium SUV

Tidak hanya itu, Honda juga menjelaskan bahwa setiap segmen SUV mempunyai poin-poin tersendiri. Hal ini dijelaskan lebih dalam oleh Ferdianto Budiono, Product Strategy Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) di sela-sela media test drive All New Honda HR-V, Rabu (25/5/2022).

Berdasarkan studi internal Honda, kategori LSUV seperti Honda BR-V lebih mengutamakan kenyamanan selama berkendara. Lalu ada keselamatan dan keamanan, kabin luas, ground clearance tinggi, mesin bertenaga nan hemat bahan bakar dan kapasitas 7 penumpang.

Next

"LSUV ini adalah kendaraan basic dari SUV, di mana kata kuncinya adalah kenyamanan. Jadi kalau orang membeli LSUV, mobilnya harus nyaman," ungkap Ferdianto.

Berikutnya untuk kelas MSUV layaknya Honda HR-V terbaru, para konsumen mementingkan poin-poin yang sama dengan LSUV dengan tambahan mesin yang lebih powerful, teknologi terkini, tampilan stylish dan sporti. Namun kapasitas MSUV tidak membutuhkan 7 penumpang.

Next

"Menurut kami kuncinya adalah mobil dengan desain yang stylish, sehingga orang yang menggunakan mobil ini mempunyai sense of pride," lanjutnya.

Terakhir adalalah CR-V sebagai produk SUV andalan Honda. Pada dasarnya SUV melanjutkan poin-poin dari MSUV dengan tambahan rasa kemewahan dan ukuran bodi yang lebih besar.

"Untuk segmen SUV, kami tawarkan dengan CR-V yang mempunyai dimensi lebih besar dan nyaman, mesin yang powerful dan memberikan kesan premium," imbuhnya.

Next

Maka dari itu, Honda akan terus berfokus untuk berjualan mobil SUV di Indonesia. Bahkan Honda menyinggung soal potensi small SUV untuk pasar Indonesia. Segmen kni diramaikan oleh mobil seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

"Kita ada SUV RS Concept yang masih dipelejari pasarnya. Jika respon dari mobil ini baik, kita akan mempelajari lebih dalam dan meng-consider perkenalkan ke publik," tutup Ferdianto.

Penulis: Arendra Pranayaditya

Next

Loading