Sukses

Beli Mobil Baru Akan Langsung Dapat Pelat Nomor Putih

Otosia.com Bagi yang sedang membeli kendaraan baru jangan heran jika Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB akan berubah menjadi putih. Perubahan plat nomor ini berlaku untuk kendaraan roda empat dan dua.

Perubahan warna dasar dari hitam menjadi putih sudah mulai berlaku. Hanya saya pihak Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia menetapkan beberapa syarat perubahan tersebut.

Berdasarkan informasi yang disampaikan akun Instagram resmi Kepolisian Republik Indonesia @ntmc_polri, kendaraan bermotor yang didahului mendapatkan TNKB berwarna dasar putih adalah kendaraan yang baru dibeli.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr)

Next

Syarat lainnya adalah kendaraan yang sedang proses mengubah kepemilikan, dan kendaraan yang masa TNKB-nya sudah berakhir dan harus diperpanjang.

"Sobat NTMC, Bagi anda yang masa TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) nya sudah berakhir, jangan lupa ya untuk diperpanjang dan akan diganti dengan warna dasar TNKB berwarna putih," demikian caption unggahan akun Instagram @ntmc_polri, Kamis (26/5/2022).

Next

Memudahkan pengecekan pelanggar lalin

Sebelumnya diberitakan di situs ini, penerapan pergantian warna dasar plat nomor merupakan tindak lanjut dari Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Perubahan tersebut salah satunya berupa pergantian warna kendaraan perseorangan dan badan hukum/perusahaan yang dari semula berlatar hitam bertulisan putih, menjadi berlatar putih bertuliskan hitam.

Perubahan ini juga untuk lebih memudahkan mengcek pelanggar lalu lintas dan mengefektifkan penggunaan kamera ELTE dalam menangkap kendaraan yang melakukan pelanggaran di jalan atau untuk memudahkan dalam pengidentifikasian kendaraan yang sedang dioperasionalkan di lapangan.

Next

Peraturan

Adapun terkait desain pelat nomor kendaraan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) baru berwarna putih tulisan hitam tertulis dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor turut diatur dalam Pasal 44 ayat (1) berwarna dasar:

a. putih, tulisan hitam untuk Ranmor perseorangan, badan hukum, PNA dan Badan Internasional;

b. kuning, tulisan hitam untuk Ranmor umum;

c. merah, tulisan putih untuk Ranmor instansi pemerintah; dan

d. hijau, tulisan hitam untuk Ranmor di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Next

(2) Warna TNKB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambahkan tanda khusus untuk Ranmor listrik yang ditetapkan dengan Keputusan Kakorlantas Polri.

(3) TNKB dipasang pada tempat yang disediakan di bagian depan dan belakang Ranmor yang mudah terlihat dan teridentifikasi.

(4) Standardisasi spesifikasi telmis TNKB ditetapkan dengan Keputusan Kalmrlantas Polri.

(5) Pengadaan material TNKB diselenggarakan secara terpusat oleh Korlantas Polri.

Next

Loading