Sukses

Hoaks! Anies Baswedan Melarikan Diri ke Eropa Gegara Sirkuit Fomurla E Belum Rampung

Otosia.com Belakang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan melarikan diri ke Eropa karena Sirkuit Ancol untuk gelaran Formula E belum rampung. Kabar yang beredar di Facebook itu menyebutkan jika Anies kabur karena khawatir ditangkap KPK.

"Balap formula e terjadwal bulan juni tgl 4 ...sampai saat ini sirkuit belum jadi....si anies MELARIKAN DIRI dari TANGGUNG JAWAB KE EROPA....Kawatir ketangkap KPK.....," narasi yang beredar.

 (kpl/ahm)

Penelusuran

Hasil penelusuran merdeka.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarikan diri ke Eropa adalah tidak benar. Dilansir dari artikel merdeka.com, Anies bertolak ke benua Eropa untuk menindaklanjuti kerja sama di bidang transportasi. Perjalanan dinas Anies ke Eropa selama 8 hari.

Selain membahas soal kerja sama transportasi, kunjungan Anies itu sekaligus memenuhi undangan dari komunitas di negara Eropa terkait mobilitas menggunakan transportasi.

Saat ini Anies sudah kembali berada di Jakarta, pada 1 Juni 2022, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek sirkuit Formula E Jakarta menjelang balapan mobil listrik yang dilaksanakan pada Sabtu (4/6) di Ancol, Jakarta Utara.

Next

Anies tiba di Ancol pada Rabu sekitar pukul 15.00 WIB untuk mengecek kesiapan menjelang balap mobil listrik. Anies didampingi Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni dan juga Co-Founder Formula E Alberto Longo.

Gubernur DKI itu juga meninjau arena sekitar panggung penonton hingga kawasan garasi mobil pebalap (paddock) dengan sesekali mendapatkan penjelasan teknis dari Alberto Longo.

Next

Anies juga memastikan sirkuit telah siap pakai. Ia juga mengatakan penjualan tiket Formula E 100 persen telah selesai.

"Kita bersyukur penjualan tiket sudah tuntas. Dan ada beberapa finalisasi yang sifatnya kosmetik, pengecetan, pemasangan stiker-stiker tapi semua yang sifatnya subtansi untuk terselenggaranya Jakarta E-Prix sudah siap," ujar Anies saat meninjau kesiapan Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/6).

Melihat kesiapan itu, Anies juga mengaku optimis perhelatan balap mobil listrik itu digelar tepat waktu. Selain itu, ia juga menyampaikan, seluruh pebalap Formula E telah tiba di Jakarta hari ini.

"Insya Allah beberapa hari ke depan semuanya akan tuntas. Para pebalap sore ini akan 100 persen tiba di Jakarta," pungkasnya.

Kesimpulan

Berdasarkan fakta-fakta yang diketahui, kabar Gubernur DKI Anies Baswedan melarikan diri ke Eropa karena sirkuit Formula E belum rampung tidaklah benar. Padahal Anies ke Eropa untuk menindaklanjuti kerja sama di bidang transportasi. Faktanya lagi sirkuit Ancol telah siap dipakai untuk gelaran Formula E.

Referensi

https://www.merdeka.com/jakarta/anies-hari-ini-bertolak-ke-eropa-bahas-kerja-sama-transportasi-hingga-smart-city.html
https://www.merdeka.com/jakarta/gubernur-anies-penjualan-tiket-formula-e-sudah-tuntas.html

Penulis: Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

Loading