Sukses

Helm Bisa Meningkatkan Penampilan di Jalan, Begini Tips Merawatnya

Otosia.com Helm adalah perlengkapan keselamatan yang wajib digunakan oleh pengendara sepeda motor. Tentu saja memilih helm harus dengan kualitas perlindungan yang baik.

Namun dalam perkembangannya, helm tidak lagi sebagai pelindung kepala, tapi sudah menjadi gaya hidup dan meningkatkan penampilan dan percaya diri saat di jalan.

Agar tetap teroihat keren dan berfungsi dengan baik, helm juga butuh perawatan. Berikut adalah tips merawat helm agar awet seperti yang disarankan main dealer Yamaha PT Lautan Teduh Lampung:

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr)

Next

1. Tidak menaruh helm sembarangan

Saat sedang diparkir, gunakan sarung helm agar terhindar dari panas atau matahari langsung. Hindari menaruh helm di spion, hal tersebut agar mengurangi potensi helm lecet karena terjatuh. Anda bisa menyimpannya di tas helm, lalu membawanya atau menaruh helm dengan mengaitkannya di atas jok motor serta dapat dimasukkan ke dalam bagasi motor agar helm selalu aman baik dari hujan ataupun orang yang hendak mencuri.

Jika tidak menggunakan helm dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya menyimpan helm dengan rapi. Misalnya menutup dengan kain atau dengan cara dibungkus. Hal ini dilakukan supaya tidak ada debu yang menempel atau bahkan dimasuki laba-laba hingga membuat sarang di sana.

Next

2. Jangan memakai helm saat rambut basah

Sering di antara kita bepergian menggunakan helm setelah mandi dan berkeramas, terlebih saat pagi hari hendak bekerja atau saat sedang terburu-buru. Rambut yang basah akan membuat bagian dalam helm lebih cepat berbau dan apek. Terlebih jika menggunakan pomade atau minyak rambut, maka bagian dalam helm menjadi sangat lengket dan jika dibiarkan dalam waktu lama, aroma helm menjadi tidak sedap.

Solusinya, supaya helm tidak bau dan tetap wangi, coba gunakan shower cap tipis saat Anda sedang memakai pomade atau baru keramas. Shower cap akan mencegah rambut yang masih basah atau menggunakan pomade bersentuhan langsung dengan helm.

Helm dapat meningkatkan rasa percaya diri (Otosia.com/Nazar Ray)

 

Next

3. Mencuci helm

Helm yang dipakai setiap hari rentan sekali menimbulkan bau yang tidak sedap. Disarankan rutin mencuci helm 1 bulan sekali. Namun, intensitas mencuci helm sekali dalam sebulan bukanlah pedoman yang wajib, bisa disesuaikan dengan rutinitas pemakaian dan kondisi helm. Saat ini jasa pencucian helm sudah cukup banyak jadi Anda jangan terlalu malas untuk mencuci helm kesayangan.

Next

4. Perhatikan cara mencuci helm yang benar

Mencuci helm tentu tidak bisa sembarangan karena helm terdiri dari beberapa bagian dengan material yang berbeda-beda. Maka butuh perlakuan khusus pada tiap bagiannya jika Anda menginginkan helm lebih awet.

Jika tidak ingin ribet saat mencuci helm, laundry helm pun sekarang sudah banyak tersedia. Namun, jika ingin mencucinya sendiri, maka bisa memperhatikan langkah-langkah mencuci helm yang benar seperti di bawah ini:

• Copot semua bagian pada helm, seperti kaca, spons bagian dalam, lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Karena terdapat bagian yang rentan patah atau sobek.

• Pisahkan part dan simpan dengan benar agar tidak tercecer dan mudah untuk dicari kembali.

Next

• Untuk bagian yang sponge atau bagian yang lembut, bisa direndam dengan menggunakan sabun. Rendam minimal 1 jam, sikat halus dan perlahan jika terdapat bagian yang kotor, lalu bilas. Jika masih kotor, bisa diulangi 2 - 3 kali biar hasil lebih baik.

• Untuk bagian yang keras bisa dibersihkan dengan air sabun serta lap dengan kain microfibre. Dan untuk sela sela yang tidak terjangkau bisa menggunakan cotton bud.

• Setelah semua bagian helm dirasa sudah dibersihkan, jemur helm di matahari langsung atau keringkan dengan pengering. Apabila menggunakan pengering, bisa melakukannya dengan hati-hati karena terlalu lama terkena panas akan merusak bagian dari helm.

• Setelah helm selesai dikeringkan, simpan ditempat yang tidak lembab serta disarankan untuk menggunakan sarung helm agar lebih tahan lama.

Loading