Sukses

Terciduk Sedang Tes Jalan, Suzuki Jimny 5 Pintu Luncur Tahun Depan

Otosia.com Penampakan Suzuki Jimny model terbaru kerap bocor di dunia maya. Mobil tersebut diduga kuat sebagai varian 5 pintu dari Jimny, lantaran dimensi bodi yang lebih panjang.

Yang unik, Jimny versi 5 pintu terbilang mempunyai bentuk yang kurang konvensional. Tidak layaknya mobil 5 pintu lainnya, bentuk Jimny ini terlihat seperti model 3 pintu biasa yang dipanjangkan. Hal ini dilihat dari ukuran kaca depan yang masih besar.

Selain itu Jimny 5-door dikabarkan akan mengusung dapur pacu berbasis hybrid. Lebih tepatnya mesin K15B dengan tambahan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sistem tersebut menggunakan Idling Start-Stop (ISS) dan Brake Energy Regeneration untuk meningkatkan efisiensi.

 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Waktu peluncuran

Render Suzuki Jimny 5 pintu (Istimewa)

Melansir cartoq.com, Jumat (3/6/2022), waktu debut Jimny 5 pintu dijadwalkan pada kuartal pertama tahun fiskal 2023-2024.

Dengan kata lain, Suzuki Jimny 5 pintu akan dirilis sekitar tahun depan. Sementara penampilan perdananya kemungkinan besar berlangsung di India.

Selain itu mobil ini akan memasuki tahap produksi pada bulan Februari 2023. Namun jadwal tersebut bisa berubah, terutama jika Suzuki mengalami masalah pasokan chipsemikonduktor. Jika mengalami masalah suplai, maka produksi bisa mundur beberapa bulan.

Belum diketahui seperti apa wujud resmi atau bagian dalamnya. Kuat dugaan Jimny 5 pintu ini juga akan masuk Indonesia kelak.

Jimny di Indonesia

Suzuki Jimny di Indonesia (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sementara di Indonesia, Suzuki Jimny masih diimpor langsung dari Jepang. Spesifikasi Jimny lokal terbilang lengkap dengan adanya AC digital, head unit multifungsi, audio swtich control dan cruise control.

Kendati demikian permintaan mobil ini terus meningkat, sedangkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hanya mendapatkan jatah yang terbatas. Sebagai dampaknya, harga mobil ini melonjak tinggi di pasar mobil bekas.

Next

Salah satu upaya untuk mempercepat distrbusi unit adalah membuat Jimny diproduksi secara lokal. Hal ini dinilai kurang ideal karena banyak persiapan yang perlu dilakukan, terutama soal teknologi yang digunakan.

"Untuk membuat produksi lokal tidak mudah karena ada beberapa prasyarat, seperti transfer teknologi dan knowledge dan hal lain seperti stamping dan lainnya. Semua harus dipenuhi terlebih dahulu dan tidak mudah," ujar Harold Donel, Head of Product Development & Marketing Research SIS.

Loading