Sukses

MotoGP Mandalika Sukses Besar, Sumbang Rp4,5 Triliun untuk Indonesia

Otosia.com MotoGP Mandalika yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Maret 2022 lalu sukses besar. Dampak ekonomi dari balap motor paling populer di dunia ini benar-benar nyata.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melalui Instagram pribadinya @sandiuno pada Jumat (3/6/2022).

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/ahm)

Sumbang Rp4,5 Triliun

Dalam postingan tersebut, dipaparkan bahwa ajang MotoGP Mandalika sukses besar dengan menyumbang Rp4,5 triliun bagi Indonesia. Para pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kebanjiran rezeki.

"Pertumbuhan ekonomi NTB pada triwulan I tahun 2022 sebesar 7,76% sementara secara nasional di angka 5,01%. Kontribusi terhadap kenaikan pendapatan domestic regional bruto (PDRB) NTB sebesar 1,46% year on year"

Next

Secara detail, MotoGP Mandalika membawa efek baik bagi pelaku bisnis. Terjadi peningkatan usaha di bidang akomodasi, makanan, dan minuman sebesar 22,29%. Sedangkan bisnis tranportasi meningkal sebesar 15,36%.

Kemudian pelaku pariwisata dan ekomoni kreatif (parekraf) meningkal hingga 41%, serta 23% di antaranya meruapakan pelaku dari NTB.

"Kemudian, 59 persen pelaku usaha mendapatkan fasilitas pelaksanaan MotoGP dan paling banyak memperoleh bantuan dari pemerintah sebesar 40,5%"

Next

Wisatawan yang berkunjung ke NTB pun meningkat drastis. Sebanyak 94,81 % wisatawan menggunakan angkutan udara, sedangkan 74,91 % memakai angkutan laut.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno menjelaskan bahwa terjadi pergeseran pendapatan mulai dari Rp5 juta sampai Rp50 juta. Melihat efek nyata dari perhelatan akbar ajang balap, ia pun berharap agar capaian MotoGP Mandalika menular ke Formula E Jakarta.

"Event MotoGP ini diharapkan dapat memberikan semangat dalam menyambut event Formula E yang akan diselenggarakan pada 4 Juni 2022 di Jakarta"

"Ini akan menjadi momentum kebangkutan ekonomi kita khususnya di Jakarta dan di daerah sekitar jabodetabek. Berdasarkan data yang kami terima, dari 50 persen penjualan tiket ajang balap Formula E sudah terjual oleh warga negara asing (WNA) sebanyak 14.800 tiket dari total 52.500 kursi disediakan sudah laku terjual," kata Sandiaga Uno.

Komentar Netizen

Postingan yang telah disukai lebih dari 16 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang berharap agar kesuksesan MotoGP Mandalika menular ke Formula E Jakarta.

"Mudahan Formula E juga sama," tulis ahmad_lokdai

"Kereeennn MotoGP 2022.. semoga MotoGP di Mandalika ini dapat menarik wisatawan dunia untuk berlibur #DiIndonesiaAja ???????? dan juga kebangkitan ekonomi lokal kita," jelas egaozora

"Syukur alhamdulillah pak, semoga nular ke formula E yg bakal digelar, semua niat baik akan menghasilkan buah yat baik juga, inshaAllah," komentar abdulqodir_89

"MotoGP & Formula E keren," tulis aditiyaaaaaaaaa_

"Alhamdulillah INDONESIA smg tambh makmur," jelas pelita10668

Next

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

 

 

Next

Loading