Sukses

Perjalanan Hidup Pendiri PO SAN, Dulu PNS Kini Sukses Jadi Bos Bus

Otosia.com PO SAN Putra Sejahtera merupakan perusahaan otobus yang cukup populer. PO ini sendiri didirikan oleh Haji Hasanudin Adnan yang dalam perjalanannya menuju sukses penuh dengan ujian.

Ternyata Hasanudin dulunya merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saat ini ia sukses menjadi seorang bos bus ternama di Kota Bengkulu.

Penasaran bagaimana perjalanan Hasanudin menggapai kesuksesannya? Simak lanjutan ulasan kisah viralnya berikut ini.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Memulai dari Usaha Ekspedisi Angkutan Barang ketika Jadi PNS

Haji Hasanudin Adnan ternyata sudah berkiprah dalam bisnis transportasi sejak lama. Ia mengaku sejak dirinya masih menjadi PNS, ia sudah memulai usaha di bidang ekspedisi angkutan barang.

Diketahui, Hasanudin Adnan memulai usaha ekspedisi angkutan barang tersebut sejak tahun 1975 ke semua daerah. Hal ini juga menjadi tahun pertama ia mempunyai truk yang kontrak dengan salah satu PT.

"Jadi ketika saya masih PNS pun saya sudah memulai dengan ekspedisi angkutan barang," tuturnya dalam obrolan yang diunggah pada saluran Youtube Perpalz TV.

Next

Sudah Miliki Hobi Kendaraan saat Jadi PNS

Hasanudin juga begitu berterus terang dan mengaku jika dia mengawali kariernya sebagai seorang PNS yaitu dengan menjadi sopir atau pengemudi. Hal ini tak terlepas dari hobi dan ketertarikannya kepada kendaraan.

"Saya mengawali sebagai PNS itu malah menjadi seorang pengemudi, jadi sopir. Karena apa? Ke-hobian saya itu di kendaraan memang sudah ada dari awal," kata dia.

Pemikiran bisnis di bidang transportasi pun terbesit di benaknya kala teman-teman kantor menanyakan untuk transportasi. Sehingga ia ingin sekali mengusahakan agar provinsinya memiliki transportasi yang baik.

Next

Bangun PO Bernama Bengkulu Indah Tahun 1980

Tak lama kemudian ia mulai merealisasikan ide bisnisnya bersama dengan kakak dan keluarganya. Di tahun 1980, ia memutuskan untuk mendirikan sebuah PO dengan nama Bengkulu Indah untuk melayani penumpang.

"Tahun delapan puluh saya dengan keluarga dengan kakak membangun Bengkulu Indah, bus yang pertama itu ya Bengkulu Indah," papar dia.

Namun dijelaskan oleh Hasanudin jika dirinya kala itu hanya bertahan 9 tahun di bidangnya. Ia memutuskan untuk mundur.

Next

Mulai Bangun SAN Travel di 1990

Kemudian, ia kembali membangun usaha transportasi yaitu SAN travel di tahun 1990-an untuk melayani penumpang. Usahanya terus berkembang hingga ketika menginjak usia 1 tahun, SAN travel sudah mendapatkan ijin.

"Sembilan satu sudah mulai dengan wisatanya, Bengkulu, Jakarta dengan empat unit armada," paparnya.

"Kemudian mulai berkembang ke unit bigbus Mitsubishi FUSO BM dan kita sudah dapat trek ke Jateng di tahun 1992," lanjut dia menambahkan.

Next

Sukses Hingga Menjadi Bos Bus

Kini Haji Hasanudin sukses menjadi seorang bos bus ternama yaitu PO SAN di Bengkulu. Setiap keputusan yang diambilnya tentu berdasarkan pertimbangan penuh dan kemampuannya melihat peluang.

Saat itu Hasanudin memang melihat peluang jika provinsinya sangat membutuhkan akses transportasi. Nyatanya kini telah berbuah manis.

Berkat kemampuannya melihat peluang itulah kini Haji Hasanudin Adna telah menjadi sosok sukses di bidang transportasi darat.

Penulis: Billy Adytya

Sumber: Merdeka.com

Loading