Sukses

Kenapa Forklift Belok dengan Roda Belakang, Ini Penjelasannya

Otosia.com Forklift sesuai namanya adalah alat angkut di sebuah area yang berfungsi mengangkat muatan ratusan kilogram bahkan puluhan ton dengan bidang berbentuk fork atau garpu.

Dari mulai yang berukuran sekitar 1 x 1 meter untuk kerja di antara rak-rak gudang, hingga pengangkut kontainer di pelabuhan.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr)

Next

Mengutip tynaneq.com, satu yang unik dari forklift adalah tidak belok dengan roda depan seperti mobil pada umumnya, melainkan belok dengan roda belakang.

Sebuah perusahaan peralatan bernama Tynan mewanti-wanti bahwa sistem belok dari roda belakang ini perlu perhatian penting bagi mereka yang belum pernah mengemudikannya.

"Jika ada karyawan baru yang hanya berpengalaman mengemudikan kendaraan dengan kemudi roda depan, kita harus melatih mereka agar memahami bahwa cara mengemudi forklift berbeda dengan mobil." pesan mereka.

Next

Mengapa demikian? Forklift menggunakan kemudi roda belakang mungkin tidak tampak seperti sebuah masalah besar. Namun cara kerjanya akan mengejutkan.

Sebagian besar kendaraan, seperti mobil, memiliki kemudi roda depan. Artinya jika kita memutar setir ke kiri, ban depan akan berbelok ke kiri, dan kita pun akan melaju dengan berbelok ke kiri.

Next

Namun di forklift, jika kita membelokkan setir ke kiri, maka ban belakang akan berbelok dengan poros di ban depan. Efeknya, belokan akan jauh lebih kencang.

Akan tetapi, benefitnya adalah mobilitasnya jadi presisi tinggi di ruang sempit. Karenanya ia cocok saat digunakan di gudang yang padat stok.

Kenapa tidak dibuat belok dengan roda depan? Salah satu tugas utama roda depan adalah menopang berat beban. Saat beban semakin berat, roda depan menjadi lebih tegang. Jika roda depan juga harus berbelok, kendaraan akan mengonsumsi lebih banyak energi dan mengalami lebih banyak keausan.

Loading