Sukses

Catat, Ini Daftar Wilayah yang Menerapkan Pemutihan Pajak Kendaraan

Otosia.com Beberapa wilayah di Indonesia kini sedang berlaku program pemutihan pajak kendaraan bermotor. Program ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meringankan tunggakan atau yang telat membayar pajak.

Wilayah yang memberikan program pemutihan pajak kendaraan bermotor mempunyai ketentuan dan waktu yang berbeda, mulai dari penghapusan denda akibat keterlambatan pembayaran pajak hingga pembebasan Bea Balik Nama.

Berikut wilayah-wilayah yang masih melakukan program pemutihan pajak:

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

1. Jawa Timur

Program pemutihan pajak di Jawa Timur (kominfo.jatimprov.go.id)

Pertama adalah Provinsi Jawa Timur yang memberlakukan pemutihan Bea Balik Nama atas penyerahan kedua dan seterusnya (BBN II) dan pembebasan Sanksi Administratif pajak dan BBN kendaraan bermotor.

Mengutip kominfor.jatimprov.go.id, pemutihan ini secara resmi berlaku dengan turunnya Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/226/KPTS/013/2022 tentang  Pembebasan Pajak Daerah Provinsi Jawa Timur.

Program ini telah berlangsung sejak tanggal 1 April 2022 dan akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2022 mendatang.

Next

2. Sumatra Barat

Program pemutihan pajak di Sumatra Barat (Instagram/@bapendasumbarofficial)

Sama seperti Jawa Timur, Sumatra Barat juga memberikan keringanan pajak berupa gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) ke-2 dan gratis denda pajak kendaraan bermotor.

Dikutip dari laman Instagram @bapendasumbarofficial, program ini terkait dengan Pergub Nomor 7 Tahun 2022. Keringanan ini dimulai dari tanggal 15 Maret 2022 dan sebentar lagi berakhir di tanggal 15 Juni 2022.

Next

3. Kalimantan Tengah

Program pemutihan pajak di Kalimantan Tengah (Instagram/@ sekretariat.daerah.kalteng)

Untuk warga Kalimantan Tengah, program pemutihan pajak berlaku dari tanggal 17 Mei hingga hari Kemerdekaan Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus 2022 mendatang.

Melansir akun Instagram @sekretariat.daerah.kalteng, ada beberapa program yang dilakukan sebagaimana tertuang pada Pergub Kalimantan Tengah Nomor 8 Tahun 2022.

Pertama adalah keringanan atau pembebasan terhadap pokok tunggakan dan denda untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), lalu pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Progresif Ketiga dan seterusnya.

Next

4. Kalimantan Utara

Kalimantan Utara juga memberikan program keringanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Mengutip diskominfo.kaltaraprov.go.id, hal diterapkan ini berdasarkan diterbitkannya Keputusan Gubernur Kalimantan Utara Nomor 188.44/K.237/2022.

Berbeda dengan lainnya, keringanan pajak di Kalimantan Utara hanya mencakup Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) ke-2. Program ini berlangsung dari tanggal 1 April 2022 hingga 30 September 2022.

Next

5. Nusa Tenggara Barat (NTB)

Program pemutihan pajak di NTB (Instagram/@bappendantb)

Sama seperti Kalimantan Utara, NTB tidak mendapat relaksasi denda pajak kendaraan bermotor. Namun, berdasarkan informasi dari akun Instagram @bappendantb, melayani keringanan bagi kendaraan bermotor yang akan melakukan proses balik nama, mutasi kendaraan dalam daerah NTB, dan mutasi kendaraan luar daerah NTB.

Insentif ini dilakukan melalui Peraturan Gubernur NTB Nomor 30 Tahun 2022 dan telah berlangsung sejak 18 April 2022 dan akan berakhir pada tanggal 31 Juli 2022.

Next

6. Kepulauan Bangka Belitung

Program pemutihan pajak di Kepulauan Bangka Belitung (samsat-sungailiat.babelprov.go.id)

Relaksasi pajak di Kepulauan Bangka Belitung diterapkan melalui Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2022 dan telah dilakukan dari 25 April 2022 hingga 29 Juli 2022 mendatang.

Program pemutihan pajak yang dilakukan mencakup penghapusan PKB, pembebasan biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) ke-2 dan seterusnya, serta gratis mutasi BBNKB masuk dan keluar provinsi.

Next

7. Bali

Di Bali insentif keringanan pajak kendaraan bermotor telah berlangsung dari tanggal 4 April 2022 dan berakhir tanggal 31 Agustus 2022.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 14 Tahun 2022, mengenai pemutihan denda PKB. Sementara keringanan terkait gratis Bea Balik Nama Kendaraan sudah selesai di tanggal 3 Juni 2022 lalu.

Next

8. Sulawesi Utara

Program pemutihan pajak di Sulawesi Utara (Instagram/@bapendasulut)

Terakhir di Sulawesi Utara yang menerapkan relaksasi pembayaran pajak kendaraan bermotor pada tanggal 26 April 2022 hingga 9 Juli 2022.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @bapendasulut, program relaksasi yang diberlakukan memberikan keringanan berupa keringanan dan pembebasan PKB, lalu pembebesan denda pajak dan Bea Balik Nama.

Loading