Sukses

Selisihnya Nanggung Cuma Rp 3 Juta, Lebih Pas Pilih Suzuki Ertiga Hybrid atau Toyota Avanza TSS?

Otosia.com PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyegarkan lini Ertiga di Indonesia. Khusus tipe GX dan Suzuki Sport, highlight utamanya adalah penyematan teknologi hybrid. Dengan demikian, Ertiga menjadi LMPV pertama dan mobil termurah dengan mesin hybrid.

Model termahal Suzuki Ertiga Suzuki Sport dibanderol dengan harga Rp 292,3 juta. Harga tersebut sekitar Rp 3 juta lebih rendah dibanding Toyota Avanza termahal dengan Toyota Safety Sense (TSS).

Dari keduanya, LMPV mana yang lebih unggul?

 

 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Next

Eksterior

Toyota Avanza (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Untuk membandingkannya, bisa dimulai dari sisi luar. Suzuki Ertiga hybrid tidak mengalami banyak perubahan dari segi tampilan. Mobil keluarga ini masih mempertahankan wujud Ertiga generasi kedua yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018.

Varian Suzuki Sport menerima perubahan pelek yang kini bermodel jari-jari dan berwarna two tone. Selebihnya tetap sama, seperti bodykit Suzuki Sport khusus, lampu depan masih halogen, lampu belakang LED, spoiler di pintu bagasi dan ada DRL LED yang dinyalakan secara manual.

Next

Sebaliknya Toyota Avanza generasi ketiga berubah total dibanding model sebelumnya. Model khas Avanza yang cenderung lebih membulat, kini digantikan dengan desain baru yang modern dan minimalis.

Kumpulan fitur eksterior Toyota Avanza sedikit lebih unggul dengan adanya shark fin antenna di atap dan seluruh lampu, kecuali lampu kabut, sudah menggunakan LED.

 

Next

Interior

Interior Suzuki Ertiga Sport Hybrid (Otosia.com/Nazar Ray)

HPerbedaan paling mencolok terlihat pada bagian interiornya. Sama seperti eksterior, Ertiga Sport hybrid juga meneruskan bagian interior dari model sebelumnya dengan berbagai perubahan minor.

LMPV andalan Suzuki ini mempunyai MID baru full colour, jok berwarna hitam dengan jahitan warna merah dan panel di dasbor kini dibalut corak karbon, cocok dengan modelnya yang bernuansa sporti.

Next

Di sisi lain Toyota Avanza mempunyai desain inteirior baru yang lebih praktis dibanding model sebelumnya. Berkat jarak antar sumbu roda bertambah, ruang kaki baris kedua mobil ini kini semakin lebih lapang.

Tidak hanya itu, "mobil sejuta umat" ini juga dilengkapi speedometer dengan MID baru, setir dengan konfigurasi tilt dan teleskopik, kursi yang bisa dilipat rata, AC digital dan head unit baru dengan ukuran yang lebih besar.

Next

Keselamatan dan performa

Interior Toyota Avanza (TAM)

Soal keselamatan, Toyota Avanza termahal lebih unggul. Varian ini sudah dilengkapi peranti keselamatan canggih TSS yang bisa mengurangi potensi kecelakaan melalui Lane Departure Warning and PreventionPre-Collision Warning and Braking, dan sebagainya. Mobil ini juga sudah mempunyai 6 airbags.

Sementara Suzuki Ertiga Suzuki Sport hybrid cenderung lebih konvensional dibanding Avanza TSS. Varian ini mendapatkan improvement berupa Electronic Stability Programme dan Hill Start Assist, namun belum dilengkapi fitur active safety dan jumlah airbags hanya dua saja.

Next

Berlanjut ke sektor performa di mana Suzuki Ertiga mempunyai jantung pacu berbeda dengan para rival di kelasnya. Mobil ini masih mengandalkan mesin K15B 1.500cc bawaannya yang menghasilkan 104,7 PS dan torsi 138 Nm.

Namun mesin tersebut kini dipadu oleh sistem mild hybrid yang terdiri dari Integrated Starter Generator dan baterai Lithium Ion. Pasalnya konfigurasi ini diklaim akan meningkatkan efisiensi mesin dan membuat mobil lebih irit. 

 

Next

Sedangkan Toyota Avanza dibenamkan mesin konvensional 1.500cc 2NR-VE dengan semburan tenaga 106 PS dan torsi 137 Nm. Yang berbeda, mobil ini kini disematkan transmisi CVT dan berpenggerak roda depan (FWD).

Suzuki Ertiga Sport Hybrid dibanderol Rp 292,3 juta, lalu Toyota Avanza TSS bisa dipinang dengan harga Rp 295,8 juta. Dengan selisih harga Rp 3 jutaan, lebih ideal mana, Ertiga dengan mesin hybrid atau Avanza yang sudah dilengkapi peranti keselamatan aktif?

Loading