Sukses

Pemain Baru Hyundai Creta Tempel Ketat Honda HR-V

Otosia.com Segmen mobil SUV bisa dibagi menjadi beberapa ­sub-kategori. Salah satunya adalah compact SUV yang cenderung mempunyai ukuran bodi tidak terlalu besar dan ditujukan untuk jalanan perkotaan.

Tercatat ada 9 merek yang bersaing, mulai dari Honda, Hyundai, Mazda, Nissan, Morris Garage (MG), KIA, Suzuki, Peugeot hingga Volkswagen (VW).

Berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Mei 2022, total penjualan compact SUV mencapai angka 2.995 unit. 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Next

Posisi penjualan

Dari jumlah tersebut, Honda HR-V menjadi compact SUV terlaris dengan angka penjualan sebesar 1.799 unit. Varian paling diminati adalah HR-V SE yang tercatat 967 unit.

Honda HR-V ditempel dekat oleh rival dekatnya Hyundai Creta. SUV asal Korea Selatan ini terjual sebanyak 1.072 unit, dengan model termahal Creta Prime berwarna Two Tone dengan catatan 426 unit.

Di posisi ketiga ada Mazda CX-3 dengan total penjualan 64 unit. Sebanyak 62 unit di antaranya adalah CX-3 varian Sport.

Next

Suzuki SX4 S-Cross (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Lalu di posisi keempat dan kelima, masing-masing ditempati oleh Suzuki SX4 S-Cross yang laris terjual 28 unit dan KIA Seltos di angka 21 unit. Seluruh penjualan S-Cross adalah model dengan transmisi otomatis, sedangkan KIA Seltos bermesin bensin lebih laku dengan catatan 13 unit.

Posisis keenanam diisi Peugeot 2008 yang laku 6 unit. Angka penjualan tersebut lebih tinggi dibanding Nissan Kicks e-Power di posisi ketujuh yang sebanyak 5 unit.

Sementara MG ZS dan VW T-Cross tidak mencatat adanya penjualan sama sekali di bulan Mei 2022.

Next

Daftar

Berikut daftar penjualan compact SUV terlaris, berdasarkan data whole sales Gaikindo:

Compact SUV

Whole Sales

Honda HR-V

1.799 unit

Hyundai Creta

1.072 unit

Mazda CX-3

64 unit

Suzuki SX4 S-Cross

28 unit

KIA Seltos

21 unit

Peugeot 2008

6 unit

Nissan Kicks e-Power

5 unit

VW T-Cross

-

MG ZS

-

Total

2.995 unit

Next

Loading