Sukses

Pengendara Honda Civic Kena Tilang Gara-gara Pakai Pelat Warna Putih, Pahami Ketentuannya

Otosia.com Sebelumnya Korlantas Polri mewacanakan peralihan warna dasar pelat nomor kendaraan dari hitam ke putih. Targetnya hal ini mulai bisa diterapkan pada pertengahan Juni 2022.

Namun seorang pengendara Honda Civic mengaku kena tilang karena penggunaan pelat putih. Hal ini ia bagikan dalam video yang diunggah di TikTok @civic_turbo370 pada 19 Mei 2022 lalu.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/ahm)

Kena Tilang

Awalnya seorang pria menunjukkan surat tilang yang diberikan polisi kepadanya. Tilang ini karena ia dianggap telah melanggar aturan lalu lintas penggunaan pelat nomor putih.

Karena hal tersebut pelat putih di mobil Honda Civic miliknya harus segera diganti. "Kena tilang bos, gara-gara pakai pelat putih. Harus diganti bosku," jelasnya.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 13 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang menduga penyebab si pengendara kena tilang.

"plat putih itu bkan kit yg buat sndri,tp dri kepolisian langsung yg keluarkan," Iim

"segera diganti kalo plat putih ikut tren aja.. sedangkan di NTBK masih warna hitam jelas ditilang," jelas Hardianto

"itu yang di tilang. STNK nya masih warna plat hitam. anda tukar sendiri ke putih," komentar muhammaddafi7523

"bisa dilihat di STNKnya bos putih apa hitam. jika ga sesuai STNK di tilang bos," ungkap Bagus

"plat putih belom resmi diberlakukan..kemungkinan tahun depan," tulis DedieJunot

Next

@civic_turbo370

kena tilang gara2 plat putih bosku harap diganti terus

? suara asli - @klismobil - @civic turbo#

 

 

Next

Mulai Berlaku Pertengahan Juni 2022

Berdasarkan ketentuannya, penerapan pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan dasar warna putih mulai diberlakukan pada pertengahan Juni 2022.

Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri, Kombes M Taslim Chairuddin, mengatakan, material TNKB putih mulai didistribusikan ke jajaran Polda pada awal bulan.

"Material TNKB sudah selesai saat ini, masih dalam proses produksi diperkirakan material sudah bisa kita distribusikan ke jajaran di awal Juni, dengan perkiraan nanti di pertengahan Juni saya maksimal itu penggunaan material TNKB warna dasar putih tulisan hitam itu sudah mulai bisa digunakan," tutur Taslim kepada wartawan, Selasa (31/5/2022) yang dikutip dari Liputan6.com.

Next

Taslim mengatakan, pada awal pelaksanaan tidak semua kendaraan bisa mendapatkan plat baru tersebut. Untuk awal, yang diutamakan adalah kendaraan baru dan yang habis masa berlaku lima tahunan.

"Kendaraan nanti yang daftar baru datang ke kantor yang membutuhkan TNKB, karena materialnya sudah menggunakan spesifikasi baru tentu kita akan berlakukan demikian yang perpanjangan STNK lima tahunan otomatis TNKB-nya habis masa berlakunya," jelas dia.

Adapun perbedaan masa berlaku TNKB pada setiap pemilik kendaraan menjadi penyebab tidak bisa langsung semua kendaraan mendapatkan plat nomor baru. Penerapan TNKB putih ini juga bertujuannya untuk memudahkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik yang saat ini sudah mulai diberlakukan.

Peraturan perubahan warna baru pelat nomor kendaraan tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor pasal 45.

Loading