Sukses

Toyota Innova Listrik Bisa Jadi Idaman Sejuta Umat, Begini Kabar Terbarunya

Otosia.com Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid April 2022 lalu, sejumlah merek memperkenalkan produk-produk baru.

Salah satu kejutan terbesar datang dari PT Toyota Astra Motor (TAM). Merek asal Jepang itu menghadirkan Toyota Innova Electric sebagai pajangan utama. Mobil tersebut hanya tampil pada hari pertama IIMS 2022.

Toyota Innova Electric Vehicle (EV) menggunakan basis dari Innova Venturer, namun dengan penyesuaian di beberapa bagian. 

 

 

 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Next

Sebagai contoh adalah penambahan aksen-aksen biru di sekujur bodi, lampu depan dan belakang yang berbeda, grill ditutup dan mobil diberi warna putih. Yang menarik, tempat pengisian bahan bakar dijadikan colokan pengecasan.

Sementara bagian dalam Innova Electric juga mengusung konsep yang sama. Secara mendasar, interior mobil ini tidak berbeda dengan Innova pada umumnya. Namun head unit bawaannya sudah terintegrasi dengan sistem berkendara mobil, tuas transmisi diubah menjadi tombol-tombol dan jok kulit berkelir putih.

Next

Masih prototipe

Interior Toyota Kijang Innova EV (TAM)

Mobil yang ditampilkan di IIMS 2022 sempat dijajal oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartanto saat kunjungannya ke ajang otomotif tersebut.

"Mobil ini bisa bergerak, berjalan, bisa di charge. Fungsi-fungsinya lengkap. Itu kenapa kemarin kita juga memberi kesempatan Pak Menko Airlangga untuk mencoba langsung," ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM.

Next

Kendati demikian Toyota menyebut Innova EV sebagai mobil prototipe. Dengan kata lain, MPV keluarga berbasis listrik ini masih dalam tahap perkembangan. Spesifikasi mobil ini sampai sekarang masih menjadi misteri.

Toyota sendiri juga menjelaskan bahwa Innova EV belum untuk dijual ke umum. Rencana tersebut bisa berubah jika ada permintaan.

"Kijang Innova EV) bukanlah mobil yang akan kita jual. Jadi lebih banyak sifatnya kepada engineering development dan juga untuk display," lanjutnya.

Next

Namun Toyota menyebutkan bahwa Kijang Innova menjadi basis yang ideal sebagai mobil listrik. Hal ini berkaitan dengan tingkat popularitas dan sejarah mobil tersebut di Indonesia, seperti preferensi konsumen tanah air yang menyukai mobil dengan kapasitas 7 penumpang.

"Salah satu keberhasilan Toyota selama ini adalah Kijang Innova. Kebetulan tahun ini Kijang Innova masuk ke umur 45 tahun. Kenapa tidak kalau kita bermimpi kedepannya untuk memiliki produk lokal electrification," ungkap Anton.

 

 

Next

"Salah satu yang unik dari mobil ini (Kijang Innova EV) adalah seven-seater. Jadi memang sangat sesuai dengan prefrensi masyarakat Indonesia," tutup Anton.

Loading