Sukses

Hyundai Tampilkan IONIQ 6, Bakal Masuk Indonesia?

Otosia.com Hyundai tengah menyiapkan IONIQ 6 dan akan diluncurkan secara global dalam waktu dekat. Mobil listrik ini beberapa kali terciduk sedang tes jalan di Eropa, dengan bodi tertutup kamuflase.

Informasi terkait Hyundai IONIQ 6 cukup terbatas. Namun sedan listrik ini dipastikan menggunakan Electronic Global Modular Platform (E-GMP), serta baterai dan motor listrik yang digunakan pada IONIQ 5.

Sementara bodi Hyundai IONIQ 6 akan mengambil basis dari mobil konsep Hyundai Prophecy.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

Terungkap

Sisi belakang Hyundai IONIQ 6 (carscoops.com)

Kabar terakhir Hyundai secara resmi mengungkapkan Hyundai IONIQ 6. Melansir carscoops.com, Kamis (30/6/2022), mobil yang ditampilkan sedikit berbeda dengan Prophecy, tapi tetap menyandang desain dasar yang sama.

Hyundai IONIQ 6 mempunyai tampilan yang eye-catching. Fascia depan dibuat simpel dengan beberapa tarikan garis dan lampu depan LED modern. Sementara pada sektor buritan ada lampu yang memanjang dari sisi kiri dan kanan.

Paling mencolok adalah bentuk atap sloping, layaknya kepunyaan Hyundai Prophecy. Mobil terlihat lebih aerodinamis, lantaran wujud keseluruhan mobil ini berbentuk oval.

Next

Interior Hyundai IONIQ 6 (carscoops.com)

Hyundai sendiri mengklaim bahwa mobil ini mempunyai drag coefficient (Cd) sekitar 0.21, lebih rendah dibanding IONIQ 5 yang sebesar 0.288. Dengan Cd yang lebih rendah, IONIQ 6 diprediksi bisa berjalan lebih jauh dalam sekali pengecasan.

Hyundai juga menunjukkan bagian dalam dari mobil ini. IONIQ 6 mempunyai interior serba modern dan futuristis, melalui penggunaan warna yang gelap dan ambient lighting berwarna merah muda terang.

Meski tampilan bagian dalam mobil ini serba futuristis, ada beberapa kesamaan fitur dengan IONIQ 5. Paling mencolok adalah setir dengan tombol-tombol kapasitif, tuas transmisi di belakangnya dan panel AC yang sama.

Yang menarik head unitdan speedometer dibuat menyatu, layaknya mobil Mercedes-Benz. Namun baris kedua interior sedan ini belum ditunjukkan.

Next

Bakal meluncur di Indonesia?

Sisi samping Hyundai IONIQ 6 (carscoops.com)

Hyundai belum mengumumkan secara resmi seperti apa spesifikasi performa dari sedan unik ini. Namun IONIQ 6 digadang-gadang akan mempunyai baterai dan motor listrik yang sama seperti kepunyaan IONIQ 5.

Sebagai patokan IONIQ 5 tipe tertinggi di Indonesia memboyong motor listrik tunggal yang menghasilkan output 217 PS dan torsi 350 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang (RWD) dengan jarak tempuh mencapai 451 km sekali jalan.

Selain mempunyai kesamaan dengan IONIQ 5, sedan elektrik ini berpotensi masuk pasar Indonesia. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sempat menampilkan mobil konsep Hyundai Prophecy pada Gaikindo Indonesia international Auto Show (GIIAS) 2021.

Next

Hyundai Prophecy Concept di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Lalu baru-baru ini, HMID diketahui akan berhenti menjual Hyundai IONIQ Electric. Sedan dengan bagasi hatchback ini dikabarkan akan digantikan oleh Hyundai IONIQ 6.

Perkara Hyundai IONIQ 6 masuk ke tanah air masih abu-abu. Pihak HMID menyebutkan bahwa untuk sementara belum ada keputusan dari prinsipalnya untuk menghadirkan sedan unik ini di tanah air.

"Kami di HMID belum ada arahan lebih lanjut dari pihak global terkait ini ya. So far HMID masih fokus kepada produk-produk yang sudah tersedia di pasar Indonesia saat ini," ujar Uria Simanjuntak, Head Of Public Relations PT HMID kepada Otosia.com, Rabu (29/6/2022).

Loading