Sukses

Honda Terciduk Patenkan SUV RS, Ini Bocoran Spesifikasinya

Otosia.com Mobil konsep Honda SUV RS pernah ditampilkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 lalu. Setelah itu Honda SUV RS dipamerkan di beberapa kota besar di Indonesia.

Kehadiran mobil tersebut di berbagai kota karena PT Honda Prospect Motor (HPM) ingin melihat respon dari konsumen. Namun demikian HPM belum mau membocorkan kapan tanggal peluncurannya,

"Kami masih pelajari terus market-nya seperti apa. Pokoknya kalau market-nya perlu, kami buat produk," ujar Yusak Billy, Business Innovation & Marketing Director PT HPM. 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Paten

Paten Honda SUV RS (DJKI Kemenkumham)

Namun baru-baru ini Honda terciduk mematenkan SUV RS di Indonesia. Paten mobil itu ditemukan pada Berita Resmi Desain Industri No. 19/DI/2022 yang diterbitkan pada 7 Juli 2022, di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.

Pada nomor permohonan A00202200613, terdaftar sebuah mobil SUV yang mempunyai banyak kemiripan dengan Honda SUV RS Concept. Paten tersebut didaftarkan oleh ASIAN Honda Motor Co., Ltd.

Mobil yang didaftarkan tidak memiliki banyak perbedaan dengan SUV RS Concept yang kerap ditampilkan ke publik.

Next

Fascia depan masih dilengkapi lampu depan LED pipih dengan grill unik, underguard di bagian bawah bumper dan desain berbentuk segitiga memanjang di bagian samping yang boleh jadi digunakan sebagai tempat lampu kabut kelak.

Sisi samping SUV itu juga tidak mengalami banyak perubahan, seperti atap, spion, dan gagang pintu yang diberikan warna hitam, serta ada sepasang roof rails di atap. Yang berbeda, pelek yang digunakan lebih sederhana, berbentuk lima palang biasa.

Hal yang sama juga ditemukan pada sektor buritan. Honda masih menggunakan lampu belakang LED yang menyambung dari kanan ke kiri, bentuk desain segitiga memanjang di bumper, spoiler kecil di atap dan underguard di bawah bumper.

Next

NJKB

NJKB Honda SUV RS (Samsat DKI Jakarta)

Lantaran masih sebatas paten, belum diketahui spesifikasi terkait SUV Honda ini. Namun jika mengacu pada mobil yang didaftarkan di situs Samsat DKI Jakarta, kemungkinan besar mobil ini kelak dibenamkan mesin 1.500cc.

Hal ini tercatat pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) berkode DG47 di laman tersebut. Penggunaan kode “DG” sama seperti Honda BR-V yang berkode DG31.

Dengan demikian bisa jadi Honda SUV RS akan mengusung mesin 1.500cc naturally aspirateddengan semburan tenaga 121 PS dan torsi puncak 145 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD) melalui girboks manual atau CVT.

Next

Loading