Sukses

Mungkinkah Mobil Listrik Rp 100 Juta atau Setara Harga LCGC?

Otosia.com, Jakarta Mobil listrik murah merupakan sesuatu yang dinanti. Untuk saat ini sendiri, predikat mobil listrik termurah dipegang Wuling EV yang baru saja diluncurkan dengan banderol Rp 250 juta.

Bagaimana dengan mobil listrik berharga Rp 100 juta? Mimpi ini seakan tinggal menunggu waktu sebab low cost green car seperti menjadi acuan akan hal tersebut.

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo berpendapat bahwa untuk mewujudkan mobil listrik murah, Indonesia memiliki sejumlah modal.

 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Dukungan Pemerintah

"Pemerintah sudah bertekad untuk percepatan migrasi BBM konvensional ke listrik untuk kurangi beban subsidi maupun polusi. Sudah ada Perpres Nomor 55 untuk percepatan," kata dia.

Modal lain, menurutnya, bisa dilihat bahwa BUMN sudah mulai rotasi dan berorientasi untuk mendukung hal itu.

"Bangun tidak hanya baterai tetapi juga kendaraannya, baik motor maupun mobil. Dengan modal kuat di BUMN, tidak perlu riset karena teknologinya sudah bisa di-adopt dari mana-mana mulai dari Tesla, bahkan China sudah kelihatkan berbagai merek dengan harga terjangkau," ujarnya.

 

Harga Termurah

Bicara harga termurah, memang belum ada yang menandingi Wuling seiring peluncuran produk EV mereka dalam wujud sebuah kendaraan mungil. Mereka meluncurkan dua tipe sesuai kebutuhan jarak.

Wuling Air ev Standard Range dipatok di harga Rp 250 juta, sedangkan varian Long Range di angka Rp 300 juta. Harga ini sendiri merupakan harga estimasi untuk wilayah DKI Jakarta.

Loading