Sukses

Belum Meluncur, Suzuki S-Presso Dapat Penyegaran di India

Otosia.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diketahui tengah menyiapkan peluncuran Suzuki S-Presso di Indonesia. Mobil kecil bergaya SUV itu diposisikan sebagai pengganti LCGC Karimun Wagon R yang disuntik mati menjelang akhir tahun lalu.

Suzuki S-Presso pertama kali dikonfirmasikan akan masuk ke Indonesia melalui spyshot truk angkut sedang membawa kumpulan S-Presso di kawasan Tanjung Priok. Kemudian informasi tersebut dikonfirmasi oleh salah satu diler Suzuki yang berada di Jakarta Timur.

Pasalnya mobil ini sudah bisa dipesan dengan besaran Down Payment (DP) di kisaran 20%. "Sudah bisa open inden. DP-nya bisa di angka 20%," ungkap tenaga penjual diler Suzuki tersebut kepada Otosia.com, Selasa (12/7/2022).

Video Paling Dicari saat Ini

Penyegaran mesin

Meski belum meluncur di Indonesia, mobil yang sama di India baru saja menerima penyegaran. Melansir autocarindia.com, Rabu (20/7/2022), Maruti Suzuki memberikan serangkaian upgrade, mulai dari sektor performa hingga kumpulan fitur baru.

Perubahan paling mencolok terletak pada jantung pacunya. Suzuki S-Presso kini di negeri Bollywood kini disematkan mesin baru berkode K 10C yang menghasilkan output 67 hp dan torsi 89 Nm.

Torsi mesin tercatat berkurang 1 Nm dibanding model sebelumnya. Namun mesin tersebut tetap menyalurkan tenaga ke roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi manual 5 percepatan atau Auto Gear Shift (AGS) 5 percepatan.

S-Presso juga disematkan teknologi Idling Start Stop (ISS) yang mematikan mesin pada saat mobil berada di kondisi stasioner. Dengan adanya ISS, Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar menjadi lebih baik di angka 25.30 km/l untuk varian dengan girboks AGS dan 24.76 km/l untuk S-Presso bertransmisi manual.

Fitur keselamatan baru

Mobil dengan nama kopi ini juga mendapatkan penambahan fitur di sektor keselamatan. S-Presso kini dilengkapi dengan fitur Electronic Stability Program (ESP) yang mengurangi gejala ban selip saat berakselerasi atau menikung.

Adapun tambahan peranti Hill Hold Assist (HHA) yang dipasangkan pada S-Presso matic. Alat ini mempermudah pengemudi di tanjakan dengan cara menahan mobil sekitar 3-5 detik, guna memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas untuk menanjak.

Fitur baru lainnya mencakup spion elektrik adjustable dan filter udara interior baru. Selebihnya mobil ini tetap mempertahankan paket fitur keselamatan yang sama, di antaranya sepasang airbags, ABS, EBD, serta sensor parkir belakang.

Beda spesifikasi

Penyegaran Suzuki S-Presso di India membuat mobil tersebut lebih canggih dan meningkatkan value for money. Meski terbilang ideal, belum tentu S-Presso versi Indonesia kelak mendapatkan spesifikasi yang sama.

Hal ini berkaitan dengan kebutuhan dan permintaan dari pasar. PT SIS akan melakukan riset dan menentukan spesifikasi seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Lantas bisa jadi S-Presso yang diluncurkan nanti mendapatkan upgrade yang sama.

“Setiap produk Suzuki yang di masuk ke market Indonesia pasti disesuaikan untuk market Indonesia. Jadi, spesifikasi mungkin saja berbeda dengan versi global,” ujar Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS kepada Otosia.com, Rabu (20/7/2022).

Loading