Sukses

Suzuki S-Presso Bakal Resmi Meluncur di GIIAS 2022? Begini Penampakan Kerennya

Otosia.com, Jakarta Sebuah siluet mobil SUV kompak belakangan diunggah oleh akun Instagram Suzuki Indonesia @suzuki_id. Mobil tersebut memiliki konsep mungil dengan dua baris tempat duduk.

Selain itu, terdapat keterengan "Are You Ready to Step Up Your Game?" menjadi sorotan utama.

Tanggal peluncurannya pun sudah diterangkan, yakni 11 Agustus 2022.

Melihat kalender event 2022, tanggal tersebut kemungkinan besar berbarengan dengan digelarnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Siapakah sebenarnya mobil ini?

Sebelum GIIAS 2022

-

Desas-desus kehadirannya sangat dekat dengan sosok Suzuki S-Presso, SUV mungil yang ditengarai hadir untuk menyasar pasar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Selain dipublikasikan secara resmi, mobil ini sebelumnya juga kedapatan tengah diangkut di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

-

Kumpulan S-Presso yang diangkut mempunyai banyak kemiripan dengan mobil yang dijual di Filipina. Lebih tepatnya dari penggunaan pelek berukuran 12 inci dengan machine finish two tone alloy.

Meski belum meluncur secara resmi, Suzuki S-Presso terpantau sudah bisa dipesan di beberapa diler sekitar Jakarta. Salah satu diler Suzuki di area Jakarta Timur menjelaskan bahwa keran pemesanan sudah dibuka dengan Down Payment (DP) sebesar 20%.

-

"Sudah bisa open inden. DP-nya bisa di angka 20%," ungkap tenaga penjual diler Suzuki tersebut kepada Otosia.com, Selasa (12/7/2022).

Sementara diler lainnya menawarkan paket promo menarik, yakni booking fee sebesar Rp 1 juta. Pasalnya promo tersebut memberikan potongan terhadap DP yang akan dibayarkan kelak, bukan pemotongan harga mobil.

Selain itu calon konsumen juga bisa mendapatkan tambahan aksesori seperti pemasangan kaca film gratis.

"Sudah bisa pesan (Suzuki S-Presso), booking fee-nya Rp1 juta saja buat mengamankan promo inden. Tidak ada (diskon harga OTR), arahan dari atas hanya potongan DP. Tapi kita ada gift untuk konsumen, seperti misalnya pemasangan kaca film gratis," terang salah satu wiraniaga Suzuki seperti dikutip dari oto.com, Selasa (12/7/2022).

Spesifikasi Suzuki S-Presso

Sekadar informasi, Suzuki S-Presso mulai diperkenalkan di India pada tahun 2019. Mobil ini dipasarkan sebagai "micro SUV" atau "mini crossover", lantaran memiliki tampilan layaknya mobil SUV dan ground clearance mencapai 180 mm.

Mobil ini menjadi pilihan ideal bagi para peminang mobil SUV dengan dana terbatas. Sebagai contoh di Filipina, S-Presso varian GL dibanderol 563.000 PHP atau Rp 155,5 juta (dengan kurs 1 PHP = Rp 276,22).

Sudah Dipatenkan

Harga S-Presso bisa ditekan lantaran Suzuki hanya menyamatkan fitur yang terbilang biasa saja, seperti AC, head unit layar sentuh, speedometer, setir polos tidak bertombol, ABS, sensor parkir belakang, dan sepasang airbags di dasbor.

Suzuki S-Presso tidak memerlukan mesin yang besar dan bertenaga. Merek asal Jepang itu cukup membenamkan mesin 998cc K10B yang menghasilkan output 67 hp dan torsi 90 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau girboks Auto Gear Shift (AGS) dengan jumlah gigi yang sama.

-

Rupanya diam-diam PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) susah mematenkan Suzuki S-Presso. Paten ini terlihat pada daftar kendaraan baru di situs resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Nomor paten permohonannya adalah DID2021020609.

"Kita belum bisa kasih full informasinya ya. Tapi kami memang selalu meluncurkan produk setiap tahun sebagai salah satu upaya menstimulus pasar otomotif di Indonesia. Info resminya pasti akan kami berikan jika sudah saatnya," ujar Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS.

Loading