Sukses

Konsumsi BBM All New Daihatsu Xenia Tembus 17 km/liter

Otosia.com Sebelum meluncurkan All New Daihatsu Xenia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan berbagai macam pengetesan untuk memastikan segala aspek mobil itu dalam kondisi sempurna saat diterima oleh konsumen. Salah satu pengetesan tersebut adalah mengukur konsumsi bahan bakar mobil.

Bambang Supriyadi, Technical Service Division Head ADM, mengatakan bahwa model Daihatsu Xenia yang digunakan untuk pengetesan adalah Xenia 1.300cc CVT dan Xenia 1.500cc CVT. Tidak hanya itu, ADM juga melakukan pengetesan yang sama dengan kompetitor terdekatnya yang diberi nama mobil model X 1.5 dan E 1.5.

Pengetesan dilakukan pada lintasan R&D Test ADM di Karawang, menggunakan standar New European Driving Cycle (NEDC) di mana mobil berjalan di kecepatan 60 km/jam dan 100 km/jam. 

 

 

 

 

 (kpl/dit)

Next

Tidak hanya itu, ada beberapa ketentuan lain seperti beban pada mobil, temperatur lingkungan, tipe bahan bakar yang digunakan serta diuju selama tiga kali berturut-turut.

"Beban mobil ditentukan, di mana (beban) mobil sendiri plus 160 kg. Lalu ambient lingkungan itu 32 derajat celcius dan menggunakan bahan bakar oktan 92. Terakhir pengetesan dilakukan tiga kali dan diambil rata-ratanya," ungkap Bambang pada sesi media test drive All New Daihatsu Xenia baru-baru ini.

Next

Xenia paling irit

Konsumsi BBM All New Daihatsu Xenia dibanding kompetitornya (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Dari pengetesan tersebut, Daihatsu Xenia 1.3 CVT mencatat angka konsumsi BBM sebesar 29,9 km/liter pada kecepatan 60 km/jam dan 17,7 km/liter di kecepatan 100 km/jam. Sedangkan model 1.5 CVT mencapai angka 29,3 km/liter di kecepatan 60 km/jam dan 17,5 km/liter pada kecepatan 100 km/jam.

Di sisi lain, rival dengan nama X 1.5 mencapai 24,2 km/liter dalam kecepatan 60 km/jam dan 16,3 km/liter pada kecepatan 100 km/jam. Lalu kompetitor konsumsi BBM E 1.5 adalah 23,2 km/liter di kecepatan 60 km/jam dan 15,2 km/liter pada kecepatan 100 km/jam.

Next

Bambang menambahkan, konsumsi BBM tersebut disebabkan beberapa faktor. Pertama adalah penggunaan sasis baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang selain lebih rigid, juga lebih ringan.

Lalu kedua adanya transmisi CVT yang lebih efisien, dan terakhir adalah desain barunya yang lebih aerodinamis dibanding model sebelumnya. Hal ini membantu mengurangi hambatan angin dan menekan pemakaian bahan bakar.

"All New Daihatsu Xenia menjadi paling irit karena penggunaan sasis DNGA yang lebih kuat dan ringan, pemakaian teknologi CVT buatan Daihatsu yang lebih efisien, serta desain baru yang lebih aerodinamis," ujar Bambang.

Next

Daftar konsumsi BBM

Berikut adalah daftar konsumsi BBM All New Daihatsu Xenia dan kompetitornya pada kecepatan 60 km/jam:

Mobil

Rata-rata Konsumsi BBM di 60 KM/jam

Xenia 1.3 CVT

29,9 km/liter

Xenia 1.5 CVT

29,3 km/liter

Rival X 1.5

24,2 km/liter

Rival E 1.5

23,2 km/liter

Next

Berikut adalah daftar konsumsi BBM All New Daihatsu Xenia dan kompetitornya pada kecepatan 100 km/jam:

Mobil

Rata-rata Konsumsi BBM di 100 KM/jam

Xenia 1.3 CVT

17,7 km/liter

Xenia 1.5 CVT

17,5 km/liter

Rival X 1.5

16,3 km/liter

Rival E 1.5

15,2 km/liter

Next

Loading