Sukses

Beda Rp 6 Juta, Pilih Mitsubishi Xpander Sport CVT atau Toyota Avanza G TSS?

Otosia.com New Mitsubishi Xpander dan All New Toyota Avanza meluncur dalam waktu berdekatan menjelang GIIAS 2021 lalu. Keduanya bersaing ketat memperebutkan siapa yang menjadi LMPV terbaik di Indonesia.

New Xpander mengalami perubahan cukup signifikan dari sisi eksterior hingga interior, sedangkan Avanza berganti model secara total, bahkan menjadi penggerak roda depan (FWD).

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

Yang menarik, harga kedua LMPV ini cukup berdekatan. Sebagai contoh adalah New Xpander Sport CVT dan Toyota Avanza G TSS. Kedua mobil itu hanya memililki selisih harga Rp 6 jutaan.

Dengan harga tidak jauh berbeda, mana yang lebih baik antara keduanya? Menarik untuk dilihat apa saja kelebihan dan kekurangan keduanya.

Eksterior

Mitsubishi Xpander Sport (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Mulai dari bagian luar. Kedua mobil itu hadir dengan tampilan berbeda. Toyota Avanza mengusung tampilan baru di mana lampu depan maupun belakang dibuat lebih pipih. Dibanding model sebelumnya, Avanza terbaru ini terlihat lebih modern dan minimalis.

Di sisi lain Mitsubishi Xpander memboyong bahasa desain andalannya. Mobil nampak tough dan tegas dengan penyematan lampu depan belakang T-shape design dan bumper bentuk baru. Sayangnya, pelek untuk model sport sudah tidak lagi two tone seperti model sebelumnya.

Secara fitur, kedua mobil ini cukup mumpuni. Xpander dan Avanza sama-sama dilengkapi pencahayaan LED, antena sirip hiu, dan lampu kabut halogen.

Interior

Interior All New Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander Sport (Istimewa)

Lantaran "All New", Toyota Avanza diberikan kabin dengan desain baru. LMPV dengan sebutan "mobil sejuta umat" itu kini mendapatkan interior segar, di mana dasbor kini lebih modern dan berbeda dibanding generasi sebelumnya.

Fitur pada mobil ini juga jauh lebih komplet, seperti head unit floating, speedometer baru dengan MID berwarna, keyless entry dengan tombol start stoparmrest di baris pertama dan kedua, kursi dengan mode “sofa”, serta ruang kabin yang lebih luas.

Next

Sementara interior Xpander hadir lebih berkelas dibandingkan model sebelumnya. Meski masih tergolong facelift, LMPV itu kini mempunyai dasbor dan nuansa kabin yang lebih mewah berkat banyaknya penggunaan panel-panel soft touch.

Selain mendapatkan rombakan besar di interior, New Xpander juga disematkan fitur-fitur baru, seperti head unit floating, AC digitial, armrest depan dan belakang, keyless entry dengan tombol start-stop, serta motif baru di bagian tengah jok.

Keselematan dan performa

All New Toyota Avanza G (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Untuk urusan keselamatan, Avanza model G CVT TSS sudah dilengkapi 6 airbags dan Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup Lane Keep Assist (LKA), Blind Spot Monitoringi (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Pre-Collision System dan sebagainya.

Sedangkan New Xpander dibekali dual airbags, ABS, EBD, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC), serta  rem parkir elektrik dan auto hold.

Next

Performa mesin di antara kedua mobil keluarga ini tidak berbeda jauh. Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza sama-sama mengusung mesin 1.500cc bertransmisi CVT yang menyalurkan tenaganya ke roda depan.

Bahkan tenaga keduanya beda tipis. New Xpander menghasilkan output 105 PS dengan torsi 141 Nm, sedangkan Avanza menyemburkan tenaga sebesar 106 PS dengan torsi 141 Nm.

Untuk harga Mitsubishi Xpander Sport CVT dibanderol Rp 270.440.000 dan Toyota Avanza G TSS dijual Rp 264.400.000. Dengan selisih harga sekitar Rp 6 jutaan, mending Xpander atau Avanza?

Loading