Sukses

Penjualan Mobil Bekas Meningkat, MPMX Perkuat Bisnis Lelang Kendaraan

Otosia.com, Jakarta PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) mengumumkan perubahan bisnis dan restrukturisasi di PT Mitra Pinasthika Mustika Rent sebagai langkah lanjutan pasca penandatanganan kemitraan strategis MPMX dan CARRO yang dilakukan pada tanggal 31 Mei 2022 lalu.

Perubahan tersebut akan memperkuat pemberian produk dan layanan di pasar otomotif, termasuk memberikan akses ke lebih banyak pilihan mobil bekas berkualitas yang tersedia.

Kedua perusahaan diharapkan menghadirkan kolaborasi strategis yang dapat memberikan dampak positif bagi para pemangku kepentingan dan pengembangan ekosistem digital yang dimiliki Perseroan.

 

Sebelum GIIAS 2022

Bisnis Lelang Kendaraan

MPMX akan mengoptimalkan pemanfaatan Balai Lelang MPMRent (AUKSI) yang terus menunjukkan peningkatan, baik dari nilai penjualan mobil bekas maupun jumlah peserta lelang.

Dengan manfaatkan kekuatan AUKSI maka bisnis lelang otomotif CARRO Wholesale akan digabungkan ke dalam AUKSI, termasuk pemindahan seluruh jaringan diler mobil bekas dari CARRO Wholesale ke AUKSI.

AUKSI juga akan diperkuat dengan kumpulan data historis (big data) seperti pergerakan lelang, algoritma harga, serta data dan analisa lain yang dimiliki CARRO Wholesale yang akan digunakan untuk peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) dalam proses bisnis AUKSI.

Aplikasi Digital

Selain itu sistem lelang online nantinya akan diperkuat dengan infrastruktur CARRO Wholesale. Termasuk didalamnya aplikasi digital, dan backend system untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman lelang online yang lebih baik lagi bagi pelanggan.

"Kombinasi antara kekuatan jaringan dan jangkauan yang dimiliki MPMX dan keahlian teknologi yang dimiliki CARRO akan memperkuat nilai bagi pelanggan melalui platform dengan skala yang jauh lebih besar, untuk menyediakan ekosistem end-to-end bagi konsumen di Indonesia, termasuk sewa kendaraan, lelang otomotif, online automotive marketplace, asuransi, serta pembiayaan otomotif," ujar Ivan Hindarko, Group Chief Operating Officer MPMX.

Konsolidasi ini ditargetkan untuk meningkatkan secara signifikan volume penjualan mobil bekas dan kinerja bisnis AUKSI. Hal ini juga didukung dengan rencana pembukaan cabang baru AUKSI di beberapa kota besar pada tahun ini.

Perubahan Lainnya

Sementara perubahan lainnya, platform penjualan mobil bekas ritel (B2C) OtoDeals yang diluncurkan MPMX di akhir tahun 2021 akan disatukan dengan platform CARRO yang telah memiliki basis marketplace otomotif terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Strategi ini juga membuka akses pelanggan yang lebih luas dan potensi bisnis yang lebih besar untuk bisnis asuransi dan pembiayaan otomotif MPMX dengan dukungan ekosistem CARRO.

Kedua perusahaan akan memastikan pelaksanaan yang tepat dari integrasi ini dengan tetap mengutamakan customer journey yang terbaik bagi end user yang merupakan customer berharga bagi perseroan.

"Perubahan ini dilakukan untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kekuatan masing-masing perusahaan, baik dari sisi MPMX maupun CARRO," tutup Ivan.

CARRO Sedot 50% Saham MPM

Perusahaan consumer otomotif dan transportasi PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) mengumumkan penandatanganan perjanjian jual beli dengan Trusty Cars Pte Ltd (CARRO). CARRO sendiri merupakan perusahaan teknologi di Singapura.

Investasi ini menandai dimulainya kemitraan antara MPMX, grup otomotif, transportasi dan mobilitas dengan CARRO untuk menyediakan ekosistem end-to-end bagi konsumen di Indonesia, termasuk online marketplace, pembiayaan, sewa kendaraan, layanan perbaikan, dan layanan purna jual.

CARRO menjadi pemegam saham 50% PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent) dengan nilai investasi sebesar Rp 783,8 miliar.

"Ini merupakan babak baru yang penting dan menarik bagi MPMRent dimana kemitraan ini akan menciptakan ekosistem otomotif online dan offline (O2O) terintegrasi yang unik di Indonesia dengan penawaran produk dan layanan lengkap bagi konsumen kami mulai dari marketplace, rental, pembiayaan hingga asuransi yang melayani pasar B2B dan B2C," ujar Suwito Mawarati, Group Chief Executive Officer MPMX.

Loading