Sukses

Hino Kenalkan Sederet Bus "Pelawan" COVID-19, Punya Laboratorium Khusus

Otosia.com PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memperkenalkan line up bus untuk melawan pandemi COVID-19. Line up kendaraan tersebut diluncurkan di Hino Total Support Centre yang berlokasi di Jatake, Tangerang, Selasa kemarin (16/2).

Line up yang diluncurkan tersebut adalah Hino Flexicab Microbus dengan bodi ambulans dan bodi mobile PCR Lab. Sementara sisanya adalah Hino Bus R260 yang disulap oleh pemiliknya PO Sumber Alam menjadi Bio Smart & Safe Bus, dan Hino FC Bus dengan aplikasi Mobile Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab. 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr)

Next

Hino Flexicab hadir dengan aplikasi ambulans untuk membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19. Microbus 4 roda ini bermesin 4.000 cc dengan tenaga 110 PS. kendaraan ini hadir dengan ruang kabin yang luas dan sasis lebih panjang.

Hino Flexicab turut dilengkapi dengan suspensi khusus bus, floating body mounting dan stabilizer depan mampu memberikan kenyamanan dan kestabilan bagi pengendara dan penumpang di dalam nya, termasuk bagi pasien yang berada di dalam ambulans ini.

Next

Bio Smart & Safe Bus

Hino Flexicab memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) atau berat total kendaraan yang besar untuk membawa banyak muatan, termasuk dapat digunakan sebagai PCR Lab berjalan.

"Kendaraan ini sangat membantu pemerintah dalam meredam pandemi Covid-19 untuk tracing atau mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus COVID-19," kata Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) Director HMSI.

Next

Sementara Hino Bus R260 Bio Smart & Safe Bus tidak hanya menerapkan kursi tempat duduk physical distancing dengan konfigurasi 1-1-1 meter saja, namun diterapkan juga desain sirkulasi udara laminar vertikal pada kabin. Tujuannya untuk udara yang lebih bersih karena adanya penyedot di bawah kursi penumpang atau Inlet AC.

Udara yang keluar dari louver AC bisa langsung turun dan terhisap oleh inlet AC yang ada di bawah untuk kemudian disterilkan lagi dengan HEPA filter dan UV-C light untuk menjadi udara yang lebih bersih.

Next

Hino Bio Smart dan FC Bus

Bus Hino Bio Smart & Safe Bus ini turut juga disemprotkan lapisan material Nano Silver pada seluruh permukaan interior bus untuk membunuh bakteri dan virus yang menempel di dalam bus. Serta pembagian masker herbal yang dibagikan untuk penumpang

“Bus ini memiliki konsep untuk mengatur bagaimana sirkulasi udara di kabin menjadi lebih bersih, aman dan tentu saja lebih sehat. Jadi virus yang berkeliaran di dalam kabin dapat tersedot ke bawah dan tersaring dengan baik untuk menjadi udara yang lebih bersih di dalam bus. Selain itu material Nano Silver juga memberikan proteksi tambahan bagi penumpang, karena partikel ini akan membantu membunuh bakteri atau virus-virus yang menempel di dalam bus,” ungkap Anthony Steven H, Owner PO Sumber Alam.

Next

Hino Flexicab, PCR Lab berjalan.

Sedangkan Hino FC Bus dijadikan sebagai Bus Bio Labratorium – Mobile PCR Lab. Menggunakan sasis Hino FC Bus, Bio Lab bus merupakan Mobile Lab yang didesain khusus mengikuti standar Biosafety Laboratory Level (BSL) II.

Bio Lab Bus didesain secara rinci dengan memperhatikan aspek keselamatan tenaga medis yang akan bekerja di dalamnya dan juga alur kerja beserta pembagian ruangan yang ditujukan untuk meminimalisir potensi kontaminasi terhadap sample.

Next

Bio Lab bus menerapkan jalur masuk dan keluar terpisah, dan di desain dengan ruangan laboratorium yang juga terpisah. Ruangan yang terdapat pada bus ini antara lain changing room untuk menggunakan APD, setelah itu masuk ke anteroom, extraction room untuk analisis sampel pasien suspek COVID-19, dan PCR room untuk melakukan analisis real time PCR.

Selain itu sirkulasi udara yang menggunakan Hepa Filter untuk menghasilkan tekanan negatif menghasilkan udara lebih bersih.

Loading