Sukses

Terpikir Punya Outlander PHEV Gara-Gara Bisa Jadi Genset, Simak Tips Simpel Rawat Baterainya

Otosia.com SUV Outlander PHEV jadi viral gara-gara keunikannya bisa punya fungsi menjadi genset. Segera terbayang ketika dia dipakai ke resor-resor atau bahkan menjadi "hero" di momen-momen tertentu.

Sebagai PHEV atau plug-in hybrid vehicle, fungsi baterainya yang berdaya 13,8 kWh 300 V dan merupakan ion litium mungkin merupakan hal baru dalam hal perawatan.

Sebenarnya pun perawatannya simpel. Kita cukup memantau antara lain ketika mobil ini lama di garasi.

“Jaga persentase baterai di 40 persen sampai 60 persen,” kata Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr)

Next

Atur juga mode power supply. Mode charging sendiri ada yang quick charging dan home charging. Gunakan arus rendah (home charging) saat mobil hanya parkir lama. Jika hanya bisa menggunakan quick charging, gunakan normal-charge setidaknya dua minggu sekali.

"Jika kondisi baterai menunjukkan baterai kosong atau “0”, harus diisi dayanya sampai naik," ujar Boediarto.

Next

 

Outlader PHEV bisa dimanfaatkan sebagai genset

Jika mengisi daya dari tenaga mesin dengan mengatur mode power supply ke status "READY" kemudian tunggu hingga mesin berhenti secara otomatis, selanjutnya matikan mode power supply dari sakelar motor listrik.

Ada satu yang unik soal baterai Outlander PHEV. Ketika posisi baterai kosong, maka secara otomatis sistem manajemen baterai akan menyalakan mesin yang bekerja untuk mengisi baterai. Ini dapat mencegah kerusakan pada baterai.

Next

Aktivasi mesin sebelum baterai kosong ini hanya bisa dilakukan selama kendaraan dalam kondisi hidup dan masih menyimpan bahan bakar di dalam tangki.

Satu hal yang mesti diperhatikan, hindari parkir di lokasi dengan temperatur tinggi dan terkena sinar matahari langsung. Lokasi yang panas akan mempengaruhi kapasitas baterai serta masa pakainya.

Perangkat charging sendiri sudah disediakan jika membeli Outlander PHEV. Jadi pemilik Outlander PHEV bisa isi daya dengan home charger. Namun, bisa juga isi baterai menggunakan mesin dengan memilih Charge Mode yang terdapat di konsol tengah.

Loading