Sukses

Tak Sama dengan Laki-Laki, Rider Perempuan Wajib Perhatikan Ini saat Naik Motor

Otosia.com Kini sepeda motor sudah menjadi salah satu alat transportasi pilihan kaum Hawa. Salah satu indikasinya sudah banyak terlihat di jalan raya wanita yang menggunakan sepeda motor dalam aktivitas harian.

Sedikit berbeda dengan pria, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian wanita ketika berkendara dengan motor di jalan raya.

"Dengan banyaknya pengendara motor wanita, mereka pun perlu menerapkan safety riding. Ada sejumlah poin yang perlu diperhatikan. Kami harapkan dapat ikut mendukung keselamatan berkendara yang sangat penting saat riding di jalanan," buka Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY), Johannes BMS. 

 

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/nzr)

Next

Yang pasti, lanjut Johannes, wanita juga wajib memakai safety gear yang lengkap, bahan nyaman dan ukuran yang pas agar tubuh terlindungi dengan baik.

Jangan lupa menggunakan sarung tangan dan hindari menggunakan sarung tangan satamo, agar pergerakan tangan lebih maksimal.

"Hindari menggunakan rok pendek atau ketat. Sebaiknya gunakan celana panjang atau rok panjang agar dapat melindungi kaki dengan maksimal," imbuhnya.

Next

Demi kenyamanan dan keamanan, hindari membawa tas di samping atau handbag agar tidak tersangkut kendaraan lain. "Pakailah sepatu dengan alas rata, atau sepatu sport. Hindari sepatu berhak tinggi agar tidak mengganggu keseimbangan saat berhenti," tukasnya.

Seperti banyak kasus pengendara wanita menggunakan sein kiri tapi berbelok ke kanan atau sebaliknya, Johannes kembali mengingatkan pentingnya berkonsentrasi saat berkendara agar tidak membahayakan dirinya dan pengendara lain.

"Gunakan lampu sein sesuai peruntukannya dengan tepat agar tidak membingungkan pengendara lain," tegasnya.

 

Next

Lalu saat membonceng buah hati, pastikan anak menggunakan safety gear yg lengkap. Posisikan anak di belakang pengendara, dan hindari membawa anak balita sendirian karena balita belum bisa menggunakan safety gear yang lengkap.

Khusus hijabers disarankan menggunakan jaket agar kerudung tidak berkibar dan menutupi lampu belakang.

"Pilih jalan yang aman, hindari jalan ramai seperti banyak truk dan pengendara yang berkendara kencang. Pastinya wajib konsentrasi dan jaga emosi. Terakhir, patuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas," pungkasnya.

Loading