Sukses

5 Daya Tarik All New Nissan LEAF

Otosia.com PT Nissan Motor Distribusi Indonesia (NMDI) secara resmi meluncurkan mobil listrik The All new Nissan LEAF, Rabu (18/8/2021). The All new Nissan LEAF ditawarkan dengan harga Rp 649 juta untuk opsi one tone dan Rp 651 juta untuk opsi dual tone.

Desain eksterior The All new Nissan LEAF terlihat tajam, dinamis dan aerodinamis. Di bagian depan, grille V-motion Nissan bernuansa warna biru jernih dengan lampu utama berbentuk boomerang di bagian depan dan belakang, termasuk pada Daytime Running Lights (DRL) berteknologi LED.

Sementara aksen pada bumper belakang berwarna biru, mengidentifikasinya sebagai mobil listrik Nissan.

Bagus Susanto, Nissan Representative Director NMDI menyebut sedikitnya ada 5 hal yang menjadi daya tarik All new Nissan LEAF untuk dimiliki. Mulai dari fitur, efisiensi, hingga garansi kendaraan.

Berikut 5 daya tarik All new Nissan LEAF:

 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr)

Next

1. Exciting drive

Motor Listrik yang diusung The All-New Nissan LEAF memuntahkan tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm. Hal ini membuatnya dapat berakselerasi 0 - 100 km/jam dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam.

"Yang menarik torisnya cukup besar 320 Nm, setara kendaraan mesin bensin 3,2L, cukup responsif. Torsi maksimum ini sudah mulai ada sejak detik-detik awal," kata Bagus.

Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion 40 kWh dan sanggup menjelajah sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya (charging) berdasarkan hasil tes New European Driving Cycle (NEDC). Ini artinya setara dengan penggunaan rata-rata harian 40 km selama satu minggu, hanya dengan satu kali pengisian penuh.

Next

2. Comfortable drive

Interior menyuguhkan tata letak yang terpusat pada pengemudi, dengan setir Flat-Bottom Sporty berlapis kulit dan dilengkapi tombol multifungsi. Panel instrument dengan layar 7 inci serta kursi berlapis kulit Alcantara.

Untuk sistem infotainmen, mobil ini mengusung headunit layar sentuh 8 inci, termasuk dengan koneksi Bluetooth, Voice Command, dan dapat terhubung dengan ponsel pintar melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Next

Digital cockpit (Nissan)

Selain itu Nissan LEAF terbaru memiliki kabin yang senyap, memberikan kenyamanan saat pengemudi menikmati sistem hiburan di dalam mobil.

"Sangat senyap. Tidak ada sama sekali suara mesin yang bisa terdengar. Ini akan membantu pengemudi menikmati lagu kesyangan yang dapat diputar dari infotainment system 8 inci, dengan Blueltooth Conectivity, Voice Command , Apple CarPlay maupun Android Auto," tukas Bagus.

Selanjutnya adalah penerapan Nissan Intelligent Driving pada The All new Nissan LEAF berupa penggunaan e-Pedal. Teknologi ini memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti hanya dengan satu pedal.

Ketika akselerator dilepaskan sepenuhnya, rem regeneratif dan friksi akan bekerja secara otomatis, membuat mobil berhenti total.

"Jadi pengemudi tidak perlu berpindah dari pedal gas ke pedal rem untuk memulai berjalan, mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan. Selain itu mengurangi stres akibat kemacetan, memberikan kesan sporti serta menyenangkan khususnya di jalan berliku atau naik turun," ujarnya.

Next

LEAF juga menawarkan ada 4 pilihan driving mode sesuai keinginan pengemudi. Pilihan D mode untuk mendapatkan respon dan performa berkendara yang paling optimal. Lalu B Mode, untuk mengaktifkan regenerative breaking yang berfungsi sebagai charging ke dalam beterai ketika mengendarai LEAF.

Ada Eco Mode, jika pengemudi menginginkan penghematan energi dan meningkatkan jarak tempuh. Terakhir adalah kombinasi B + Eco Mode untuk memakasimalkan jarak temput sekaligus regenaritive breaking.

Next

3. Active safety technology

Keselamatan berkendara merupakan salah satu tujuan utama orang membeli mobil listrik. Nissan LEAF telah dilengkapi beragam fitur keselamatan aktif.

"Misalnya Forward Collision Warning (FCW) dan Forward Emergency Braking (FEB) digabung, akan bekerja secara aktif memberi peringatan atas risiko terjadinya tabrakan dengan obyek di depan. Meningkatkan pengeraman otomatis untuk menghindari tabrakan," jelasnya.

Covered with black leather interior (Nissan)

Fitur keselamatan lainnya adalah Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA), Driver Attention Alert (DAA), Electronic Parking Brake (E-PKB), dan Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD).

"Intelligent Around View Monitor dengan with Moving Object Detection membantu pengemudi saat memarkir kendaraan, atau melihat situasi di sekeliling kendaraan," paparnya.

Next

4. Peace of mind

Nissan memeberikan beberapa garansi. Konsumen The All new Nissan LEAF akan mendapatkan garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km, warranty untuk baterai selama 8 tahun atau 160.000 km serta bebas biaya perawatan selama 5 tahun atau 70.000 km.

Next

5. Exciting Ownership Experience

Ketika hendak membeli, salah satu pertanyaan yang paling umum dari calon konsumen LEAF adalah bagaimana mengisi baterai di saat fasilitas publik belum banyak tersedia.

Soal kekhawatiran ini Bagus Santoso menjelaskan. Dia menerangkan bahwa untuk pengisian daya, telah tersedia tiga metode.

"Secara prinsip, sama seperti bagaimana kita mengecas gadget kita. Di mana ada saluran listrik maka kita tentu bisa mengecas mobil kita. Nissan LEAF memiliki 3 pilihan metode pengisian atau charging," ungapnya.

Untuk standar charger menggunakan kabel portable yang sudah satu paket dengan LEAF. Metode ini akan menarik daya sebesar 3,3 kw atau memerlukan waktu sekitar 12-15 jam untuk pengisian baterainya.

Kedua Home Charger. Selama periode promosi launching setiap konsumen mendapatkan gratis Home Charger yang dapat dipasangkan di rumah atau kontor sesuai pilihan. Metode pengisian ini menarik daya antara 6,6 kw sampai 7,4 kw.

"Untuk pengisian home charging kami bekerjasama dengan PLN. Ada diskon 30% ketika mulai melakukan pengisian baterai mulai pukul 10 malam sampai 5 pagi," terang Bagus.

Next

Alternatif ketiga adalah Quick Charger di fasilitas pengisian publik atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Di tempat ini hanya membutuhkan waktu 40 sampai 50 menit untuk pengisian baterai.

Selain itu, pemilik Nissan LEAF akan mendapatkan privilege parkir di lokasi-lokasi tertentu. Bahkan gratis di beberapa Mall.

"Bebas aturan Ganjil-Genap, dan efisien biaya operasional serta hemat biaya pajak kendaraan. Contoh untuk sampai 100 km, maka ongkos listrik hanya sekitar Rp 18.600, ini belum termasuk diskon 30% oleh PLN, dibandingkan bensin biayanya adalah sekitar Rp 100 ribu," tutup Bagus.

Loading