Sukses

Malaysia dan Vietnam Rakit Xpander, Mitsubishi Tegaskan Nasib Ekspor dari Indonesia

Otosia.com Mitsubishi Xpander saat ini menjadi salah satu kendaraan favorit low MPV di Indonesia. Fakta bahwa kendaraan keluarga rasa SUV ini dirakit di dalam negeri menambah rasa tersendiri bagi marketnya di Tanah Air.

Namun catatan terkini menunjukkan beberapa negara di luar Indonesia sudah memproduksi sendiri Mitsubishi Xpander.

Malaysia dan Vietnam tercatat sebagai produsen, sementara saat ini Xpander Indonesia diekspor untuk memenuhi permintaan luar negeri.

 

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr)

Next

Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Tetsuhiro Tsuchida, mengatakan bahwa produksi di dua negara itu terbatas.

"Tentunya kami dari MMKSI tidak bisa berkomentar mewakili MMC mengenai global policy mereka. Namun, posisi Indonesia bisa dikatakan, sekarang Xpander dirakit di Indonesia, tapi juga di Vietnam dan Malaysia dengan volume yang sangat terbatas," ujarnya.

Next

Satu fakta yang diungkapkan oleh Tetsuhiro Tsuchida adalah komponen-komponen untuk produksi tersebut tetap berasal dari Indonesia.

"Walaupun kendaraan dirakit di Vietnam dan Malaysia tapi komponen Xpander tetap diproduksi di Indonesia. Ini kan Mitusbishi Indonesia masih tetap berkontribusi pada peningkatan perdagangan internasional," kata dia.

Next

Xpander sendiri mulanya diproduksi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Melalui proses awal yang dimulai pada September 2017 lalu itu, MMKSI kemudian mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi basis produksi.

Permintaan terhadap Xpander kemudian membeludak. Kapasitas pabrik pun dinaikkan dari 160.000 unit menjadi 200.000 unit per tahun.

Next

Tetsuhiro Tsuchida pun mengatakan bahwa dengan catatan-catatan di atas, ekspor Mitsubishi dari Indonesia ditegaskannya akan bertambah terus.

"Tujuan ekspor selalu bertambah dari tahun ke tahun. Kalau berkurang, tidak, karena ekspor Indonesia semakin bertambah tiap tahun. Ke depannya akan bertambah terus," ujarnya.

Loading