Sukses

Perlu Kamu Tahu, Ada Ban Mobil Terbuat dari Kedelai dan Padi

Otosia.com Teknologi otomotif terus berkembang dengan cepat. Beragam inovasi telah banyak dilahirkan industri otomotif, termasuk dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan. Bukan hanya bahan bakar, ban pun ada yang memanfaatkan tanaman dalam produksinya.

Di luar karet, kini Goodyear menggali potensi material ramah lingkungan dalam pengembangan produknya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kedelai yang diaplikasikan pada produknya.

Minyak kedelai dimanfaatkan sebagai senyawa di dalam tapak ban. Selain ramah lingkungan, kandungan minyak kedelai diklaim dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi konsumsi energi, serta dapat meningkatkan kelenturan ban, meningkatkan traksi terutama di suhu rendah, hujan dan salju.

Tumbuhan lain yang juga dimanfaatkan adalah padi. Dalam proses pembuatan silika, sekam padi dipergunakan untuk menghasilkan abu pembakaran seperti halnya dilakukan dengan berbasis pasir secara tradisional.

 

 

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/nzr)

Next

"Abu silika dari sekam padi membantu memberikan kinerja yang serupa tetapi dengan dampak lingkungan yang lebih kecil karena penggunaan sumber yang terbarukan," kata Wicaksono Soebroto, Head of Communication Goodyear Indonesia.

Menurut dia, eksplorasi terhadap material ini terus dilakukan Goodyear dengan menggandakan penggunaannya di tahun 2021, dari angka 74 persen di tahun 2019.

Material lain yang diriset Goodyear adalah kembang dandelion. Randa tapak atau bunga Jombang (taraxacum oficinale) menjadi beken karena akarnya yang ditengarai memiliki getah karet.

 

 

Next

Tanaman tersebut kini berada dalam fokus pengembangan Goodyear Program of Exellence in Natural Rubber Alternatives (PENRA). Dalam riset, getah karet dandelion dapat dipanen dalam waktu enam bulan, jauh lebih cepat daripada masa panen karet tradisional.

Sementara bioisoprene merupakan karet sintetis yang dihasilkan dari proses kimia, hasil kerjasama atara DuPont Industrial Biosciences dan Goodyear.

"Tujuannya menghasilkan karet sintetis berkualitas tanpa harus bergantung pada bahan baku berbasis minyak bumi, sehingga membantu mengurangi jejak karbon Goodyear," ungkapnya.

 

Loading