Sukses

Bayangkan Harga Pertalite Jadi Rp17.100, Jokowi: Demonya Berapa Bulan?

Otosia.com, Jakarta Saat ini kondisi ekonomi di dunia tengah sulit. Bahkan, menurut Presiden Joko Widodo, 320 juta orang di dunia kini tengah dilanda badai kelaparan akut.

“Saya sampaikan apa adanya karena posisi pertumbuhan ekonomi bukan hanya turun tapi anjlok semuanya, Singapura, Eropa, Australia, Amerika, semuanya,” katanya dalam acara Silaturahmi Nasional PPAD 2022 di Sentul Bogor Jawa Barat, Jumat (5/8).

Dia menambahkan, saat ini pertumbuhan ekonomi turun tapi inflasi menyebabkan harga-barang barang mengalami kenaikan. Seperti Amerika Serikat, yang biasanya hanya mengalami inflasi 1 persen, tapi hari ini di posis 9,1 persen.

 

Sebelum GIIAS 2022

Demo Berapa Bulan?

Jokowi mengungkapkan, dampak inflasi tersebut, harga bahan bakar minyak di Amerika Serikat mengalami kenaikan dua kali lipat. Kondisi serupa juga dialami Eropa.

“Coba di negara kita bayangkan Pertalite naik dari Rp7.650, harga sekarang kemudian jadi harga yang bener Rp17.100, demonya berapa bulan? Naik 10 persen saja demonya saya ingat, demonya 3 bulan kalau naik sampai 100 persen lebih demonya akan berapa bulan?” ujarnya.

Karena itulah pemerintah terus berupaya untuk mengendalikan kondisi ekonomi agar hal buruk tersebut tak pernah terjadi. Salah satu caranya memberikan subsidi harga BBM, sehingga harapannya harga bahan pokok tak mengalami kenaikan.

“Karena begitu harga bensin naik, harga barang otomatis melompat bersama-sama, oleh sebab itu pemerintah mengeluarkan anggaran subsidi yang tidak kecil, Rp502 triliun yang tidak ada negara berani memberikan subsidi sebesar yang dilakukan Indonesia,” tutup Jokowi.

Penulis: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Loading