Sukses

Wuling Air ev Versi KTT G20 Ternyata Beda dari yang Dijual, Ada yang Dikurangi?

Otosia.com, Jakarta Wuling Motors (Wuling) mengumumkan keikutsertaan mereka dalam mendukung mobilisasi peserta G20 di Indonesia. Seiring masih hangatnya mobil listrik terbaru mereka, kendaraan yang akan disuguhkan adalah si kecil Wuling Air EV.

Jumlah total yang diumumkan adalah 300 unit dan menariknya mobil kecil ini akan disuguhkan secara berbeda.

"Perbedaannya secara detail nanti di acara GIIAS yah. (Secara garis besar saja) ada yang standar range dan long range," ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Ia enggan membahas detail mengenai perbedaan Wuling Air EV yang nantinya untuk masyarakat umum dan khusus perhelatan G20.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

Baterai

Namun ia menegaskan pula bahwa perbedaan yang diusung nantinya tidak hanya pada komponen baterai sebagai penunjang jarak tempuh, yang terbagi dalam standar range dan long range.

"(Lampu berbeda). Enggak cuma lampu, yang pasti paling dasar jarak tempuh, kapasitas baterai beda. Selain kapasitas baterai ada macam-macam," ujarnya. Wuling Air ev khusus G20 nampak memiliki lampu utama halogen, sementara untuk umum sudah LED.

Informasi perbedaan lain yang juga bocor adalah soal layar di dasbor Wuling EV. Secara ukuran, akan ada perbedaan antara unit untuk umum dan khusus G20.

"G20 kami akan support 300 unit. Tidak semuanya yang layar kecil. Nanti semua variannya ada. Ada varian tinggi dan varian rendah," kata dia seraya menyebut perbedaan lain adalah adanya hiasan gambar pada unit Wuling Air ev G20.

Apakah kemudian versi long range dari Wuling EV akan cenderung lebih banyak, ia pun tidak menjawab secara detail.

"Jumlah spesifik ikut kebutuhannya juga," tambahnya.

Bicara harga jual, Wuling Motors sebelumnya resmi membuka pre order untuk Wuling Air EV. Pembukaan untuk pesanan ini sudah dimulai pada 11 Juli 2022 lalu.

 

 

Produksi perdana Wuling Air ev

Sementara itu Wuling Motors secara resmi melakukan produksi perdana Wuling Air ev di pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat, Senin (8/8/2022) Ini merupakan pertama kalinya Wuling Motors memproduksi kendaraan listrik di Indonesia

Fasilitas pabrik Wuling di Cikarang akan mampu memproduksi sebanyak 10.000 unit kendaraan listrik, termasuk Wuling Air ev dalam setahun. Total produksi tersebut hanya diperuntukan untuk pasar dalam negeri.

Wuling Air ev merupakan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) terbaru yang dikembangkan oleh Wuling untuk dunia dan Indonesia menjadi negara pertama yang memproduksinya.

Produk  terbaru selaras dengan strategi dan kampanye global mengenai penghematan energi, pengurangan emisi, perlindungan terhadap lingkungan serta akselerasi elektrifikasi kendaraan di Tanah Air.

“Kami pun bangga bahwa kendaraan listrik hasil produksi putra putri Indonesia ini memiliki kualitas yang mampu berkompetisi di pasar domestik, namun juga mancanegara,” jelas Shi Guoyong selaku President Director Wuling Motors.

Kendaraan listrik pertama yang diproduksi di pabrik Wuling, Cikarang, Wuling Air ev ini didukung dengan rangka kokoh dan dibalut dengan desain eksterior future-tech yang memadukan unsur teknologi serta futuristis.

Dengan mengusung desain yang compact, Wuling Air ev dibekali kabin berkonfigurasi 4 seater yang nyaman serta beragam fitur cerdas. Wuling pun memastikan bahwa keamanan baterai di kendaraan listriknya ini terjamin sehingga konsumen dapat merasa tenang selama perjalanan. Pengisian dayanya dapat dilakukan di rumah saja.

Fasilitas produksi

Menerapkan Global Manufacturing System (GMS), Wuling memastikan bahwa pabriknya mampu untuk mencapai efisiensi proses produksi dan menghasilkan produk dengan kualitas baik. Pabrik Wuling di Cikarang ini didukung dengan empat fasilitas produksi dan terintegrasi dengan supplier park yang berada di dalam satu kawasan seluas 60 hektar.

Fasilitas tersebut terdiri dari Press Shop, area untuk memproduksi komponen rangka dan bodi melalui proses stamping yang canggih. Body Shop yang dirancang untuk menyatukan seluruh komponen rangka dan bodi dengan proses welding yang akurat.

Lalu ada Paint Shop untuk mengecat seluruh bodi mobil yang memenuhi syarat dengan teknologi cat terdepan. Kemudian, General Assembly yang dirancang untuk merakit seluruh komponen mobil, dan area terakhir adalah fasilitas pengujian kualitas untuk memastikan kualitas terbaik dari Wuling Air ev sebelum sampai ke tangan konsumen. 

Pertama kali diperkenalkan ke publik

Wuling Motors untuk pertama kali memamerkan tampilan luar mobil listrik mungil ini kepada publik pada acara Electrify Your World di Central Park, Jakarta, 1 Juni 2022 lalu.

Mobil EV yang resmi luncur pekan depan ini mengaplikasikan bahasa desain future-tech yang memadukan sentuhan masa depan dan teknologi. 

"Wuling telah menampilkan kendaraan listrik berbasis GSEV di berbagai ajang pameran otomotif di Tanah Air sejak tahun 2018 sebagai bentuk kesiapan Wuling dalam memasuki era elektrifikasi kendaraan di Indonesia dan dalam waktu dekat kami akan mewujudkannya," ujar Dian Asmahani Brand & Marketing Director Wuling Motors.

Dalam kegiatan pre-launch saat itu Wuling memamerkan sebanyak 5 unit Wuling EV yang mengaplikasikan pilihan warna menarik. Setelah dipamerkan di Central Park, Wuling Air selanjutnya tampil pada pameran kendaraan listrik PEVS yang berakhir Minggu kemarin di JIExpo Jakarta.

Loading