Sukses

Tanggapi Pernyataan Menteri Airlangga, Bos Wuling: Kami Tidak Banyak Omong

Otosia.com, Jakarta Wuling menjadi salah satu merek yang ambil bagian secara pedana memperkenalkan mobil listrik versi kecil melalui Wuling Air EV.

Kesan dalam mengusung teknologi pun semakin kental karena sebelumnya Wuling juga secara perdana memperkenalkan perintah suara bahasa Indonesia di tipe mobil mereka, yakni Almaz.

"Wuling yah, tidak banyak omong. Kami membawa teknologi, memberikan sebuah nilai berbeda di masyarakat, lewat internet of things, ADAS, dan membawa ke level baru," ujar Han Dehong, Vice President Wuling Motors dei sela-sela seremoni produksi perdana Wuling Air ev di pabrik Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

ADAS adalah singkatan dari Advanced Driver Assistance System. ADAS merupakan sekumpulan fitur untuk mendukung keselamatan berkendara, seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assistance (LKA) hingga Intelligent Cruise Assistance (ICA) + Traffic Jam Assistance (TJA).

Adapun Wuling Air EV sebagai kendaraan kecil listrik perdana untuk pasar Indonesia akan pula mendukung mobilisasi G20 di Indonesia dan mereka akan mengerahkan 300 unit Wuling Air EV dalam momen tersebut.

Video Paling Dicari saat Ini

Tidak banyak omong

Wuling Air EV sendiri merupakan mobil kecil untuk kebutuhan jarak yang dianggap sesuai dengan realitas masyarakat.

"Sekarang kami punya EV yang beda dengan nilai berbeda di market. Kami karakternya memang seperti itu, kami membawa nilai baru. Kami, perusahaan kami, tidak banyak omong-omong soal ini," kata dia, menanggapi pernyataan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, soal Wuling tidak banyak menuntut saat membuat mobil listrik di Indonesia.

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama, Menteri Menko Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto mengapresiasi langkah Wuling termasuk dalam menghadirkan kendaraan listrik.

Apresiasi itu disampaikan dalam pernyataan keikutsertaan Wuling terhadap gelaran G20 di Indonesia dengan menurunkan 300 Wuling Air EV untuk mendukung mobilisasi.

"Ini merupakan BEV (battery electric vehicle) yang diproduksi secara nasional dan (Wuling) tidak macam-macam, langsung diproduksi saja. Ini sekaligus membuktikan kebijakan yang diambil pemerintah sudah sangat tepat, dan berbeda dengan yang lain di sini lebih banyak kerja dari berbicara," kata Menko.

Produksi perdana Wuling Air ev

Sementara itu, Wuling Motors secara resmi melakukan produksi perdana Wuling Air ev di pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat, Senin (8/8/2022). Ini merupakan pertama kalinya Wuling Motors memproduksi kendaraan listrik di Indonesia

Fasilitas pabrik Wuling di Cikarang akan mampu memproduksi sebanyak 10.000 unit kendaraan listrik, termasuk Wuling Air ev dalam setahun. Total produksi tersebut hanya diperuntukan untuk pasar dalam negeri.

Wuling Air ev merupakan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) terbaru yang dikembangkan oleh Wuling untuk dunia dan Indonesia menjadi negara pertama yang memproduksinya.

 

Mampu Bersaing

Produk  terbaru selaras dengan strategi dan kampanye global mengenai penghematan energi, pengurangan emisi, perlindungan terhadap lingkungan serta akselerasi elektrifikasi kendaraan di Tanah Air.

“Kami pun bangga bahwa kendaraan listrik hasil produksi putra putri Indonesia ini memiliki kualitas yang mampu berkompetisi di pasar domestik, namun juga mancanegara,” jelas Shi Guoyong selaku President Director Wuling Motors.

Kendaraan listrik pertama yang diproduksi di pabrik Wuling, Cikarang, Wuling Air ev ini didukung dengan rangka kokoh dan dibalut dengan desain eksterior future-tech yang memadukan unsur teknologi serta futuristis.

Dengan mengusung desain yang compact, Wuling Air ev dibekali kabin berkonfigurasi 4 seater yang nyaman serta beragam fitur cerdas. Wuling pun memastikan bahwa keamanan baterai di kendaraan listriknya ini terjamin sehingga konsumen dapat merasa tenang selama perjalanan. Pengisian dayanya dapat dilakukan di rumah saja.

Fasilitas produksi

Menerapkan Global Manufacturing System (GMS), Wuling memastikan bahwa pabriknya mampu untuk mencapai efisiensi proses produksi dan menghasilkan produk dengan kualitas baik. Pabrik Wuling di Cikarang ini didukung dengan empat fasilitas produksi dan terintegrasi dengan supplier park yang berada di dalam satu kawasan seluas 60 hektar.

Fasilitas tersebut terdiri dari Press Shop, area untuk memproduksi komponen rangka dan bodi melalui proses stamping yang canggih. Body Shop yang dirancang untuk menyatukan seluruh komponen rangka dan bodi dengan proses welding yang akurat.

Lalu ada Paint Shop untuk mengecat seluruh bodi mobil yang memenuhi syarat dengan teknologi cat terdepan. Kemudian, General Assembly yang dirancang untuk merakit seluruh komponen mobil, dan area terakhir adalah fasilitas pengujian kualitas untuk memastikan kualitas terbaik dari Wuling Air ev sebelum sampai ke tangan konsumen.

Loading