Sukses

Toyota Vios Terbaru Meluncur, Ini Perubahannnya

Otosia.com, Jakarta Setelah beberapa kali tertangkap sedang tes jalan, All New Toyota Vios resmi diluncurkan di Thailand, Selasa (9/8/2022). Sedan ini mendapatkan perubahan total, mulai dari tampang hingga fitur yang disematkan.

Lebih dari itu, Toyota Vios terbaru mengusung platform dari Daihatsu New Global Architecture (DNGA), seperti Daihatsu Rocky dan Toyota Avanza/Veloz Sasis ini diklaim meningkatkan kenyamanan sekaligus performa berkendara.

Sekadar informasi Toyota Vios disebut sebagai Yaris Ativ di Thailand. Mobil ini dipasarkan dalam segmen sedan kompak layaknya Honda City dan Mazda 2 sedan.

 

Video Paling Dicari saat Ini

Eksterior

Melansir paultan.org, Rabu (10/8/2022), All New Toyota Vios tampil lebih sporti dan agresif dibanding model sebelumnya. Banyak bagian mobil ini memiliki desain serba tajam dan penuh lakukan.

Selain perbedaan desain, platform DNGA juga membuat ukuran Vios sedikit lebih besar, sekitar 5-10 mm di berbagai bagian. Lebih tepatnya dimensi baru dengan panjang 4.425 mm, lebar 1.740 mm dan tinggi 1.480 mm.

Namun jarak antar sumbu roda mobil ini mengalami peningkatan tertinggi, yakni 70 mm dibanding model sebelumnya. Alhasil wheelbase Vios terbaru tercatat di angka 2.620 mm. Secara keseluruhan mobil ini bisa dibilang sebagai versi kecil dari Corolla Altis, terutama dari desain fascia depan yang didominasi grill besar.

Kelengkapan eksterior mobil ini pun mumpuni, di mana lampu depan dan belakang sudah LED, pelek berwarna two tone, antena model sirip hiu, keyless entry, serta lampu sein berkedip secara sequential.

Interior

Interior Toyota Vios berubah total dibanding model saat ini. Mobil ini menerima desain kabin yang lebih mewah di mana head unit dibuat floating dan panel AC kini diletakkan pada panel terpisah di bawahnya.

Secara keseluruhan desain dasbor Vios terbaru terlihat lebih modern dan mirip dengan interior Mazda melalui penggunaan kombinasi warna hitam dan merah, head unit dan AC dibuat terpisah, serta dasbor serba minimalis.

Selain itu beberapa bagian sedan ini terlihat berasal dari Toyota Raize, seperti setir barunya, tuas transmisi di konsol tengah, panel AC digital, serta speedometer digital multifungsi dengan kombinasi knob.

Kombinasi interior warna merah hanya tersedia di model termahal. Varian lainnya mendapatkan warna hitam untuk bagian dasbor maupun kursi. Tipe tertinggi juga dipasangkan sistem audio 6 speaker buatan Pioneer.

Fitur keselamatan

New Toyota Vios juga mendapatkan upgrade di bidang keselamatan. Setiap model sudah dilengkapi airbags 6 buah, ABS, EBD, BA, Hill Hold Control (HHC), serta Vehicle Stability Control (VSC).

Lalu trim Smart disematkan kamera depan dan belakang, serta Toyota Safety Sense (TSS) dengan teknologi Lane Keep Assist dengan Steering Assist, Pre-Collision System, Pedal Misoperation Control dan Front Departure Alert.

Varian termahal Premium dan Premium Luxury mendapatkan paket keselamatan lengkap dengan tambahan rem belakang sudah cakram, ada rem parkir elektrik dan TSS mendapatkan tambahan fitur berupa Lane Trace Assist dan Dynamic Radar Cruise Control.

Performa 

Toyota Yaris Ativ di negeri gajah putih hanya tersedia dengan satu pilihan mesin dan transmisi. Setiap model dibenamkan jantung pacu 1.200cc Dual VVT-iE yang menghasilkan output 94 PS dan torsi 110 Nm.

Seluruh tenaga mobil disalurkan ke roda depan (FWD) melalui girboks otomatis bertipe Super CVT-i. Sedan ini diklaim mempunyai konsumsi BBM sebesar 23.3 km/l dan sudah memenuhi standar Euro 5.

Belum diketahui apakah Toyota Vios kedepan akan tersedia dengan mesin hybrid atau tidak.

Harga

Berikut daftar harga All New Toyota Yaris Ativ di Thailand dengan kurs 1 Baht = Rp 419,81:

Yaris Ativ 1.2 Sport CVT 539.000 Baht atau Rp 226,3 juta

Yaris Ativ 1.2 Smart CVT 584.000 Baht atau Rp 245,1 juta

Yaris Ativ 1.2 Premium CVT 659.000 Baht atau Rp 276,6 juta

Yaris Ativ 1.2 Premium Luxury CVT 689.000 Baht atau Rp 289,2 juta

Optional Package

Chiaro 8.690 Baht atau Rp 3,6 juta

Presto 17.500 Baht atau Rp 7,3 juta

Lusso 19.990 Baht atau Rp 8,4 juta

Loading