Sukses

Viral Video Dugaan Pungli Jalan di Kawasan Bogor, Diportal dan Bertarif

Otosia.com, Jakarta Pungutan liar (pungli) kepada pengendara sejauh ini masih marak terjadi di beberapa daerah. Biasanya para oknum akan mengenai sejumlah uang kepada pengguna jalan.

Baru-baru dugaan pungli pun viral di media sosial. Sejumlah pria membuat portal jalan dan para pengendara yang melintas harus membayar sejumlah uang.

Video yang memerlihatkan kejadian di Jalan Desa Kawasan Bogor ini diunggah oleh akun TikTok @pemeluk_luka pada sehari lalu. "Portal bertarif di jalan desa kawasan bogor," tulis akun tersebut.

Video Paling Viral saat Ini

Dugaan Pungli

Awalnya seorang pengendara mobil hendak melintas di sebuah desa, namun salah satu jalan diportal. Apesnya lagi portal tersebut bertarif, jika mau melewatinya harus membayar sejumlah uang.

"Setelah ngelewatin beberapa pungli kita kehabisan duit kecil," tulisnya.

Kemudian datang seorang pria yang meminta uang untuk membuka portal. Awalnya si pemobil memberi uang Rp2 ribu, namun pria tersebut meminta Rp5 ribu. Bahkan pria tersebut dengan nada bercanda meminta uang Rp10 ribu.

Setelah diberi uang yang diinginkan, portal jalan pun langsung dibuka. Kemudian pemobil langsung melanjutkan perjalanannya.

Bikin Geram

Video yang telah disukai lebih dari 71 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang geram dengan warga yang melakukan pungli tersebut.

"polisi mana polisi," tulis Bongglak

"sudah jelasnya kawan... dari mana penghasilan ormas tersebut," jelas Taufik Adhitia

"kayak kenal sama loreng ini😂😂😂, gak asing banget," ungkap Yogi Alviansyah452

"pentingnya pendidikan tidak males bekerja sejak dini," komentar Yo Ndak tauu

"selama ini masarakat nanya ormas oren kerja nya apa siapa yang gajih nah sekarang udah ada jawaban nya," tulis vca143ga.punya nama

Video

@pemeluk_luka #pemudapancasila #tentaraoren #pungli #fyp #fypシ ♬ suara asli - pernah bahagia

 

Pungli Masih Marak Terjadi, Para Sopir Truk Banyumas Curhat Langsung ke Ganjar Pranowo

Salah satu permasalahan yang dari dulu hingga sekarang masih ada adalah pungli ke sopir truk. Bahkan kerap kali hal ini dilakukan oleh oknum petugas yang seharusnya mengayomi para sopir.

Para sopir truk Banyumas pun mengeluhkan pungli ini. Mereka pun kemudian curhat langsung ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Video curhatan ini diunggah di akun Instagram pribadi @ganjar_pranowo pada Jumat (29/7/2022). Berikut ini ulasan lengkapnya!

Pungli Rp20 Ribu

Ketika berada di rumah makan, Ganjar Pranowo berjumpa dengan para sopir truk. Mereka pun kemudian mencurahkan keresahannya akan pungli yang masih marak dan salah satunya berada di Tol Palikanci.

"Minimal 20 ribu pak, iya tepatnya 50 ribu," kata sopir truk.

Kemudian mereka menerangkan ke Ganjar terkait modus pungli yang dilakukan. Menurut mereka modus lempar bungkus korek sudah tak dilakukan, kini berganti salaman.

"Salaman pak, seperti kondangan," kata sopir truk sambil tertawa.

Truk Dipasang Kamera

Rupanya pungli tak hanya terjadi sekali saja. Ketika berangkat atau pulang para sopir tetap dimintai sejumlah uang oleh oknum petugas.

Geram atas tindakan ini, Ganjar pun langsung berencana untuk memasang kamera di setiap truk. Bahkan ia juga berencana untuk menyamar sebagai kernet agar bisa memergoki langsung oknum-oknum nakal ini.

"Nyamar jadi kernet kan, terus waktu salaman uangnya dikasih pakai amplop. Sehat selalu pak, salam hormat dari Ganjar Pranowo," katanya.

Karena hal inilah Ganjar akan menindak tegas para pelaku pungli ini. Apalagi ia sendiri sudah memiliki data dan titik-titik rawan pungli kepada sopir truk.

"Ngobrol dan sharing dengan temen-temen sopir. Rupanya masih ada juga petugas yang nekat pungli," tulisnya.

"Hati-hati. Saya sudah punya data dan titik-titiknya dimana saja. Tobat sekarang atau saya sikat!," lanjutnya.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 53 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang berharap agar Ganjar Pranowo menindak tegas pelaku pungli.

"Sikat pak biar bersih," tulis psagalih

"Top pak GP 🔥🔥🔥, membantu wong cilik," jelas arintonug1970

"Sikat rak uwiss ndak tuman pak," komentar aditsdots

"Masya Allah Mabruk keren Pak Gubernur..Allohumma Sallimna..Allohumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad, Aamiin ya Allah , AL Faatihah," ungkap zakaria_khobir

"Sikat pakk, saran saya video muka sopirnya seharusnya diblur pak, supaya tidak diincar diluar sana sama oknum pungli pakk," tulis rival175

Loading