Sukses

Ayaxx Pamerkan Truk Damkar dengan Segudang Kecanggihan di GIIAS 2022, Harganya Sampai Rp 4 miliar

Otosia.com, Jakarta PT Pundarika Atma Semesta (Ayaxx) sebagai spesialis karoseri mobil pemadam kebakaran (damkar) dan emergency response turut meramaikan acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Merek ini memboyong berbagai truk pemadam kebakaran untuk GIIAS 2022, namun memfokuskan pengenalan satu produk baru yang dipajang pada Hall 8 ICE BSD-City, Tangerang selama GIIAS 2022 berlangsung.

Truk yang diboyong merupakan truk pemadam kebakaran untuk pertambangan, dirancang khusus berdasarkan kebutuhan kustomer dari PT Putra Perkasa Abadi.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

Warna

Truk khusus yang diboyong ke GIIAS 2022 ini tampil mencolok dengan penggunaan warna hijau muda. Hal ini terbilang menarik, lantaran truk damkar pada umumnya mengusung warna merah.

Hal ini dijelaskan oleh Waluyo Hadi, Factory Manager PT Pundarika Atma Semesta, di mana standar kendaraan damkar sedikit lebih fleksibel soal perkara warna. Pada dasarnya warna merah diwajibkan untuk kendaraan damkar pemerintahan.

“Regulasi dari pemerintah saat ini itu merah untuk unit yang beredar di jalan raya. Tapi untuk di area khusus, bisa memilih warna sendiri dan sesuai dengan image dari perusahaan itu sendiri,” beber Waluyo.

Spesifikasi

Truk pemadam kebakaran ini terbilang spesial, lantaran made by order berdasarkan kebutuhan dari konsumen. Damkar berkelir hijau ini mengambil basis dari Mercedes-Benz Axor Euro 4 2528 Single Cab terbaru.

Truk berkelir hijau ini merupakan Ayaxx Mining Twin Agent yang dilengkapi dua media tangki pemadam api. Pertama adalah air dengan kapasitas 10.000 liter dan kedua adalah busa yang berkapasitas 1.000 liter.

Yang menarik, truk terbaru ini bisa digunakan untuk memadamkan api melalui remote control. Dengan demikian setiap personel pemadam api bisa menjadi lebih aman saat bertugas.

“Unit ini bisa menyemprot sambil jalan. Dari nozzle tembaknya itu bisa dikontrol dari kabin dan bisa dikendalikan melalui wireless remote control. Jadi bisa dikontrol dari jarak jauh karena remote controlnya ini bisa menjangkau 70-100 meter masih bisa. Jadi kita bisa mengamankan orang atau personelnya,” jelas Waluyo.

Spesifikasi lain

Untuk truk ini sendiri, Waluyo menjelaskan bahwa kapasitas pompa yang terpasang pada unit ini mempunyai kapasitas 5.600 liter per menit pada hitungan 10 bar. Lalu kemampuan pompanya mencapai 25 bar.

Jarak semprotan horizontal bisa menjangkau 70-80 meter, sedangkan penyemprotan secara vertikal mencapai angka 50-60 meter.

Selain truk damkar pertambangan ini, Ayaxx juga memboyong dua truk lainnya dengan ukuran yang lebih kecil. Kedua truk itu masing-masing mempunyai kapasitas tangki pemadam api sebesar 4.000 liter dan 6.000 liter.

 

Sasis fleksibel

Ayaxx sendiri tidak terpatok pada satu merek saja. Kendaraan damkar yang mereka buat bisa menggunakan basis dari Hino, Iveco, Scania, Isuzu dan lainnya. Tergantung permintaan dari kustomer seperti apa.

“Kalau dari sasis bisa dari semua brand. Bisa brand dari Mercy, Scania, Iveco, Volvo itu semuanya bisa karena dari sasis yang menentukan itu dari kustomer. Nanti dari kita akan melakukan fabrikasi sesuai spesifikasi yang diminta oleh user. Jadi semua brand kita bisa,” lanjutnya.

Khusus truk pemadam kebakaran mining yang ditampilkan di GIIAS 2022, harganya terbilang fantastis dengan mudah hampir menyentuh angka Rp 4 miliar. Sementara kedua truk damkar lainnya mempunyai harga Rp 1.8 miliar dan Rp 2.5 miliar.

“Harga unit yang kita display saat ini sekitar Rp 3,95 miliar. Yang kami display di luar dengan kapasitas 4.000 liter itu harganya Rp 1,8 miliar dan yang 6.000 liter itu Rp 2,5 miliar,” tutur Waluyo.

 

Tentang Ayaxx

Ayaxx sendiri sudah berdiri sejak tahun 1996 dengan pabrik utama di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Kapasitas produksi mencapai 250 unit per tahun dengan luas lahan mencapai 30.000 meter persegi. Total karyawan mencapai 180 orang.

Bagi yang tertarik belajar lebih lanjut tentang Ayaxx Fire Truck bisa mampir ke booth Ayaxx di Hall 8 menjelang GIIAS 2022 atau mengunjungi laman resmi serba lengkap di situs ayaxx.com atau ayaxx.id.

 
Loading