Sukses

Lagi Musim Crossover, Beginikah Wujud Suzuki Baleno Berbodi Jangkung?

Otosia.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum lama ini memperkenalkan Suzuki Baleno terbaru. Debut mobil ini berlangsung di gelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Hatchback perkotaan ini mendapatkan serangkaian perubahan signifikan, mulai dari eksterior hingga interiornya. Sebagai contoh Baleno terbaru mengusng tampilan lebih modern dengan dasbor berbeda.

Adapun penambahan beragam fitur-fitur terkini dan mesin baru 1.500cc K15B, seperti kepunyaan Ertiga dan XL7 di Indonesia.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

Versi SUV

Meski baru meluncur di Indonesia, Suzuki Baleno model baru terciduk sedang tes jalan di India. Pasalnya sebuah SUV misterius mempunyai kemiripan dengan Baleno ditemukan tertutup dengan kamuflase.

SUV ini mengusung kode nama “YTB” dan digadang-gadang akan disebut sebagai “Baleno Cross”. Meski tertutup kamuflase berat, beberapa foto menunjukkan di mana mobil ini mengambil basis dari Baleno.

Lantaran masih tertutup kamudlase berat, beberapa orang mencoba menebak bentuk resminya seperti apa.

Render

Salah satunya adalah situs autocarindia.com. Laman otomotif asal India ini mencoba menebak bentuk mobil dibalik kamuflase tebalnya melalui render atau gambar digital.

Hasilnya tampilan Baleno ini menjadi lebih gagah. Fascia depan mengusung desain mirip dengan Suzuki Grand Vitara terbaru, dengan grill besar, DRL LED di atas dan lampu utama diletakkan di bawahnya.

Mobil ini juga menjadi lebih tinggi dibandingkan Baleno biasa dan area rumah roda ditempelkan body cladding, layaknya sebuah mobil SUV. Sebagai pelengkap di area atap ada roof rail yang belum diketahui berfungsi atau sekadar aksesori.

 

Spesifkasi

Suzuki Baleno SUV digadang-gadang mengusung platform Heartect dan dibenamkan salah satu mesin Booster Jet dengan tambahan turbo.

Belum diketahui lebih jelas mesin apa yang dimaksud, namun Suzuki Baleno RS sempat mengusung mesin 998cc BoosterJet turbo dengan semburan tenaga 105 PS dan torsi sekitar 150 Nm.

Adapun kemungkinan Baleno Cross dipasangkan mesin mild hybrid. Boleh jadi menggunakan sistem tambahan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai Lithium-ion untuk meningkatkan efisiensi.

Baleno ini dikabarkan akan ditampilkan menjelang Delhi Auto Show tahun depan, dengan peluncuran resminya di bulan berikutnya.

Posisi dan rival

Suzuki Baleno Cross menjadi mobil pertama Maruti Suzuki yang mengambil basis dari mobil hatchback dan diracik menjadi SUV. Lantaran berbasis Baleno, mobil ini diposisikan lebih rendah dari Grand Vitara.

Dengan demikian posisi Baleno Cross cukup unik, di mana mobil ini menjadi pesaing Honda WR-V, Nissan Magnite, Renault Kiger, Citroen C3 dan Tata Nexon di India. Sebagai komparasi, mobil yang sama di Indonesia termasuk Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan KIA Sonet.

Sementara Suzuki Grand Vitara bersaing di kelas compact SUV, layaknya Honda HR-V, Hyundai Creta, KIA Seltos dan Nissan Kicks.

Loading