Sukses

6 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat, Lengkap dengan Struktur dan Jenisnya

Otosia.com, Jakarta Contoh-contoh teks cerita sejarah bisa dijadikan bahan pembelajaran. Apalagi jika contoh teks cerita sejarah ditulis dengan struktur yang jelas, tentu akan memudahkan pembaca dalam memahaminya.

Sejarah sendiri adalah peristiwa masa lampau yang benar-benar terjadi dan ditulis oleh manusia. Peristiwa masa lampau yang tertulis itu kemudian diteliti, diinterpretasikan dan ditulis ulang dalam narasi yang berbeda sebagai sebuah peristiwa sejarah.

Teks cerita sejarah berbeda dengan teks lainnya. Teks sejarah memiliki jenis dan struktur yang berbeda. Maka dari itu, berikut Merdeka.com rangkum kumpulan contoh teks cerita sejarah singkat lengkap dengan strukturnya.

Video Paling Dicari saat Ini

Jenis-Jenis Teks Cerita Sejarah

Sebelum mengetahui kumpulan contoh teks cerita sejarah, Anda perlu mengetahui jenis-jenis teks cerita sejarah. Ada dua jenis teks cerita sejarah, yaitu teks cerita sejarah fiksi dan cerita sejarah non fiksi.

1. Cerita Sejarah Fiksi

Jenis teks cerita sejarah fiksi adalah cerita sejarah yang menyajikan alur cerita sejarah akan tetapi dibumbui dengan imajinasi bagi penulis.

Hal itu dilakukan dalam rangka untuk memberikan hiburan kepada para pembaca. Adapun contohnya adalah Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

2. Teks Cerita Sejarah Non Fiksi

Cerita sejarah kedua adalah non fiksi. Dalam cerita sejarah non fiksi, penulis merekonstruksi sejarah berdasarkan fakta yang terjadi sebenarnya.

Fakta yang ditulis berdasarkan sumber-sumber yang ditemukan. Contoh cerita sejarah non fiksi yaitu cerita sejarah terbentuknya Sarekat Islam.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Sebelum mengetahui kumpulan contoh teks cerita sejarah, pahami dulu struktur teks cerita sejarah. Struktur teks cerita sejarah dibagi menjadi tiga, yaitu orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi.

Ketiga hal tersebut menjadi pedoman dalam menuliskan kumpulan contoh teks cerita sejarah yang efektif, singkat dan mudah dimengerti oleh pembaca.

1. Orientasi (Pembuka)

Orientasi adalah bagian awal struktur teks sejarah. Orientasi adalah pembuka yang berisi tentang pengenalan secara umum mengenai topik sejarah yang akan dibahas.

2. Peristiwa (Kronologi)

Bagian kedua adalah bagian inti dari struktur penulisan teks cerita sejarah. Pada bagian ini, penulis memberikan urutan kejadian peristiwa yang kronologis dan terkait satu dengan yang lainnya.

3. Reorientasi (Penutup)

Pada bagian ini, penulis menyampaikan kesimpulan dan opini penulis terkait peristiwa sejarah yang sudah dibahas di bagian peristiwa.

Kumpulan Contoh Teks Cerita Sejarah

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah kumpulan contoh teks cerita sejarah lengkap dengan strukturnya.

1. Tsunami Aceh

Orientasi:

Peristiwa menyedihkan terjadi di bumi serambi Mekkah Indonesia, Aceh. Pada tahun 2004 tepatnya pada hari Minggu pagi, tanggal 26 Desember. Kurang lebih 500.000 nyawa melayang dalam sekejap disapu bersih dari seluruh tepian dunia yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Daerah Aceh, serambi Mekkah Indonesia merupakan korban jiwa yang terbesar di dunia. Ribuan mayat tidak dapat ditemukan serta ribuan mayat pula dikuburkan secara massal.

Peristiwa:

Gempa yang terjadi di di Aceh tepatnya yaitu pukul 7.58 WIB. Pusat gempa yaitu kurang lebih 160 KM sebelah barat Aceh sedalam 10 km. Gempa yang terjadi di Aceh tersebut memiliki kekuatan 9,3 skala richter.

Kepanikan ini terjadi dalam durasi yang tercatat paling lama dalam sejarah kegempaan bumi, yaitu sekitar 500-600 detik (sekitar 10 menit). Beberapa pakar gempa mengatakan menganalogikan kekuatan gempa ini, mampu membuat seluruh bola Bumi bergetar dengan amplitude getaran di atas 1 (satu) cm. Gempa yang berpusat di tengah samudera Indonesia ini, juga memicu beberapa gempa bumi di berbagai tempat di dunia.

Gempa yang mengakibatkan tsunami menyebabkan sekitar 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.

Kekuatan gempa pada awalnya dilaporkan mencapai magnitude 9.0. Pada Februari 2005 dilaporkan gempa berkekuatan magnitude 9.3. Meskipun Pacific Tsunami Warning Center telah menyetujui angka tersebut. Namun, United States Geological Survey menetapkan magnitude 9.2. atau bila menggunakan satuan seismik momen (Mw) sebesar 9.3.

Di Indonesia, gempa dan tsunami menelan lebih dari 126.000 korban jiwa. Puluhan gedung hancur oleh gempa utama, terutama di Meulaboh dan Banda Aceh di ujung Sumatera. Di Banda Aceh, sekitar 50% dari semua bangunan rusak terkena tsunami. Tetapi, kebanyakan korban disebabkan oleh tsunami yang menghantam pantai barat Aceh.

Pemerintahan daerah Aceh lumpuh total, saat terjadi gempa bumi dan Tsunami Aceh. Tepat jam 09.00 WIB satu persatu masyarakat Aceh yang hadir di Istora Jakarta panik karena hubungan telepon seluler ke Aceh putus total, mata mereka pada berkaca-kaca.

Reorientasi:

Peristiwa ini adalah salah satu peristiwa yang cukup mengenaskan dan merupakan peristiwa yang paling banyak memakan korban yang pernah ada dan terjadi di Indonesia.

2. Pahlawan Nasional Nyai Ahmad Dahlan

Orientasi:

Nyai Ahmad Dahlan dilahirkan dengan nama Siti Walidah. Dia berasal dari keluarga pemuka agama Islam dan penghulu resmi Keraton Yogyakarta, Kyai Haji Fadhil.

Karena harus tinggal di rumah, dia mendapatkan pendidikan agama dari ayahnya dan tak pernah mengenyam pendidikan umum. Hingga akhirnya Siti Walidah menikah dengan sepupunya, yang menjadi pendiri organisasi Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan.

Peristiwa

Keterlibatan Nyai Ahmad Dahlan dalam Muhammadiyah dimulai saat dirinya ikut merintis kelompok pengajian wanita Sopo Tresno (Siapa Cinta) pada 1914. Dalam pengajian itu, suami-istri tersebut ikut menyampaikan kajian-kajian agama secara bergantian.

Nyai Ahmad Dahlan lalu mengembangkan Sopo Tresno menjadi organisasi kewanitaan berbasis agama Islam, Aisyah. Namun setelah Aisyah mapan, sang Nyai memilih untuk membuka asrama dan sekolah putri. Dia juga mengadakan kursus agama Islam dan pemberantasan buta huruf bagi kaum perempuan.

Reorientasi

Atas jasanya terhadap agama Islam dan kaum perempuan, pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Nyai Ahmad Dahlan dengan SK Nomor 042/TK/1971.

3. Sejarah Lahirnya Nabi Muhammad

Orientasi: Nabi Muhammad adalah nabi yang diutus oleh Allah untuk menyebarkan ajaran Islam untuk umat akhir zaman. Nabi Muhammad lahir pada 12 Rabiul Awwal tahun 571 di Mekah.

Peristiwa: Nabi Muhammad lahir di tahun ketika Mekah sedang diserang oleh pasukan Abrahah. Mereka menyerang Mekah dengan menggunakan hewan gajah. Maka dari itu tahun itu dinamai sebagai tahun gajah.

Nabi Muhammad lahir dari pasangan Abdullah dan Aminah. Abdullah adalah anak dari Abdul Muthalib yang merupakan orang penting di Bani Quraisy. Nabi Muhammad lahir di Mekah dan sebelum ia lahir, Abdullah lebih dahulu meninggalkannya. Setelah ia lahir, ibunya, yaitu Aminah juga meninggal dunia.

Nabi Muhammad merupakan keturunan dari Fihr atau Quraisy yang merupakan anak turun dari Nabi Ismail, putera Nabi Ibrahim Masa kecil Nabi Muhammad diasuh oleh Abdul Muthalib. Ia terlahir dari kalangan Bani Hasyim yang sangat dihormati oleh klan Quraisy di Mekah.

Reorientasi: Nabi Muhammad adalah nabi yang diutus oleh Allah untuk menyebarkan ajaran agama Islam. Ia lahir di kalangan bangsawan Mekah yang sangat dihormati. Masa kecilnya dihabiskan dengan kakeknya karena ayah dan ibunya yang telah meninggal dunia.

4. Bandung Lautan Api

Orientasi: Pada Maret 1946, dalam waktu 7 jam, sekitar 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan.

Setelah Proklamasi Kemerdekan 17 Agustus 1945, Indonesia masih belum sepenuhnya merdeka. Kemerdekaan ini harus diraih sedikit demi sedikit melalui perjuangan rakyat yang rela mengorbankan segalanya.

Peristiwa: Ultimatum tersebut supaya Tentara Republik Indonesia (TRI) segera meninggalkan kota dan rakyat, kemudian melahirkan politik “bumihangus”. Rakyat tidak rela jika kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh.

Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Keputusan untuk membumihanguskan Bandung tersebut, diambil melalui musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) dihadapan seluruh kekuatan perjuangan, saat 24 Maret 1946.

Kolonel A.H. Nasution selaku Panglima Divisi memerintahkan masyarakat untuk meninggalkan Bandung. Pada hari itu juga, segerombolan besar warga Bandung berbondong-bondong meninggalkan kota.

Bandung dengan sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. Banyak asap hitam mengepul membubung tinggi di udara.

Seluruh listrik mati, dengan begitu inggris mulai menyerang sehingga terjadilah sebuah pertempuran sengit. Pertempuran yang paling menengangkan, di mana terdapat pabrik mesiu milik Sekutu. TRI bermaksud untuk menghancurkan gudang tersebut.

Untuk itulah, seorang pemuda bernama Muhammad Toha dan Ramdan diutus. Kedua pemuda itu berhasil meledakkan gudang tersebut dengan granat tangan. Gudang besar itu meledak dan terbakar di dalamnya.

Sejak pada saat itu, kurang lebih pada jam 24.00 Bandung Selatan sudah kosong atas penduduk dan TRI. Tapi api masih membakar kota, dan Bandung berubah menjadi lautan api.

Pembumihangusan merupakan langkah yang tepat, karena kekuatan TRI dan rakyat tidak akan mampu melawan musuh yang kekuatannya lebih besar. Selanjutnya TRI bersama masyarakat melakukan perlawanan gerilya dari luar kota Bandung.

Reorientasi: Istilah Bandung Lautan Api tersebut, muncul pertama kali dari seorang wartawan bernama Atje Bastaman, dimana ia menyaksikan sebuah pemandangan pembakaran Bandung dari bukit Gunung Leutik pada sekitar Pameungpeuk, Garut. Dari puncak ia melihat Bandung yang memerah dari Cicadas sampai dengan Cimindi.

5. Danau Toba

Orientasi: Seorang laki-laki bernama Toba, hidupnya sederhana tidak memiliki keluarga. Hal yang Toba lakukan hanya memancing untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Urutan Peristiwa: Suatu hari saat memancing, Toba menemukan kail pancingnya menangkap ikan besar. Namun, Toba terkejut saat menemukan ikan besar itu berubah menjadi wanita cantik.

Toba langsung jatuh hati dan akhirnya memutuskan untuk menikahi wanita cantik tersebut. Namu,n ada persyaratan, Toba tidak boleh mengungkit asal wanita itu dari seekor ikan. Akhirnya mereka menikah dan hidup sederhana serta makin lengkap saat dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Samosir.

Samosir memiliki nafsu makan yang besar sehingga Toba harus bekerja ekstra untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Suatu hari ibunya meminta Samosir membawa makan siang untuk ayahnya yang sedang bekerja di ladang. Jarak ladangnya cukup jauh membuat Samosir merasa lapar dan haus.

Akhirnya Samosir tanpa sengaja memakan makan siang yang dibawanya hingga hanya bersisa sedikit. Samosir takut jika ayahnya marah, tetapi jika dia kembali ke rumah, tidak akan ada cukup waktu. Maka pada akhirnya Samosir memilih untuk membawakan makanan kecil itu untuk ayahnya, dan benar saja, Toba marah kepada Samosir.

Dengan emosi Toba melempar bekal makanannya dan mengumpat kepada Samosir dengan berbicara bahwa Samosir adalah anak ikan. Tentu mendengar hal itu membuat Samosir menangis dan pulang dengan sedih.

Samosir menceritakan hal tersebut ke pada ibunya dan tentu saja ibunya merasa Toba telah mengingkari janji. Akhirnya ibunya menyuruh Samosir menuju atas bukit dan menunggu saja di sana. Tiba-tiba air keluar dari tempat istri Toba berdiri dan terus mengalir dengan deras dan tempat Samosir berdiri telah menjadi sebuah pulau kecil.

Reorientasi: Itulah sejarah di balik Danau Toba dengan pulau kecil bernama Samosir, di tengah danau tersebut.

6. Pahlawan R.A Kartini

Orientasi: Raden Ajeng Kartini atau yang kita kenal dengan Ibu Kartini, dia adalah salah seorang keturunan keluarga terpandang yang lahir pada 21 April 1879. Dan keluarganya mewariskan suatu hal, yaitu pendidikan. Beliau pernah duduk di bangku sekolah dasar sampai tamat sekolah sekolah dasar.

Beliau tidak pernah puas akan ilmu pengetahuan dan membuat beliau ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, ayahnya tidak sependapat dengan beliau untuk melanjutkan pendidikanya. Tahu sikap ayahnya seperti itu, beliau sedih tidak bisa mengubah keputusan tersebut.

Urutan Peristiwa: Adat di dalam keluarganya, seorang gadis atau wanita yang belum menikah belum dibolehkan keluar rumah atau disebut dipingit. Untuk mengisi waktu luangnya, beliau membaca buku ilmu pengetahuan yang ia miliki. Beliau memang gemar membaca atau kutu buku dan menjadi kesehariannya saat banyak waktu luang.

Bahkan dia tidak takut untuk bertanya kepada ayahnya bila dia tidak mengerti atau kurang paham. Kartini mempunyai teman yang banyak di Belanda dan sering berkomunikasi dengan mereka. Bahkan pernah meminta kepada Mr.J.H. Abendanon, untuk memberikan dirinya beasiswa untuk belajar di Belanda.

Belum sempat menyampaikan keinginannya, namun beliau dinikahkan dengan Adipati dari Rembang yang bernama Raden Adipati Oyodiningrat. Walau begitu, beliau tidak berhenti bercita-cita dan suaminya mendukung pula cita-citanya.Dengan ketekunan, kegigihan, dan suaminya, ia mendirikan sekolah wanita di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Madiun, Cirebon, dan Malang. Sekolahan tersebut diberi nama dengan dengan sekolahan kartini.

Pada 17 September 1904, Kartini meninggal pada usia 25 tahun saat melahirkan anak pertama dan satu-satunya. Kemudian kisahnya menjadi pelopor emansipasi wanita di tanah Jawa. Kemudian kisah R.A Kartini dibukukan oleh Abendanon dengan judul "Door Duistemis Tot Licht" atau yang kita kenal dengan "Habis Gelap Terbitlah Terang". Buku ini telah menginspirasi wanita di Indonesia tidak hanya pada waktu itu, tetapi sampai sekarang.

Reorientasi: Perjuangan dari R.A Kartini tentu harus selalu dikenang dan jasa-jasanya dijunjung tinggi untuk ditiru.

Penulis: Muhammad Farih Fanani

Sumber: Merdeka.com

Loading