Sukses

10 Tanda Penyakit Ginjal yang Patut Dipahami Biar Makin Waspada

Otosia.com, Jakarta Ginjal merupakan sepasang organ yang letaknya di bagian punggung bawah. Fungsinya berguna untuk menyaring darah dan membuang racun dari tubuh yang kemudian masuk ke kandung kemih lalu dibuang saat kencing.

Organ ini tentu bisa menimbulkan penyakit yang patut diwaspadai. Penyakit ginjal terjadi ketika ginjal Anda kehilangan kemampuannya untuk menyaring limbah dari darah Anda. Banyak faktor yang dapat mengganggu kesehatan dan fungsi ginjal Anda, seperti penyakit akut dan kronis tertentu, paparan racun dari polutan lingkungan atau obat-obatan tertentu, dehidrasi parah, aliran darah ke ginjal yang terganggu, dan trauma ginjal.

Penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan tingkat cairan, elektrolit, dan limbah yang berbahaya menumpuk di tubuh Anda. Pada tahap awal penyakit ginjal kronis, mungkin memiliki beberapa tanda atau gejala. Namun gejala penyakit ginjal tersebut mungkin tidak disadari sampai kondisinya sudah lanjut. Oleh karena itu, tanda penyakit ginjal perlu diwaspadai.

Jika Anda adalah orang berisiko terkena penyakit ginjal karena memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, riwayat keluarga dengan gagal ginjal, atau jika Anda berusia lebih dari 60 tahun, penting untuk melakukan tes penyakit ginjal setiap tahun.

Meskipun cara untuk memastikan Anda memiliki penyakit ginjal atau tidak adalah dengan melakukan tes, Dr. Joseph Vassalotti, Kepala Petugas Medis di National Kidney Foundation, menjelaskan bahwa ada 10 tanda penyakit ginjal yang mungkin muncul.

Video Paling Dicari saat Ini

Merasa lebih lelah, kurang energi, atau sulit berkonsentrasi

Tanda penyakit ginjal yang pertama adalah kelelahan, kurang berenergi, dan sulit berkonsentrasi. Dilansir dari kidney.org, penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan dapat membuatnya sulit untuk berkonsentrasi. Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

Kesulitan tidur

Tanda penyakit ginjal yang kedua yaitu sulit untuk tidur. Ketika ginjal tidak menyaring dengan benar, racun tetap berada di dalam darah dan tidak meninggalkan tubuh melalui urin. Hal ini dapat membuat seseorang jadi sulit untuk tidur.

Ada juga hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal kronis, dan sleep apnea lebih sering terjadi pada mereka dengan penyakit ginjal kronis, dibandingkan dengan orang yang sehat.

Kulit kering dan gatal

Tanda penyakit ginjal yang ketiga yakni kulit jadi kering dan gatal. Ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. Mereka menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat dan bekerja mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah.

Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal stadium lanjut, ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan yang tepat dari mineral dan nutrisi dalam darah Anda.

Sering buang air kecil

Tanda penyakit ginjal yang keempat adalah Anda jadi lebih sering buang air kecil. Jika Anda merasa lebih sering buang air kecil, terutama di malam hari, ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Ketika filter ginjal rusak, dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Terkadang ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

Darah dalam urine

Tanda penyakit ginjal yang kelima yaitu adanya darah dalam urine. Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel-sel darah dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urine, tetapi ketika filter ginjal rusak, sel-sel darah ini bisa "bocor" ke dalam urine. Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urine bisa menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

Urine berbusa

Gelembung berlebihan dalam urine, terutama yang mengharuskan Anda menyiram beberapa kali sebelum hilang, menunjukkan protein dalam urine. Busa ini mungkin terlihat seperti busa yang ada saat mengacak telur, karena protein umum yang ditemukan dalam urine, albumin, adalah protein yang sama yang ditemukan dalam telur.

Mengalami bengkak terus-menerus di sekitar mata

Protein dalam urine adalah tanda awal bahwa filter ginjal telah rusak, sehingga memungkinkan protein bocor ke dalam urine. Pembengkakan di sekitar mata Anda dapat disebabkan oleh fakta bahwa ginjal membocorkan sejumlah besar protein dalam urine, daripada menyimpannya di dalam tubuh.

Pergelangan kaki bengkak

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium, yang menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan pada ekstremitas bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kaki kronis.

Nafsu makan yang buruk

Tanda penyakit ginjal juga mempengaruhi selera makan Anda. Nafsu makan yang buruk adalah gejala yang sangat umum, dan penumpukan racun akibat melemahnya fungsi ginjal bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Otot kram

Terakhir otot terasa kram. Terjadi karena ketidakseimbangan elektrolit, terjadi karena ada gangguang pada fungsi ginjal. Seperti kadar kalsium rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dengan baik, sehingga kram otot.

Penulis: Andre Kurniawan

Sumber: Merdeka.com

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Loading