Sukses

Cara Cek Penerima BSU 2022 dengan Mudah, Jangan Lupa Perhatian Syarat-syaratnya

Otosia.com, Jakarta Pemerintah telah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah pun menggelontorkan dana untuk membagikan Bantuan Subsidi Upah atau lebih sering disingkat BSU. Penyaluran tahap pertama bantuan tersebut sudah mulai disalurkan sejak Jumat tanggal 9 September lalu.

Banyak masyarakat yang penasaran terkait bagaimana cara cek penerima BSU 2022. Hal ini terutama dirasakan oleh para pekerja yang memiliki upah rendah. Program bantuan yang diadakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tersebut berjumlah 600 ribu per karyawan.

Adapun penyaluran BSU sendiri dilakukan melalui rekening berbagai bank mulai dari BTN, BRI, BNI hingga Mandiri. Dalam penyaluran tersebut Kemnaker bekerjasama dengan PT Pos Indonesia agar pencairan BSU dapat berlangsung lebih cepat dan efektif.

Nah, berikut ini informasi lengkap cara penerima BSU 2022 dengan mudah yang berhasil dirangkum Merdeka.com pada Senin (12/9/2022).

Video Paling Dicari saat Ini

Syarat Penerima BSU

Sebelum mengetahui cara cek penerima BSU 2022, perlu tahu lebih dahulu mengenai syarat penerima BSU itu sendiri.

Adapun syarat bagi penerima BSU 2022 adalah mereka yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Sementara itu, ada 16 juta data pekerja dengan upah di bawah Rp 3,5 juta atau upah minimum dan kepesertaannya aktif sampai dengan Juli 2021.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sebelumnya menyatakan, bahwa pihaknya sedang menyiapkan berbagai langkah percepatan penyaluran BSU 2022.

Cara Cek Penerima BSU 2022

Jika kamu sudah mengetahui syarat penerima BSU, selanjutnya hal yang perlu kamu tahu adalah cara cek penerima BSU. Info ini tentu sangat penting terlebih bagi mereka para pekerja.

Cara Cek Penerima BSU Lewat Laman Kemnaker

Adapun berikut ini cara cek penerima BSU yaitu akses laman website kemnaker.go.id.

1. Apabila belum memiliki akun, maka harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Selanjutnya, aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone A.

2. Login ke dalam akun.

3. Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, status pernikahan dan tipe lokasi.

4. Selanjutnya, cek pemberitahuan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi apakah terdaftar sebagai penerima BSU atau tidak.

Cara Cek Penerima BSU 2022 Lewat Laman BPJS Ketenagakerjaan

1. Buka laman website bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id. Pada halaman pertama di bagian bawah terdapat menu 'Cek Status Calon Penerima BSU'.

2. Masukkan nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap, tanggal lahir, dan verifikasi bukan robot.

3. Kemudian akan tertera apakah lolos atau tidaknya dari verifikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima BSU.

Penulis: Novi Fuji Astuti

Sumber: Merdeka.com

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Loading