Sukses

Musim Hujan Mulai Datang, Ini Tips buat Para Pengendara Motor agar Tetap Fit dan Aman di Jalan

Otosia.com, Jakarta Menjelang akhir tahun, musim hujan mulai menunjukkan tanda-tanda kedatangannya. Di berbagai daerah di Indonesia mulai turun hujan dengan intensitas ringan sampai sedang. Meskipun belum terjadi setiap hari atau pun sepanjang hari, tapi kondisi tersebut sudah menjadi pertanda awal musim hujan yang biasanya akan mencapai masa puncaknya seiring dengan momen akhir tahun tiba.

Bagi para pengendara motor, musim hujan tentu jadi tantangan tersendiri. Terlebih bagi mereka yang lebih banyak melakukan kegiatan dengan mobilitas tinggi dengan motornya. Biar tetap fit dan aman di jalan, beberapa tips berikut ini bisa jadi panduanmu selama melakukan kegiatan di luar rumah.

Video Paling Dicari saat Ini

Gunakan Pakaian yang Hangat

tetap hangat, siapkan pakaian yang tepat. Jaket menjadi salah satu pakaian yang wajib digunakan bagi para pengendara motor. Namun khusus menyambut musim hujan, saatnya pilih bahan jaket yang tepat. Misalnya saja jaket tebal berbahan quilt dan parasut yang tahan terhadap angin dan air.

Pemilihan pakaian yang tepat bisa membantu menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan. Selain itu, jaket dengan bahan khusus yang anti air juga bisa membantu melindungi tubuh ketika gerimis kecil yang masih belum memerlukan jas hujan.

Sedia Jas Hujan yang Berkualitas

Banyak jas hujan yang tersedia di pasaran terdiri dari berbagai variasi harga yang bisa menyesuaikan budget. Namun, bagi pengendara motor yang menghabiskan lebih banyak waktu di jalan, saatnya sisihkan budget lebih untuk mendapatkan jas hujan yang berkualitas. Hal ini penting karena kualitas jas hujan ternyata juga dipengaruhi oleh harganya, lho.

Jika pada jas hujan biasa, biasanya dibuat All Size sehingga terkadang beberapa dari kamu menggunakan ukuran terlalu besar yang kurang nyaman saat berkendara. Selain itu, beberapa jas hujan juga biasanya tetap bocor ketika menembus hujan yang cukup deras. Oleh karena itu, cobalah mulai menabung untuk mendapatkan jas hujan yang berkualitas.

Harganya mungkin lebih mahal, tapi sesuai prinsip ada harga ada rupa, barang tersebut cukup worth it untuk dimiliki. Jas hujan berkualitas biasanya memiliki bahan yang lebih tebal dan jahitan yang rapi dan kuat sehingga nggak mudah robek dan bocor saat digunakan.

Cek Kondisi Motor Secara Berkala

Memasuki musim hujan, jalanan yang basah dan licin biasanya meningkatkan risiko kecelakaan bagi para penggunanya. Selain meningkatkan kewaspadaan, penting juga untuk melakukan pengecekan kondisi motor secara berkala. Beberapa hal yang harus diperhatikan selama musim hujan adalah kondisi rem dan ban yang dapat menunjang keselamatan.

Segera ganti kampas rem yang sudah habis jika mulai merasakan rem motor yang kurang pakem. Selain itu, ban motor yang sudah mulai menipis juga sebaiknya segera diganti agar tidak mudah selip di tengah jalan yang licin. Bawa juga motor ke bengkel untuk mendapatkan pengecekan lebih mendalam, sehingga kamu bisa beraktivitas dengan tenang dan aman.

Hindari Menembus Hujan yang Terlalu Lebat

Jika terjebak hujan yang terlalu deras, sebaiknya jangan nekat untuk meneruskan perjalanan. Lebih baik berteduh dulu dan tunggu hingga intensitas hujan mulai mereda. Hal ini penting, bukan hanya menjaga kesehatan supaya nggak jatuh sakit, tapi juga demi keamanan saat berkendara.

Hujan yang terlalu lebat bisa mengganggu jarak pandang saat berkendara. Hal ini tentu dapat membuatmu rawan terjadi kecelakaan karena pandangan yang kurang jelas akibat air hujan yang turun. Selain itu, saat hujan deras biasanya air di gorong-gorong akan meluap dan menutupi jalan. Kamu jadi nggak bisa membedakan nih mana aspal yang rata dan bagian mana yang berlubang, sehingga risiko kecelakaan jadi makin tinggi.

Jangan Lupa Jaga Tubuh Tetap Fit

Mulai sering kehujanan saat beraktivitas di luar rumah? Waspada bisa menurunkan sistem imun tubuh, lho. Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit di tengah cuaca dingin dan guyuran air hujan yang mulai terjadi setiap hari, saatnya lakukan upaya untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit juga.

Konsumsi multivitamin bisa membantu dalam menjaga daya tahan tubuh. Misalnya saja suplemen yang mengandung vitamin C yang dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga tubuh tetap fit. Selain itu, jangan lupa lakukan kebiasaan untuk menjaga daya tahan tubuh lainnya seperti olahraga secara teratur, menjaga pola makan secara rutin, dan istirahat yang cukup.

Biarpun penuh tantangan, tapi beberapa trik di atas bisa membantu kamu agar tetap fit dan aman selama musim hujan tiba. Tetap semangat ya!

Loading