Sukses

Gandeng Rifat Sungkar, Mitsubishi Ralliart Team Siap Berpartisipasi di Ajang AXCR 2022

Otosia.com, Jakarta Baru-baru ini Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan jika Mitsubishi Ralliart Team siap berlaga di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022. Kejuaraan itu pun bakal dilangsungkan pada 21-26 November 2022 mendatang di Thailand dan Kamboja.

Kabar baik itu pun patut disambut gembira oleh seluruh masyarakat Indonesia, lantaran AXCR bukanlah ajang kejuaraan reli sembarangan. AXCR merupakan sebuah kompetisi reli lintas alam yang tersertifikasi oleh Federation Internationale de L'Automobile (FIA). Secara umum kejuaraan ini diselenggarakan di Thailand.

Video Terpopuler saat Ini

Jadi Reli Terberat di Asia

Lebih lanjut, AXCR disebut-sebut sebagai ajang reli terberat di Asia. Ini karena kompetisi reli tersebut menghadirkan panjang lintasan lebih dari 1.700 km. Hal tersebut belum ditambah tantangan lain berupa iklim panas dan juga lembap khas Asia tenggara yang unik.

Para pembalap reli yang mengikuti kompetisi ini pun semakin tertantang, karena melibatkan rute pegunungan dan hutan. Tahun ini AXCR akan berlangsung dari 21-26 November 2022, dengan reli yang sebagian besar berada di area Thailand. Garis start akan dimulai di Thailand dan garis finish akan berakhir di Kamboja.

Gandeng Rifat Sungkar ke Dalam Tim

Demi menghadapi kompetisi tersebut, berbagai persiapan pun telah dilakukan secara matang oleh Mitsubishi Ralliart Team, termasuk mengumumkan susunan tim yang akan berlaga. Pihak Mitsubishi menyebut ada dua pembalap yang akan terjun di ajang ini.

Salah satunya adalah Rifat Sungkar (Indonesia) yang juga brand ambassador Mitsubishi Indonesia. Rifat pun menyebut jika AXCR akan dimanfaatkan untuk observasi ketat dari performa mobil di berbagai medan, sehingga bisa mengembangkan produk yang lebih baik lagi.

“AXCR akan menjadi ajang pengembangan produk yang lebih baik lagi dengan observasi ketat dari performa mobil di berbagai medan dengan dukungan teknis dari tim teknis Mitsubishi Motors,” ungkapnya.

Sebelum ini Rifat Sungkar juga pernah menggunakan Mitsubishi Triton pada Indonesian Xtreme Offroad Championship (IXOR) dengan prestasi menjadi juara nasional. Selain Rifat, Mitsubishi Ralliart Team juga menggandeng pemenang Thailand Autocross Championship, yaitu Chayapon Yotha (Thailand).

Baik Rifat Sungkar maupun Chayapon Yotha bakal mengendarai dua mobil reli Triton di kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam) dan bersaing untuk posisi yang lebih tinggi. Di samping itu, ada Sakchai Hantrakul (Thailand) yang juga berpengalaman akan mendukung mereka dengan mobil ketiga, yaitu Triton.

Mitsubishi Motor Berikan Dukungan Teknis Penuh

Demi menaklukkan setiap tantangan di AXCR, Mitsubishi Ralliart Team telah menyiapkan semua sumber daya yang dibutuhkan. Termasuk bergabungnya TANT SPORT (Thailand) sebagai pemilik tim dengan direktur tim Hiroshi Masuoka. Mantan pembalap yang juga juara Reli Dakar dua kali sekaligus teknisi mesin dari Mitsubishi Motors tersebut akan memberikan dukungan teknis kepada Mitsubishi Ralliart Team di AXCR 2022.

“Suatu kehormatan untuk menyambut pembalap berbakat seperti mereka ke dalam tim. Rifat Sungkar memiliki banyak pengalaman dalam reli sprint. Jadi jika kami melakukan pekerjaan dengan baik sebagai tim untuk mengelola aspek jarak jauh dari reli lintas alam, dia akan memberikan kinerja yang hebat,” kata Hiroshi Masuoka.

Sejauh ini, Mitsubishi Ralliart Team telah melakukan tes ketahanan mobil reli Triton sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand, dari 29-31 Agustus 2022 lalu. Beberapa setingan pun sudah dilakukan. Dari mengurangi bobot sampai meningkatkan karakteristik output dari mesin, sehingga bisa meningkatkan kemampuan berkendara dan memungkinkan penanganan yang gesit di jalan berkelok-kelok.

Tak hanya itu, dual damper baru juga telah terbukti mampu meningkatkan kinerja mengikuti jalan dan berkontribusi pada peningkatan signifikan dalam stabilitas berkendara sekaligus kemampuan berkendara di jalan yang kasar. Menurut Rifat Sungkar, peningkatan tersebut penting dilakukan, karena pembalap reli melewati banyak tikungan yang berbeda, satu demi satu. Itulah kenapa, sangat penting bagi mobil reli untuk memiliki kemampuan manuver dan pengendaraan yang sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi, dan daya tahan dan keandalan yang tinggi di jalan yang kasar.

Rifat Sungkar juga menambahkan jika kesuksesan dalam kompetisi reli juga bergantung pada kemampuan co-driver-nya. “Co-driver yang  dapat menavigasi secara akurat dan cepat juga penting untuk hasil yang sukses. Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Triton memberikan kinerja yang sangat baik dalam hal jalan kasar kelincahan dan daya tahan,” pungkasnya.

Loading