Sukses

PT DENSO, Perusahaan Automotive Manufacturer Global yang Eksis Sejak Era 70-an

Otosia.com, Jakarta PT DENSO telah menghasilkan beragam produk di sektor otomotif, mulai dari radiator, busi, filter AC, dan lain-lainnya. Perusahaan ini sendiri berdiri atas joint venture antara DENSO CORPORATION dan PT Astra International.

Diketahui bahwa perusahaan ini berdiri sejak 12 Mei 1949. PT DENSO kini dipimpin oleh Yutaka Yamanouchi selaku presiden direktur. PT DENSO telah memproduksi berbagai komponen otomotif yang dijual tidak hanya dijual di dalam negeri, namun juga di pasar global terutama di benua Asia, Australia, Amerika dan Eropa.

Terus berkembang dan berinovasi, saat ini PT DENSO telah memiliki lima perusahaan yang terdiri dari PT DENSO Indonesia, PT DENSO Sales Indonesia, PT Hamaden Indonesia Manufacturing, PT. TD Automotive Compressor Indonesia dan PT. DENSO Manufacturing Indonesia.

Nah, berikut ini ulasan tentang profil PT DENSO, sejarah dan grup perusahaan yang dirangkum dari laman resmi denso.com pada Rabu (7/12/2022).

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Profile PT DENSO

PT DENSO merupakan perusahaan global yang berfokus pada kemajuan mobilitas yang mampu mengubah dunia lebih maju dan berkontribusi pada kehidupan yang lebih baik. Sebagai salah satu perusahaan dari Fortune 500 global, PT DENSO memiliki banyak portofolio produk dan berdampak luas secara global.

Berdiri sejak 1949, PT DENSO adalah supplier komponen kendaraan bermotor Tier I yang terpercaya dan berpengaruh, memproduksi komponen thermal, powertrain, mobilitas, elektrifikasi dan sistem elektronik untuk produsen mobil serta manufaktur lain di seluruh dunia.

PT DENSO adalah penyedia suku cadang dan penyedia sistem terbesar kedua di dunia pada penjualan. Arah masa depan PT DENSO adalah fokus pada pengembangan inti teknologi di empat bidang untuk menciptakan nilai baru dan berpengaruh pada masa depan mobilitas, yaitu keamanan tingkat lanjut dan pengemudi otomatis, elektrifikasi, connected driving dan AgTech.

Saat ini PT DENSO telah memiliki hak paten sejumlah 42.000 di seluruh dunia, dengan wilayah jaringan PT DENSO yang tersebar di 35 negara, memungkinkan PT DENSO untuk memberikan sudut pandang dan pendapat yang beragam dalam menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Landasan Perusahaan

Kepatuhan, memperkuat keamanan informasi, promosi aktivitas terkait karyawan (sumber daya manusia), kesehatan dan keselamatan kerja,perubahan gaya kerja, perlindungan hak asasi manusia, pengadaan berkelanjutan dan tata kelola yang baik.

Visi

PT DENSO ingin terus mengimplementasikan teknologi yang dapat menopang kesejahteraan masyarakat di kehidupan sehari-hari dengan kekuatan kelas dunia.

Sejarah PT DENSO

PT DENSO merupakan sebuah perusahaan joint venture antara DENSO CORPORATION JAPAN dan PT Astra International Indonesia. PT DENSO disetujui oleh Badan Komisaris Penanaman Modal pada tahun 1973. PT DENSO yang awalnya bernama PT DENSO Corporation yang secara resmi didirikan pada 12 Mei 1975 dengan investasi awal sebesar US$ 5,650,000 dan telah memproduksi secara komersial sejak tahun 1987.

Izin usaha industri pertama yaitu dengan No.02/T/Industri/1990 atas nama PT. DENSO INDONESIA yang bergerak di bidang pembuatan komponen perlengkapan kendaraan bermotor. Perusahaan membangun pabrik pertama dan menyiapkan fasilitas produksi pada tahun 1978 diatas lahan seluas empat hektar yang terletak di daerah Sunter, Jakarta Utara.

Terus berkembang, kini PT DENSO telah memiliki 5 perusahaan yang tersebar di berbagai lokasi, lebih lengkapnya berikut ini lini masa perkembangan PT DENSO Indonesia hingga kini.

1973 : Perjanjian Joint Venture, DENSO CORPORATION berkolaborasi dengan Astra mendirikan Perusahaan Joint Venture di Indonesia

1976 : Pabrik Sunter Didirikan, Pabrik pertama didirikan di area industri otomotif utama di Jakarta Utara.

1978 : Produksi Radiator dan AC Mobil, PT DENSO mulai memproduksi produk komponen otomotif berkualitas tinggi dan terus melakukan kegiatan produksi untuk memenuhi permintaan dari pelanggan. Saat ini beragam produk komponen otomotif telah diproduksi di pabrik PT DENSO di Indonesia untuk banyak pelanggan.

1996 : Pabrik Bekasi sebagai pabrik kedua didirikan. Kegiatan operasional produksi PT DENSO berkembang ke luar Jakarta untuk dapat berproduksi dan memenuhi permintaan pelanggan yang juga telah beroperasi di area sekitar.

1997 : PT. Hamaden Indonesia Berdiri

1. PT. Hamaden Indonesia Didirikan Sebagai Badan Hukum yang terpisah dari DENSO

Beroperasi di lokasi yang sama di Pabrik DENSO Sunter, PT. Hamaden Indonesia khusus memproduksi Klakson kendaraan bermotor

2. Mendirikan Komite Training Untuk Menyediakan Pusat Pelatihan Internal.

Guna meningkatkan keahlian karyawan lama dan karyawan baru, kami menyediakan pusat pelatihan dan kurikulum yang layak.

1998 : Mendapatkan Sertifikat ISO 9002 & ISO 14001

Mendapatkan Sertifikat ISO 9002 (Sistem Manajemen Kualitas)

Mendapatkan Sertifikat ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan)

PT DENSO berkomitmen terhadap kualitas guna menjaga kepercayaan pelanggan terhadap produk. Pabrik PT DENSO juga beroperasi dengan kesadaran terhadap pelestarian lingkungan dan ramah lingkungan.

2004 : Berganti Nama dari PT DENSO Indonesia Corporation menjadi PT DENSO Indonesia.

Berganti Nama dari PT DENSO Indonesia Corporation menjadi PT DENSO Indonesia dan PT. DENSO Sales Indonesia didirikan. Kegiatan produksi dan penjualan kami dibuat terpisah guna menciptakan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan.

2008 : Perluasan Pabrik Bekasi. Kapasitas pabrik yang lebih tinggi diperlukan untuk memenuhi target produksi sesuai permintaan pelanggan serta memberikan lingkungan kerja yang lebih baik untuk karyawan.

2011 : Akademi Pelatihan Didirikan Untuk Mencetak Karyawan yang Berkeahlian Tinggi

Bekerjasama dengan Universitas ternama serta menjalankan program terhubung untuk meningkatkan keahlian karyawan muda dalam rangka mencapai Excellent Factory.

2011 : PT. TD Automotive Compressor Indonesia berdiri

PT. TD Automotive Compressor Indonesia Sebagai Entitas Yang Terpisah Dari PT. DENSO Indonesia. Didirikan Pabrik baru didirikan berlokasi di Fajar Industrial Park Bekasi untuk memproduksi Compressor bagi pasar lokal dan global

2014 : Pabrik Baru Memproduksi Produk Baru didirikan di Fajar Industrial Bekasi Park

PT DENSO menghadirkan manufaktur yang excellent untuk produk Power Train, pabrik dengan standar operasional yang tinggi adalah konsep kami dalam menjalankan pabrik ini. Visi PT DENSO mengenai pabrik masa depan mulai diterapkan dan tercermin disini dengan semangat perbaikan setiap saat.

Grup Perusahaan PT DENSO

1. PT DENSO Indonesia

PT DENSO INDONESIA adalah sebuah perusahaan Penanaman Modal Asing antara Jepang dengan Indonesia yang merupakan pelopor dalam pembuatan komponen otomotif seperti AC, Busi, filter dan komponen lainnya. Perusahaan ini berdiri sejak 12 Mei 1975.

Berdiri : 1975

Bidang Bisnis Utama : Pembuatan AC mobil, radiator, busi, sensor oksigen, VCT dan lainnya.

Alamat : Jl.Kalimantan Blok E 1-2,Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat-Bekasi 17520 Jawa Barat.

Karyawan : 2,554 (Per 31 Maret 2020)

Produk : Cu Radiator, Spark Plug, Stick Coil, O2 Sensor

Direksi Utama : Takeshi Kamenori

Presiden Direktur : A.K Hadi

Pelanggan :

- PT Astra Daihatsu Motor

- PT Hino Motor Manufacturing Indonesia

- PT Isuzu Astra Motor Indonesia

- PT Kubota Indonesia

- PT Nissan Motor Indonesia

- PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

- PT Astra Daihatsu Motor

- PT Honda Precision Parts Manufacturing

- PT Kawasaki Motor Indonesia

- PT Mesin Isuzu Indonesia

- PT Suzuki Indomobil Motor

- PT Hitachi Construction Machinery Indonesia

- PT Honda Prospect Motor

- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors

- PT Mitsubishi Krama Yudha Motors & Manufacturing

- PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Sertifikat :

- ISO 140001

- ISO/TS 16949

- SMK3

Penghargaan :

- DENSO Global, President Award - Excellent Factory 2015

- Toyota Motor MAnufacturing Indonesia, Appreciation Award 2016

- DENSO Global, Facility of The Year 2016 in OGC and Global Level

2. PT DENSO MANUFACTURING INDONESIA

Berdiri : 1975

Bidang Bisnis Utama : Pembuatan komponen motor penggerak arus DC

Alamat : MM2100 Industrial Town, Jalan Irian Blok FF 3, 5 & 6, Danau Indah Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia

 

3. PT DENSO Sales Indonesia

PT. DENSO Sales Indonesia merupakan bagian dari DENSO Indonesia Group sebagai brand presentation yang telah berdiri sejak Nov 2004 yang juga berfokus pada penjualan, pelayanan dan edukasi di kalangan masyarakat untuk memperkenalkan produk DENSO INDONESIA.

Berdiri : 2004

Bidang Bisnis Utama : Penjualan AC, kompresor, AC bus, radiator, busi, dan sebagainya.

Alamat : Jl.Gaya Motor I No.6,SunterⅡ,Kel.Sungai Bambu, Kec.Tanjung Priok Jakarta 14330.

Pelanggan :

- PT Astra Daihatsu Motor

- PT Honda Precision Parts Manufacturing

- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors

- PT Nissan Motor Indonesia

- PT Astra Daihatsu Motor

- PT Honda Honda Prospect Motor

- PT Kubota Indonesia

- PT Suzuki Indomobil Motor

- PT Hitachi Construction Machinery Indonesia

- PT Isuzu Astra Motor Indonesia

- PT Mesin Isuzu Indonesia

- PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

- PT HIno Motor Manufacturing Indonesia

- PT Kawasaki Motor Indonesia

- PT Mitsubishi Krama Yudha Motors dan Manufacturing

- PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

4. PT Hamaden Indonesia Manufacturing

PT. HAMADEN Indonesia Manufacturing merupakan bagian dari DENSO Indonesia Group yang memproduksi Klakson sebagai produk utamanya dan telah berdiri sejak Mei 1997

Berdiri : 1997

Bidang Bisnis Utama : Produksi Klakson

Alamat : Jl. Gaya Motor 1 No.6 Sunter 2, Tanjung Priok Jakarta - 14330.

Pelanggan :

- PT Astra Daihatsu Motor

- PT Astra Daihatsu Motor

- PT Hitachi Construction Machinery Indonesia

- PT Hino Motor Manufacturing Indonesia

- PT Honda Precision Parts Manufacturing

- PT Honda Prospect Motor

- PT Isuzu Astra Motor Indonesia

- PT Kawasaki Motor Indonesia

- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors

- PT Kubota Indonesia

- PT Mesin Isuzu Indonesia

- PT Mitsubishi Krama Yudha Motors & Manufacturing

- PT Nissan Motor Indonesia

- PT Suzuki Indomobil Motor

- PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

- PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

Sertifikat

- ISO 140001

- ISO/TS 16949

 

5. PT TD Automotive Compressor Indonesia

PT TD Automotive Compressor Indonesia merupakan bagian dari Toyota Corporation Jepang dan juga DENSO Indonesia Group yang telah berdiri sejak Jan 2011 yang memproduksi compressor sebagai produk utamanya dan memiliki 70% pasar ekspor.

Berdiri : Januari 2011

Produk : Compressor with Clutch

Alamat : Jl. Selayar IV Blok L-3, Industrial Estate Bekasi Fajar, Cikarang Barat, Bekasi - 17530.

Direksi Utama

- Ryuya Ogiso, President Director

- AK. Hadi, Vice President Director

Pelanggan :

- Toyota

- Honda

- Ford

- Suzuki

Sertifikat :

- ISO 140001

- ISO/TS 16949

Penghargaan :

- West java Government Development Partner Award of CSR 2016

Penulis: Woro Anjar Verianty

Sumber: Liputan6.com

Loading