Sukses

Potensi Jadi Bacawapres Prabowo, Ini 4 Kendaraan yang Dimiliki Erick Thohir

Otosia.com, Jakarta Isu-isu mengenai bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) semakin hangat diperbincangkan menjelang pemilu presiden 2024 mendatang. Salah satu tokoh yang disorot adalah Menteri BUMN Erick Thohir unuk menjadi bacawapres Prabowo Subianto pada kontestasi presiden tahun depan.

Mengutip dari lama Liputan6.com, Singgih Manggalou sebagai pengamat politik dari UPN Veteran Jawa Timur mengatakan bahwa Erick Thohir menjadi bacawapres terkuat di Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

""Politik merupakan seni kemungkinan, dan Pak Erick Thohir menjadi cawapres terkuat untuk Prabowo Subianto," ujar Singgih, saat dihubungi tim Liputan6.com Selasa (12/09/2023)

Erick Thohir juga memiliki beberapa kendaraan yang selalu menemaninya bepergian. Dua diantaranya merupakan kendaraan elektrifikasi yang terbilang mewah. Tak hanya itu, ia juga memiliki satu motor bebek legendaris dan satu mobil Jerman klasik. Apa saja mobil beliau? Berikut rinciannya.

Video Terpopuler yang Wajib Kamu Tonton

1. Genesis G80 Electrified

Genesis merupakan merek dagang Hyundai yang berfokus pada lini mobil mewah. Hal ini sama dengan hubungan antara Toyota dengan Lexus. 

Genesis G80 Electrified masuk secara resmi di Indonesia untuk mendukung KTT G20 yang digelar pada 15-16 November 2022 silam. Mengusung penggerak listrik, membuat Genesis G80 ini dipilih karens lebih ramah lingkungan, lebih halus, serta selaras dengan visi pemerintah dalam mengurangi emisi gas karbon.

Mobil listrik mewah asal Korea Selatan ini selalu mengalihkan pandangan mata saat di jalan. Bentuknya begitu eksotis dengan nuansa modern-futuristis namun tetap berkelas di saat bersamaan. Kenyamanan berada di dalamnya pun tak dapat diragukan lagi. Sebagai sedan mewah tentunya sangat pas untuk membawa orang-orang penting dalam urusan kenegaraan.

Sedan dengan panjang lima meter ini dibekali dengan dua motor listrik di sumbu roda depan dan belakang bertenaga 364 Hp dengan torsi puncak hingga 700 Nm. Tenaga tersebut dihasilkan dari baterai Lithium-Ion berkapasitas 87,2 kWh yang memiliki daya jelajah mencapai 520 km dari kondisi baterai terisi penuh. Mobil ini dibanderol mulai dari Rp2,990 miliar hingga Rp4,990 miliar. 

2. Hyundai Ioniq 5

Sepertinya Pak Erick Thohir sangat menyukai kendaraan elektrifikasi. Buktinya, selain Genesis G80 Electrified ternyata beliau juga memelihara Hyundai Ioniq 5. Sebuah crossover listrik yang memiliki penampilan futuristis seperti dari masa depan. 

Ioniq 5 merupakan salah satu mobil listrik yang cukup laris di Indonesia. Bagaimana tidak? Desain mobil ini mampu menarik atensi masyarakat. Selain eksteriornya yang memukau, kabin dalam Ioniq 5 juga memiliki ruangan cukup lega. Sehingga seluruh penumpang bisa merasakan kenyamanan maksimal.

Hyundai Ioniq 5 dibekali motor listrik bertenaga 170 Hp dengan torsi maksimal 350 Nm. Baterai Lithium-ion yang dibawanya memiliki kapasitas 58 kWh yang mampu menjalankan mobil ini hingga 481 km dari baterai penuh hingga habis. Saat ini Hyundai Ioniq 5 sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah. Alhasil harganya cukup menggiurkan. Ia dibanderol mulai dari Rp681,9 untuk tipe Prime Standard Range hingga Rp783,1 untuk tipe Signature Long Range.

3. Mercedes-Benz 280S W108

Pak Erick Thohir tidak hanya memiliki mobil listrik yang modern dan futuristis saja. Ternyata ia juga menyimpan satu unik Mercedes-Benz klasik yang menggambarkan selera otomotif beliau. 

Sebuah Mercedes-Benz 280S dengan kodi bodi W108 keluaran tahun 1969 juga tersimpan rapi di garasinya. Sebuah mobil yang memiliki kenyaman tiada tara di eranya, serta tampang wibawa dan citra pemengaruh sangat kental jika dilihat dari luar. Kabinnya pun terbilang sangat mewah dan lega untuk ukuran sedan-sedan di masanya. 

Mobil yang akrab disapa "Mercy Kebo" di Indonesia ini dibekali unit mesin berkapasitas 2.800cc 6-silinder segaris. Nilai jual sejati dari mobil ini bukan dari sektor dapur pacunya. Melainkan simbol aristokratik dan karismatik dari sebuah Mercedes-Benz S-Class.

4. Honda NF125TR

Siapa tak kenal motor satu ini? Sebuah motor yang identik dengan bapak-bapak di zamannya. Yup, Honda Supra X alias "Supra Bapak" ini memiliki nama resmi Honda NF125TR. Siapa sangka? Di balik mobil-mobil listrik mewah dan mobil klasiknya, Pak Erick Thohir juga memiliki sebuah motor rakyat.

Jauh dari kata prestisius, mewah, dan berkelas, ternyata Honda Supra X lansiran 2011 masih menjadi andalam kendaraan roda dua Erick Thohir. Mengusung mesin 125cc 1-silinder mampu menjanjikan kehematan bahan bakar di atas rata-rata motor di kelasnya. 

Saat ini ia dibanderol di pasar motor bekas seharga Rp6,5 juta hingga Rp8 jutaan. 

Loading