HOME » BERITA » REDAM ARUS MUDIK, PEMERINTAH IMING-IMING BANTUAN SOSIAL KHUSUS BAGI WARGA DKI

Redam Arus Mudik, Pemerintah Iming-Iming Bantuan Sosial Khusus Bagi Warga DKI

Untuk mengurangi lonjakan pemudik di tengah pandemi Corona Covid-19 ini, pemerintah atur beberapa kebijakan. Salah satunya adalah akan berikan bantuan sosial (bansos) ke warga DKI Jakarta yang tak lakukan mudik

Jum'at, 03 April 2020 22:15 Editor : Ahmad Muzaki
Redam Arus Mudik, Pemerintah Iming-Iming Bantuan Sosial Khusus Bagi Warga DKI
Calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

OTOSIA.COM - Untuk mengurangi lonjakan pemudik di tengah pandemi Corona Covid-19 ini, pemerintah atur beberapa kebijakan. Salah satunya adalah akan berikan bantuan sosial (bansos) ke warga DKI Jakarta yang tak lakukan mudik.

"Sehingga diputuskan akan diberikan bansos khusus untuk DKI dalam rangka meredam arus mudik ke daerah lain," ujar Menteri Sosial Juliari Batubara saat video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Kamis (2/4/2020) melansir dari Liputan6.com.

1 dari 4 Halaman

Menurut dia, Jokowi meminta agar bansos khusus dapat terealisasi dalam dua pekan ini. Nantinya, bantuan ini akan dikhususkan bagi pekerja informal yang paling terkena dampak dari pandemi virus Corona (Covid-19).

"Presiden juga tadi meminta kepada kami dalam dua minggu bisa merealisasikan bantuan di DKI. Mengenai besaran dan mekanismenya, kami akan berkoordinasi dengan Menko Perekonomian, Mendagri, Menkeu, dan Menko Kemaritiman," jelas dia.

2 dari 4 Halaman

Juliari menyadari bahwa program bansos khusus ini tak bisa menjamin bahwa jumlah pemudik tahun ini akan turun drastis. Namun, dia berharap masyarakat mengikuti imbauan pemerintah agar tak mudik demi mencegah penyebaran virus Corona di daerah-daerah.

"Memang tidak mudah dan tidak bisa dijamin 100 persen. Kami belum ketemu mekanismenya atau penerapannya di lapangan, tapi program khusus ini kita berharap penerimanya tidak mudik," tutur dia.

3 dari 4 Halaman

Pergerakan Mudik Lebih Awal

Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah berujar kalau arus mudik sudah terjadi lebih awal setelah Jakarta tanggap darurat virus corona.

Pemudik yang kebanyakan adalah pekerja informal terpaksa pulang kampung karena tidak memiliki penghasilan imbas dari kebijakan physical distancing.

4 dari 4 Halaman

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengakui kebijakan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan sekolah dari rumah demi mencegah penularan virus Corona berdampak kepada perekonomian warga. Terlebih, para pekerja informal yang mengandalkan pendapatan harian.

Sehingga, orang nomer satu di Indonesia tersebut meminta jajarannya untuk mempercepat bansos ke warga yang terdampak, terutama pekerja harian dan pelaku UMKM.

BERI KOMENTAR