HOME » BERITA » REFORMASI TRANSPORTASI KOTA BOGOR, INI MOMEN BIMA ARYA HANCURKAN ANGKOT PAKAI ESKAVATOR

Reformasi Transportasi Kota Bogor, Ini Momen Bima Arya Hancurkan Angkot Pakai Eskavator

Berikut ini video Bima Arya hancurkan angkot pakai eskavator

Rabu, 03 November 2021 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Reformasi Transportasi Kota Bogor, Ini Momen Bima Arya Hancurkan Angkot Pakai Eskavator
Bima Arya (Instagram/@bimaaryasugiarto)

OTOSIA.COM - Selain kota hujan, Bogor juga dikenal sebagai kota sejuta angkot. Julukan ini diberikan karena di setiap jalan di Kota Bogor angkot sangat mudah ditemui.

Namun sang Wali Kota Bima Arya telah melakukan reformasi angkot sejak 2016 lalu. Bahkan dalam video yang diunggah di Instagramnya @bimaaryasugiarto pada Senin (1/11/2021), ia sampai menghancurkan beberapa angkot memakai eskavator.

1 dari 6 Halaman

Hancurkan Angkot

Dalam video yang diunggah, pria 48 tahun itu terlihat berlari kecil dan menaiki sebuah eskavator. Sejurus kemudian ia langsung menghancurkan angkot-angkot yang ada di depannya.

Bagian depan dan atap angkot langsung dibikin penyok oleh Bima Arya. Kaca depan pun pecah dan pecahan kacanya berserakan di bawah. Tak berselang lama angkot-angkot tersebut hancur tak berbentuk.

"Kita anak mulai proses membesituakan angkot-angkot yang tidak terpakai yang stop operasional," katanya.

2 dari 6 Halaman

Reformasi Angkot

Penghancuran angkot yang tak beroperasi lagi ini merupakan bagian dari program reformasi angkot. Program ini sendiri sudah dimulai sejak 2016 lalu.

"Reformasi angkot di mulai ketika tahun 2016 pemilik 3412 Angkot yang tadinya individual beralih menjadi 16 badan hukum. Semua disiapkan untuk program penataan. Bisa ikut program konversi, tiga angkot menjadi 1 bus sedang atau angkot menjadi feeder, pengumpan di pinggir kota," tulisnya.

3 dari 6 Halaman

Bima Arya pun menjelaskan jika saat ini sudah ada tiga badan hukum yang akan melakukan proses konversi. Mereka akan membentuk konsorsium untuk pengadaan bus dan biaya operasionalnya dibantu BPTJ Kemenhub.

"Hari ini saya mencabut ijin trayek dari 30 angkot yang akan dikonversi menjadi 10 Bis Kita - Trans Pakuan yang besok akan mengaspal di koridor lima, yang merupakan tahap pertama dari total enam koridor. Sampai akhir tahun ini, total akan ada 147 angkot yang akan di konversi menjadi 49 Bus," tulisnya lagi.

4 dari 6 Halaman

Angkot-angkot yang dicabut izin trayeknya tidak diperbolehkan lagi beroperasi sebagai angkutan kota. Bima Arya juga menjelaskan jika program ini harus dilaksanakan dengan jujur dan adil. Jujur dalam artian angkot-angkot yang dikonversi harus lengkap data-datanya dan sudah dilakukan cek fisik.

"Adil terhadap penghidupan para pengemudi Angkot. Semua pengemudi angkot yang dikonversi akan direkrut dan dilatih sebagai pengemudi bus atau mekanik. Tentu ada proses seleksi dan syarat yang berlaku," tulisnya.

5 dari 6 Halaman

Komentar Netizen

Postingan yang telah ditonton lebih dari 128 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang salut, namun ada juga yang memberikan kritikan.

"Mantap???? semoga Kota Bogor menjadi kota yang lebih maju terutama di sisi transportasi nya harus berani ambil aksi tegas dan terarah. Dear orang2 yg langsung hate comment mohon di baca & pahami dulu ya caption nya," tulis @fajrprnm_

"Kenapa harus dihancurkan angkotnya pa? Padahal bisa di kirim ke pedesaan,atau di rubah fungsi jd mobil angkutan bwt pakan ternak di desa," jelas @slametindradi

"angkot nya daripada diancurin mah mending disumbangin ke sekolahan STM yg ada di bogor, lumayan buat praktek jurusan otomotif," komentar @maulanasidiq_

"Salut buat pak walikota Bogor @bimaaryasugiarto .. angkot di konversi, sopir/pemilik angkot tetap dilibatkan, alternatif angkutan menjadi lebih baik," jelas @pradi_supriatna

6 dari 6 Halaman

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bima Arya (@bimaaryasugiarto)

 

 

BERI KOMENTAR