HOME » BERITA » TANPA BBM, MOBIL HIDROGEN INI BERHASIL PECAHKAN REKOR JARAK 1.360 KM

Tanpa BBM, Mobil Hidrogen Ini Berhasil Pecahkan Rekor Jarak 1.360 Km

Mobil berbahan bakar hidrogen bisa menempuh jarak yang jauh. Bahkan, Toyota mencatat rekor jarak tempuh baru menggunakan Toyota Mirai hidrogen.

Minggu, 17 Oktober 2021 17:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Tanpa BBM, Mobil Hidrogen Ini Berhasil Pecahkan Rekor Jarak 1.360 Km
Toyota Mirai dengan rekor terbaru (paultan.org)

OTOSIA.COM - Di era menuju elektrifikasi ini, salah satu hal yang menjadi keraguan untuk menggunakan mobil listrik adalah jarak tempuh. Banyak mobil listrik saat ini belum bisa menempuh lebih dari 350 km dalam sekali pengecasan.

Lain cerita dengan mobil dengan bahan bakar hidrogen. Mobil dengan penggunaan bahan bakar tersebut bisa dengan mudah menempuh jarak lebih dari 500 km dalam sekali pengisian. Dengan demikian pemilik mobil tidak perlu khawatir kehabisan daya di tengah jalan.

Bahkan baru-baru ini, salah satu mobil hidrogen Toyota mencatat sejarah sebagai mobil dengan jarak tempuh terjauh yang resmi diproduksi.

1 dari 5 Halaman

Menempuh 1.360 km

Toyota Mirai (Toyota)

Melansir paultan.org, Rabu (13/10/2021), mobil tersebut merupakan Toyota Mirai. Sedan midsize ini pertama kali diperkenalkan tahun 2014 sebagai mobil berbahan bakar hidrogen. Mirai generasi kedua sudah luncur bulan Desember 2020 lalu.

Sebelumnya, generasi ke-2 Toyota Mirai ini sempat menyabet rekor jarak tempuh tejauh untuk mobil bertenaga hidrogen di Perancis. Mobil itu mencatat jarak 1.003 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

Kini mobil yang sama berhasil menempuh jarak sejauh 1.360 km dalam sekali pengisian hidrogen.

2 dari 5 Halaman

Pengetesan dimulai dari Toyota Technical Center (TTC) di California, Amerika Serikat selama dua hari. Pada pengetesan pertama Toyota Mirai sanggup berjalan sejauh 761 km, sedangkan hari kedua mencapai 599 km.

Secara total Toyota Mirai ini telah mengkonsumsi 5.65 kg hidrogen dalam perjalanannya dan telah melalui 12 tempat pengisian hidrogen tanpa mengisi ulang. Hebatnya mobil ini dikemudikan dalam kondisi macet dan Toyota mencatat suhu kendaraan berkisar di 18-28 derajat Celsius.

Sebagai komparasi mobil dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) akan menghasilkan 301 kg CO2 dalam rute perjalanan yang sama, sementara Toyota Mirai ini bebas polusi dan hanya menghasilkan air (H2O) dalam perjalanannya.

3 dari 5 Halaman

4 dari 5 Halaman

Mobil hidrogen kurang populer?

Hyundai Nexp (Hyundai)

Berbeda dengan mobil listrik yang lebih populer dan didukung pemerintah di banyak negara, sistem pembakaran hidrogen kurang diminati, termasuk oleh pabrikan otomotif. Bahkan di tahun 2021, tercatat hanya ada dua mobil yang diproduksi resmi menggunakan hidrogen, yakni Toyota Mirai dan Hyundai Nexo.

 

5 dari 5 Halaman

Mengutip situs cnbc.com, Rabu (13/10/2021), salah satu alasan produsen otomotif kurang tertarik terhadap teknologi ini adalah kurangnya dukungan pemerintah setempat. Tidak heran jika pengisian hidrogen sulit temui di negara-negara maju sekalipun.

Sebagai contoh, saat ini hanya tersedia 39 tempat pengisian hidrogen di seluruh Amerika Serikat. Sementara untuk charging stationmobil listrik sudah mendekati angka 43.000. Artinya, meski mobil hidrogen daya jelajah lebih jauh dari mobil listrik, justru fasilitas pengisian ulang masih terbatas.

BERI KOMENTAR